Apa Yang Harus Dilakukan Agar Permintaan Terpenuhi


Setiap manusia tentu saja tidak bisa hidup jika hanya mengandalkan dirinya sendiri. Olehnya itu, manusia membutuhkan manusia yang lain untuk bisa berinteraksi dan saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.

Dengan interaksi tersebut, maka manusia dapat mencukupi kebutuhannya yang tidak dimiliki oleh dirinya. Olehnya itu manusia dikatakan sebagai makhluk ekonomi dimana akal dan pikirannya akan bekerja untuk menciptakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya.

Sehingga manusia butuh melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi karena sudah menjadi kodrat bagi dirinya. Adapun kegiatan ekonomi yang dimaksud adalah dengan produksi, konsumsi atau distribusi.

Melihat aktivitas ekonomi manusia bisa dilihat di pasar. Pada tempat itu, segala macam kegiatan ekonomi dijalankan disana yang mempertemukan antara calon pembeli dengan penjual suatu barang. Tentunya, terdapat proses yang terjadi antara calon pembeli dan penjual yanga ada dipasar. Proses itu dikenal dengan permintaan dan penawaran.

Berbicara soal kedua hal ini yakni permintaan dan penawaran adalah salah satu ilmu ekonomi yang paling mendasar. Permintaan dan penawaran ini mempunyai hukum yang menjelaskan interaksi antara penjual dan pembeli untuk suatu sumber daya tertentu.

Baik permintaan dan juga penawaran sebenarnya saling berkebalikan yang pada nantinya akan memberikan pengaruh pada harga barang atau jasa yang dijual. Untuk mengetahui hal itu ada yang dikenal dengan kurva permintaan dan penawaran.

Permintaan dan Penawaran

Sebelum itu tahukah anda yang dimaksud dengan permintaan dan juga penawaran? Secara umum yang dimaksud dengan permintaan adalah istilah untuk sejumlah barang dan jasa yang dinginkan untuk dibeli pada tingkat harga dna waktu tertentu berdasarkan dengan pasar.

Secara sederhananya bila harga suatu barang turun, maka tentu permintaan atau yang mencarinya akan banyak sekali. Tapi saat harganya naik, pasti permintaan akan turun.

Sedangkan yang dimaksud dengan penawaran adalah saat harga barang meningkat akan mendorong penawaran suatu barang dan jasa. Tentunya proses tawar menawar akan meningkat jika hal itu terjadi, dan ini adalah hal yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Namun salah satu cara yang menjadi faktor penting adalah bagaimana cara menekan biaya produksi sebab jika mampu makan akan membuat barang menjadi murah dan dapat meningkatkan penawaran.

Itulah sekilas mengenai apa yang dimaksud dengan permintaan dan juga penawaran. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan lebih banyak membahas mengenai cara agar permintaan terpenuhi atau apa yang harus dilakukan agar permintaan terpenuhi.

Apa Yang Harus Dilakukan Agar Permintaan Terpenuhi

Berdasarkan dari penjelasan diatas dan informasi yang dihimpun maka adapun jawaban apa yang harus dilakukan agar permintaan terpenuhi adalah:

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperluas tempat atau lahan produksi suatu barang dan juga jasa. Bisa seperti membuat cabang di setiap kota besar di Indonesia. Atau jika pada persoalan pertanian, maka bisa dengan membeli lahan yang baru.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Harus Dilakukan Agar Permintaan Terpenuhi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *