Apa Yang Harus Dilakukan Agar Terwujud Sikap Kebersamaan Dalam Keluarga


Tidak ada yang lebih indah dari pada berkumpul dengan keluarga, apalagi bagi yang sedang merantau atau bekerja diluar daerah. Terkadang menyisipkan waktu untuk keluarga adalah sesuatu yang teramat berharga, apalagi bagi mereka yang mempunyai keluarga yang nyaman dan harmonis.

Keluarga yang harmonis merupakan hal yang diidam-idamkan setiap orang. Keluarga harmonis tidak melulu soal harus kaya atau segala kemewahan didalamnya, tetapi keluarga yang nyaman dan harmonis adalah ketika keluarga tersebut saling mendukung satu sama lain dan tak pernah ada keributan yang mengundang perpecahan.

Tidak mungkin juga di dalam keluarga tidak ada keributan sama sekali, terkadang keributan itu menjadi bumbu-bumbu yang membuat suasana keluarga menjadi ramai dan penuh kehangatan serta tercipta rasa saling memaafkan satu dengan yang lainnya. Olehnya itu mau itu keluarga besar ataupun kecil jika harmonis maka akan terasa amat kaya.

Tetapi keluarga harmonis tidak datang dengan sendirinya, keluarga harmonis itu bukanlah takdir yang memang sudah ditetapkan. Melainkan keluarga harmonis adalah keluarga yang diciptakan oleh setiap orang didalamnya.

Bagi yang menganggap membangun keluarga harmonis itu susah, sebenarnya tidaklah salah tetapi tidak juga susah-susah amat. Sebab dengan mengetahui tugas dan fungsi serta kedudukan masing-masing tentunya membangun keluarga harmonis bisa saja terjadi.

Hal ini tidak jauh beda dengan di organisasi atau di masyarakat yang membutuhkan interaksi atau komunikasi dan kepedulian serta mengetahui setiap orang dan memperlakukan sebagaimana mestinya.

Seperti halnya memperlakukan anggota keluarga dengan sesuai adalah sesuatu yang menjadi faktor penting untuk menciptakan kebersamaan dengan keluarga. Jangan harap ingin kebersamaan dalam keluarga jika menjaga sikap atau memperlakukan anggota keluarga tidak sebagaimana mestinya.

Pasti akan terjadi masalah di dalam anggota keluarga dan alih-alih menginginkan terwujudnya sikap kebersamaan dalam keluarga malah yang terjadi adalah perpecahan dan bahkan kehancuran dalam keluarga. Olehnya itu, dibutuhkan kesadaran yang ditumbuhkan melalui hati dan juga dibangun atas dasar cinta serta diterapkan melalui sikap dan tanggung jawab setiap anggota keluarga.

Walaupun memang di dalam keluarga terdapat kekurangan dan kelebihan masing-masing, sebab tidak ada keluarga yang sempurna yang bisa keluar dari masalah. Dalam kelaurga terdapat kepala keluarga yang selalu menjadi contoh dan rujukan bagi setiap anggota keluarga.

Apabila terdapat anggota keluarga yang melakukan kesalahan, maka kepala keluarga harus mampu mengambil jalan yang baik untuk mencari solusi yang tepat untuk masalah yang diperbuat. Namun kebanyakan, keinginan untuk mewujudkan kebersamaan keluarga malah sikap yang diambil untuk memecahkan masalah tersebut dengan ketegangan dan emosi yang meluap-luap,

Sehingga jika ini terus dilakukan maka secara tidak langsung akan menanamkan ketakutan bagi anggota keluarga dan membuat sikap kebersamaan dalam keluarga sulit terwujud. Tapi bukan tidak mungkin untuk mewujudkan sikap kebersamaan dalam keluarga itu tidak bisa, ada yang harus dilakukan oleh agar terwujudnya sikap kebersamaan dalam keluarga. Adapun sikap yang harus dilakukan agar terwujudnya kebersamaan dalam keluarga adalah:

Apa Yang Harus Dilakukan Agar Terwujudnya Sikap Kebersamaan Dalam Keluarga

Berdasarkan dari informasi diatas dan yang dihimpun dari berbagai sumber, bahwa adapun yang harus dilakukan agar terwujudnya sikap kebersamaan dalam keluarga adalah:

    1. Melakukan aktivitas keagamaan bersama
    2. Makan bersama akan membentuk ikatan yang mendalam
    3. Menonton televisi bersama
    4. Meluangkan waktu untuk mendampingi anak belajar
    5. Mendongeng ketika anak hendak tidur
    6. Bermain bersama anak juga bisa dilakukan diteras rumah atau di taman
    7. Belanja bersama untuk mengetahui seperti apa pentingnya keuangan
    8. Bersikap jujur kepada setiap anggota keluarga.
    9. Menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan
    10. Hindari sikap emosi dan egois karena dapat membuat masalah dalam keluarga,

Demikianlah informaasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Harus Dilakukan Agar Terwujud Sikap Kebersamaan Dalam Keluarga. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *