Apa Yang Dimaksud Ragam Bahasa? Ini Pengertiannya


Dengan suku dan budaya yang begitu beragama, membuat setiap daerah di Indonesia mempunyai ragam bahasa banyak pula. Walaupun demikian, Indonesia masih mempunyai negara persatuan yang dipakai secara umum yaitu bahasa Indonesia.

Sehingga apabila seseorang yang berasal dari luar daerah dan memasuki daerah yang mempunyai bahasa tersendiri, dapat menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi utama.

Dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, membuat masyarakat juga ikut mengalami perkembangan dan perubahan. Hal itu juga mempengaruhi pada bahasa yang sering digunakan oleh masyarakat. Di dalam masyarakat terjadi perubahan dalam hal ini adalah variasi-variasi bahasa yang dipakai sesuai keperluannya.

Dalam hal ini banyaknya variasi tidak mengurangi fungsi bahasa sebagai alat komunikasi yang efisien sehingga dalam bahasa timbul mekanisme untuk memilih variasi tertentu yang cocok untuk keperluan tertentu, yaitu disebut ragam standar.



Selain dari hal itu, ternyata ada juga ragam bahasa yang menyangkut dari apa yang dibicarakan, teman bicara, dan seperti apa situasinya. Hal itulah yang dimaksud dengan ragam bahasa dan yang menjadi topik utama pada kali ini yakni pengertian ragam bahasa. Jika demikian lantas apasih yang dimaksud dengan ragam bahasa itu?



Pengertian Ragam Bahasa Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian ragam bahasa dalam hal ini mengutip dari apa yang disampaikan oleh Bachman 1990, bahwa pengertian ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut penggunaan, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, kawan bicara, hubungan pembicara, orang yang dibicarakan, dan menurut medium pembicara.



Pada umumnya ragam bahasa terdiri atas 2 jenis yaitu ragam bahasa lisan dan ragam bahasa tulisan. Arti dari ragam bahasa lisan adalah bahasa yang dihasilkan lewat alat ucap (organ of speech) dengan fonem sebagai unsur dasar yang membuat setiap orang akan berhadap dengan lafal.

Sedangkan yang dimaksud dengan Ragam bahasa tulis adalah bahasa yang dihasilkan memakai tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya. Walaupun terdapat kesamaan karena apa yang dituliskan adalah yang dilisankan, tetapi keduanya mempunyai kaidah tersendiri dan tata bahasa dan kosa kata yang berbeda.

Penyebab Terjadinya Ragam Bahasa Adalah?

Variasi ragam bahasa bisa terjadi karena perubahan dalam masyarakat yang akhirnya ragam bahasa bervariasi sesuai keperluannya. Banyak variasi tidak mengurangi fungsi dari bahasa itu, sebab terdapat mekanisme untuk memilih ragam bahasa yang sesuai untuk keperluan yang dikenal ragam standar.

Melihat dari apa yang terjadi, maka pertanyaan kemudian adalah apa yang menyebabkan terjadinya ragam bahasa atau variasi-variasi tersebut?. Berdasarkan dari pertanyaan itu, diketahui terdapat 3 faktor utama yang menjadi penyebab timbulnya ragam bahasa yang ada di Indonesia dalam hal ini adalah:

1. Faktor Budaya

Karena faktor itu yang di latarbelakangi dari kultur membuat ragam bahasa terjadi contohnya wilayah Jawa dan Papua serta beberapa wilayah Indonesia lainnya.

2. Faktor Sejarah

Setiap daerah mempunyai kebiasaan (adat istiadat) dan bahasa nenek moyang sendiri-sendiri dan berbeda-beda, antara daerah satu dengan daerah lainnya.

3. Faktor Perbedaan Demografi

Setiap daerah memiliki dataran yang berbeda, seperti wilayah di daerah pantai, pegunungan yang biasanya cenderung mengunakan bahasa yang singkat jelas dan dengan intonasi volume suara yang besar dan tingi. Berbeda dengan daerah pemukiman padat penduduk yang menggunakan bahasa lisan yang panjang lebar disebabkan lokasinya yang saling berdekatan dengan intonasi volume suara yang kecil.

Selain Faktor tersebut ragam bahasa juga terjadi karena perkembangan zaman, di samping perbedaan cara penyampaiannya atau logat bahasanya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Ragam Bahasa? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *