Apa Yang Dimaksud Tata Ruang Kantor? Ini Arti & Penjelasannya


Pengertian Tata Ruang Kantor Adalah –¬†Tataruang kantor adalah pengaturan dan penyusunan seluruh apa yang menjadi dari mesin kantor. Selain itu tata ruang kantor juga bisa diartikan sebagai alat perlengkapan kantor serta perabot kantor pada tempat yang tepat sampai pegawai dapat bekerja dengan baik, nyaman, leluasa dan bebas untuk bergerak.

Perlu diketahui bersama bahwa terdapat hal yang harus diperhatikan dalam menyusun tata ruang kantor berdasarkan dari aliran pekerjaan kantor sehingga perencanaan ruangan kantor yang bisa membantu para pekerja untuk bisa meningkatkan produktifitas.

Selain itu, keuntungan dalam membuat pengaturan tata ruang kantor yang baik adalah dapat mencegah penghamburan tenaga dan waktu para pegawai, sebab bisa membuat orang berjalan mondar-mandir yang sebetulnya tidak sesuai. Tidak hanya itu keuntungan dalam mengatur tata ruang kantor adalah menjamin kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan. Bahkan tidak perlu lagi bagi seorang pegawai untuk berdesak-desakan dalam ruang kerja karena telah ditata dengan baik dengan perangkat yang diperlukan saja.

Dengan tataruang kantor juga membuat mencegah para pegawai di bagian lain yang terganggu oleh publik yang bisa memenuhi pada bagian tertentu. Itulah mengapa tujuan dari tataruang kantor adalah agar ruangan bermanfaat besar, setiap meter persegi, sudut/tengah ruangan. Tataruang kantor juga bertujuan memberikan kemudahan pengawasan, kesadaran, kemudahan, pelayanan dan menambah konsentrasi pekerja kepada apa yang menjadi tugas dan fungsinya.



Agar tujuan dan keuntungan tata ruang kantor bisa tercapai maka dibutuhkan teknik tata ruang kantor yang harus diterapkan sesuai dengan kondisi kantor yang ada. Hal itu karena teknik tata ruan kantor adalah aspek yang dibutuhkan saat menata berbagai peralatan dan perlengkapan kantor untuk memberikan kenyamanan bagi para karyawan dalam suatu perusahaan.



Apa Yang Dimaksud Tata Ruang Kantor? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Tata Ruang Kantor? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Dalam pemakaian teknik tata ruang kantor terdapat asas-asas yang harus diperhatikan seperti asas jarak terpendek, asas rangkaian kerja, asas penggunaan segenap ruang, dan asas perubahan susunan tempat kerja. Oleh itu, pentingnya tata ruang kantor bukanlah suatu perkara yang bisa dijelaskan secara gampang dan mudah dimengerti,



Karena dalam menyusun tata ruang kantor harus disusun secara ilmiah yang membutuhkan pengetahuan tentang arus pekerjaan, tentang syarat-syarat perseorangan, pekerjaan apakah yang akan dilakukan, dan cara yang terbaik untuk mengerjakannya, dan pandangan tentang yang dibutuhkan di masa yang akan datang.

Pengertian Tata Ruang Kantor Adalah?

Istilah tataruang kantor berasal dari bahasa inggris yakni “Office Layout” atau biasa disebut “Layout”. Secara sederhana, apa yang dimaksud dengan Tataruang kantor juga didefinisikan sebagai pengaturan perabotan, mesin, dan sebaginya didalam ruangan yang tersedia. Secara

Sedangkan secara umum, apa yang dimaksud dengan pengertian tata ruang kantor adalah pemanfaatan dan pengaturan ruang kantor sesuai dengan luas yang tersedia untuk memberikan sarana bagi pegawai untuk melaksanakan pekerjaan kantor.

Apa Yang Dimaksud Tata Ruang Kantor? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Tata Ruang Kantor? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Selain itu apabila merujuk dari apa yang disampaikan oleh para ahli dalam hal ini The Liang Gie, (1988:200) menyatakan Tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan dalam penggunaan ruang secara terperinci dari ruang ini untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak

Sedangkan menurut Littlefield dan Peterson, (1956:117) menyatakan bahwa arti dari Tataruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan perabotan dan alat perlengkapan pada luas lantai yang tersedia.

Menurut Quible (2002) bahwa yang dimaksud tentang Tataruang kantor adalah penggunaan ruang secara efektif serta mampu memberikan kepuasan kepada pegawai terhadap pekerjaan yang dilakukan, maupun memberikan kesan yang mendalam bagi si pegawai.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Tata Ruang Kantor? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *