Apa Yang Dimaksud Pengertian Pergelaran Teater? Ini Arti & Tujuannya


Pengertian Pergelaran Teater dan Tujuan –¬†Seni pergelaran tradisi Indonesia memiliki jumlah yang banyak dan beragam bentuknya yang menjadi kekayaan intelektual bangsa yang tidak akan habis. Namun Demikian ini adalah kekayaan intelektual bangsa yang tidak akan habis sebab pengelolaan seni pergelaran tradisi tersebut belum dilakukan secara maksimal, hal itu terjadi karena pengembangan seni dan para senimannya.

Pengelolaan seni dalam pergelaran tradisi itu belum dilakukan secara maksimal lantaran pengembangan seni dan para senimannya yang memadukan antara kepentingan seni, seniman dan penontonnya sangat dibutuhkan untuk membuat seni pertunjukan bisa berkembang dengan baik dan seniman bisa hidup dari keseniannya. Salah satu kesenian yang sampai saat ini, ada adalah seni teater.

Apasih itu teater? secara etimologi, istilah teater berasal dari kata Yunani, “theatron” yang berarti tempat atau gedung pertunjukan. Perkembangannya, teater diartikan sebagai segala hal yang dipertunjukkan didepan orang banyak. Maka, arti sederhana, teater adalah pertunjukan. Contohnya adalah ketoprak, wayang wong, sulap, akrobat, sintren, janger, mamanda, dagelan, ludruk, wayang, dan lain sebagainya.

Dalam pergelaran teater tidaklah mudah, sebab pergelaran teater ini bisa dikatakan adalah puncak dari seluruh proses latihan para kreator seni dan proses kreativitas seni dari sutradara. Dari hal inilah, sehingga teater dapat terwujud sebagai karya seni yang butuh dikomunikasikan penontonnya. Hal itu karena dalam pergelaran teater tidak gampang, ada proses perencanaan, persiapan, tantangan dan peluang hingga bekerjama dalam menciptakan karya.



Tantangan yang dihadapi oleh para kreator seni adalah proses latihan yang mereka lakukan untuk menyiapkan materi pergelaran Teater minimal dilakukan selama 3 bulan berkonsetrasi melatih diri dengan penuh tanggungjawab pada peran masing-masing.



Selain itu, dalam pergelaran membutuhkan mental kesenian karena proses penyiapan materi Teater. Peluang yang memungkinkan untuk kreator seni dalam pergelaran Teater unjuk kemampuan prestasi dan membekali kalian menambah pengalaman berkesenian lebih nyata dan objektif, maka dari itu pengertian pagelaran teater adalah:



Pengertian Pergelaran Teater Adalah

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Pergelaran Teater adalah proses komunikasi/peristiwa interaksi antara karya seni dengan penontonya yang dibangun sistem pengelolaan berdasarkan manajemen seni pertunjukan.

Manajemen Seni Pertunjukan dapat dipahami sebagai berbagai tindakan yang saling terkait yang dilakukan seorang pengelola seni (pimpinan produksi) dalam memberdayakan sumber-sumber (potensi) yang sesuai fungsi-fungsi manajemen (POAC) secara efektif dan efisien untuk terpenuhi tujuan seni.

Apa Yang Dimaksud Pengertian Pergelaran Teater? Ini Arti & Tujuannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Pengertian Pergelaran Teater? Ini Arti & Tujuannya (Foto: Artikelsiana.com)

Tujuan utama pergelaran teater adalah untuk memperkenalkan atau menunjukan hasil karya seni musik, tari, teater/drama dan lainnya kepada masyarakat luas.

Unsur-Unsur Pergelaran Teater

Diketahui bahwa unsur-unsur pergelaran teater terdiri atas 3 unsur yaitu panitia pergelaran, materi pergelaran teater dan penonton. Adapun yang dimaksud dengan unsur-unsur pergelaran teater tersebut adalah:

1. Panitia Pergelaran

Panitia ini adalah sekelompok orang yang membentuk organisasi untuk mencapai tujuan tertentu dalam membentuk sistem pergelaran seni termasuk hal-hal yang ditampilkan. Membuat pargelaran teater dengan panitia sangat cocok, sebab mudah dibentuk dan mudah dibubuarkan tanpa ada ikatan kerja yang rumit.

2. Materi Pergelaran Teater

Sedangkan unsur terpenting adalah materi yang ada dalam pergelaran teater sebab tidak asal menampilkan unsur materis seni atau karya teater. Demikian ini karena dibentuk dengan tahapan secara kolektif dan kolaborasi hingga menjadi suatu yang kreatif.

3. Penonton

Penonton adalah orang-orang atau sekelompok manusia yang sengaja datang untuk menyaksikan tontonan. Penonton bisa juga apresiator, penikmat, penilai, dst. pada materi seni (seni teater) yang di pergelarkan. Maka dari itu, kedatangan penonton bersifat mutlak.

Demikianlah informasi dengan topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Pengertian Pergelaran Teater? Ini Arti & Tujuannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *