Apa Yang Dimaksud Sistem Pengendalian Manajemen? Ini Pengertiannya


Sistem Pengendalian Manajemen –¬†Setelah Anda mengenal dan mempelajari Akuntansi Manajemen, maka Anda dapat mulai mengikuti Sistem Pengendalian Manajemen. Akan tetapi sebelum itu, pada awalnya adalah membahas satu persatu tentang konsep dasar sistem, pengendalian, dan manajemen.

Melalui konsep dasar ini, menjadi rujukandalam membahas tentang sistem pengendalian manajemen sebagaimana topik yang dibahas pada kali ini. Apabila demikian, tahukah anda apasih itu sistem, pengendalian dan manajemen?.

1. Sistem Adalah?

Secara sederhana, sistem merupakan prosedur aktivitas yang selalu dilakukan dengan prosedur pelaksanannya. Itulah mengapa sistem runtut, terpola dan juga terkoordinasi untuk mencapai tujuan tertentu.

Dengan karakteristik sistem diatas, maka fungsi dan tugas sehingga adanya sistem itu untuk menyelesaikan masalah bisa dilakukan dengan sistematis. Pertanyaannya kemudian apabila dalam suatu sistem tidak dapat berfungsi dengan baik, maka apa yang perlu dilakukan?.

Menjawab hal ini, dalam setiap sistem terdapat manajemen. Disinilah perna manajemen agar mampu menyelesaikan ketika contohnya terdapat pabrik yang proses produksinya tiba-tiba gagal. Itulah mengapa, manajemen berperan penting dalam lingkungan yang tidak memiliki aturan jelas dan situasi yang tidak umum.

Akan tetapi, agar peran manajemen itu sesuai dengan apa yang diinginkan terdapat sistem pengendalian manajemen yang pada kali ini menjadi topik utama pembahasan. Namun sebelum itu, bahwa diketahui terdapat 2 bentuk sistem yaitu formal dan informal.

Arti formal adalah bisa adanya pendelegasian otoritas untuk memperjelas struktur kebijakan dan prosedur, yang harus diikuti oleh anggota organisasi sehingga bisa membantu manajemen merencanakan dan mengelola strategi.

Selain itu, ada sistem formal yang artinya sistem yang berdimensi hubungan antar pribadi yang tidak ditunjukkan dalam sistem formal. Umumnya organisasi yang mempunyai kedua bentuk sistem.

2. Pengendalian

Maksud dari sistem pengendalian dalam pembahasan sistem pengendalian manajemen setidaknya terdapat 4 elemen proses pengendalian yang diketahui yaitu detector, assessor, effector, dan communication network. Adapun yang dimaksud dengan keempat sistem pengendalian ini antara lain:

  1. Detector atau Sensor adalah alat untuk mengidentifikasi apa yang sesungguhnya terjadi dalam proses pengendalian dalam organisasi.
  2. Assessor atau Penilai adalah alat untuk menilai signifikansi apa yang sedang terjadi (peristiwa actual) dalam proses pengendalian. Biasanya yang dilakukan adalah membandingkan apa yang sedang terjadi dengan yang seharusnya terjadi (standar).
  3. Effector atau Pelaksana adalah alat yang mendorong perilaku atau tindakan tertentu jika assessor menyatakan bahwa realitas tidak sesuai dengan ketentuan atau standar. Elemen tersebut kadang disebut “feedback” atau umpan balik.
  4. Communication Network atau Jaringan komunikasi adalah transmisi informasi dari detector dan assessor atau assessor dan effector.

3. Manajemen

Organisasi adalah bekerja sama dengan banyak orang untuk mencapai tujuan tertentu. Nah, pimpinan dari organisasi itu adalah manajemen. Walau demikian, dalam manajemen tersendiri terdapat hierarki.

Diketahui pembagian dari manajemen terdapat beberapa bagian atau lapisan. Yang menjadi fokus utama adalah bahwa ketika organisasi itu semakin kompleks dan besar, maka semakin banyak pula lapisan manajemen yang dibentuk. Secara garis besar hierarki manajemen dibagi menjadi tiga level yakni:

  1. Manajemen Atas (Top Management)
  2. Manajemen Tengah (Middle Management)
  3. Manajemen Level Bawah (Lower Level Management)

Apabila demikian, maka bisa disebutkan kalau sebenarnya manajemen punya tanggung jawab atas kegiatan perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan operasional perusahaan atau organisasi tertentu.

Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen Adalah?

Pengendalian manajemen adalah proses manajemen saat mempengaruhi anggota organisasi dengan langkah-langkah strategis sesuai yang telah ditetapkan yang terdiri dengan beberapa atas yaitu:

  1. Perencanaan, apa yang seharusnya dilakukan,
  2. Koordinasi, atas berbagai bagian dalam organisasi
  3. Komunikasi, informasi; Evaluasi, informasi
  4. Mengambil Keputusan, atas tindakan tertentu
  5. Mempengaruhi, orang untuk merubah perilaku orang

Melalui ini, sistem pengendalian manajemen adalah alat dalam implementasi strategi. Sistem pengendalian manajemen membantu manajer menggerakkan organisasi ke sasaran stratejik, sedangkan pengendalian manajemen berfokus pada implementasi strategi.

Dalam industri yang lingkungannya bergerak cepat, maka pengendalian manajemen dapat memberikan dasar untuk menentukan strategi baru. Terutama menyangkut dimensi non-finansial, seperti kualitas produk, pangsa pasar, kepuasan pelanggan, ketepatan waktu pengiriman, dan moral karyawan. Fungsi ini dinamakan interactive control

Menurut R.N. Anthony dan Vijay Govindarajan, sistem pengendalian manajemen adalah suatu sistem yang dipergunakan manajemen untuk mengendalikan organisasi agar tujuan organisasi dapat tercapai. Sistem Pengendalian Manajemen berbeda dengan pengendalian sederhana. Proses pengendalian yang dipergunakan manajemen menggunakan elemen dasar pengendalian, yaitu detector, assessor, effector dan communication network.

Detector melaporkan apa yang sedang terjadi di organisasi, assessor membandingkan antara apa yang terjadi (aktual) dengan standar, effector melakukan tindakan jika ada perbedaan antara apa yang terjadi (aktual) dengan apa yang diharapkan (standar). Namun ada perbedaan signifikan antara pengendalian manajemen dengan proses pengendalian sederhana (thermostat, suhu tubuh, pengendara mobil).

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa secara umum pengertian Sistem pengendalian manajemen adalah kesatuan pemikiran dari metode akuntansi manajemen untuk mengumpulkan dan melaporkan data serta mengevaluasi kinerja perusahaan yang fungsinya untuk mengarahkan berbagai macam usaha yang dilaksanakan oleh seluruh subunit organisasi untuk tercapai tujuan organisasi dan para manajer.

Demikianlah informasi mengenai Apa Yang Dimaksud Sistem Pengendalian Manajemen? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *