Apa Yang Dimaksud Pengertian Air? Ini Arti & Sifat Kimianya


Pengertian Air Adalah – Air berperan penting dalam kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi. Fungsi air tidak hanya manusia, tetapi tumbuhan, hewan dan seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi. Tanpa air maka kehidupan tidak akan ada di bumi ini. Begitu pula diplanet lain, sebab penjelajahan yang dilakukan oleh manusia ke planet lain seperti Mars adalah mengutamakan apakah terdapat air didalamnya. Hal itulah membuat berbagai para peneliti dunia untuk menjelajahi Mars hingga sekarang.

Bagi manusia sendiri, fungsi air teramat dekat dengan aktivitas dan berbagai perlengkapan yang melekat pada diri kita karena air tidak hanya dipakai untuk minum saja, melainkan air digunakan juga untuk keperluan industri, pertanian dan transportasi dll. Pada tubuh manusia terdiri atas 70% air putih yang membuat kebutuhan kita akan air putih sangat banyak. Apalagi menurut Slamet (2007) bahwa orang dewasa perlu meminum minimal sebanyak 1,5 – 2 liter air sehari untuk keseimbangan dalam tubuh dan membantu proses metabolisme. Selain itu air bagi manusia juga menjadi sarana pariwisata yang mendulang banyak devisa dan memajukan perekonomian masyarakat di daerah setempat.

Sedangkan untuk hewan, air sangatlah berarti bagi kondisi fisiknya seperti untuk kebutuhan pengaturan suhu tubuh dan membantu proses pencernaan dan zat. Dalam kehidupan sehari-hari air dipakai untuk minum secara langsung. Tidak hanya itu, dengan adanya air maka hewan dapat memproduksi susu untuk hewan yang menyusui seperti kambing dan sapi. Air juga menjadi habitat bagi hewan jenis ikan, udang dan dll. Apabila hewan tidak mendapatkan air, maka kehidupan hewan dan juga manusia juga akan terancam. Begitu juga bagi tumbuhan, sebab fungsi air bagi tumbuhan adalah yang paling utama untuk membantu kelangsungan hidupnya. Apabila tumbuhan itu kekurangan air, maka akan membuat tanaman menjadi kerdil dan perkembangannya menjadi tidak normal. Lebih jauh lagi, Air bagi tumbuhan menjadi pelarut bagi zat hara yang dibutuhkan tumbuhan dan mengedarkannya ke seluruh bagian tumbuhan.

Dengan zat ini maka tumbuhan dapat mendapat makanan pun juga melalui proses fotosintetis, dimana air sebagai komponen terjadinya proses ini. Apabila tumbuhan tidak mendapatkan Air, maka kehidupan hewan dan manusia akan terancam begitupula sebaliknya. Sehingga apabila terdapat beberapa orang yang ingin menguasai Air, maka sangatlah keliru karena air adalah suatu hal yang penting menjadi kebutuhan utama yang saing terikat dengan makhluk yang ada di muka bumi. Melalui penjelasan diatas, tahukah anda apa yang dimaksud dengan pengertian air?



Pengertian Air Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian air adalah senyawa dari hasil ikatan unsur oksigen dan hidrogen yang memiliki peran penting dalam mendukung segala sisi kehidupan bagi makhluk hidup yang ada di permukaan bumi ini. Selain itu, menurut Wikipedia bahwa pengertian air secara kimia adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O satu molekul air tersusun atas 2 atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen.



Menurut keyakinan agama-agama besar di dunia ini (agama samawi) dalam hal ini Islam,  bahwa pengertian air menurut Islam adalah unsur atau elemen yang terlebih dahulu diciptakan Tuhan sebelum menciptakan kehidupan di bumi. Dengan air maka segala sesuatu di bumi ini menjadi hidup.



Berdasarkan data yang ditemukan dari The United States Geological Survey Water Science School bahwa hampir 70% permukaan bumi itu ditutupi oleh air. Sedangkan untuk total kebutuhan air didunia adalah 332,5 juta mil kubik. Lautan merupakan sekitar 97 persen dari seluruh air Bumi, yang berarti hanya 3 persen air yang tidak mengandung garam. Selain itu dari total air tawar didunia, terdapat 69% yang dibekukan es dan gletser dan sisanya berada dalam tanah. Hanya 0,26 persen air dunia ada di danau air tawar dan hanya 0,001 persen dari seluruh air kita yang ada di atmosfer.

Dari jumlah data banyaknya air didunia ini, namun masih saja terdapat orang-orang yang tidak bisa meminum air seperti data yang dilampirkan oleh PBB. Menurut PBB terdapat 2,1 Miliar orang tidak minum air aman di rumah dan diantaranya 844 juta tidak punya akses, dan 263 juta orang butuh waktu 30 menit per perjalanan untuk mengumpulkan air. Betapa miris ketika masih ada saja yang membuang-buang air, sebab betapa pentingnya air bagi kehidupan ini. Lantas demikian, mengapa sih air begitu bermanfaat, apasih komposisi yang terdapat dalam air itu?

Sifat Kimia Air Adalah

Selain itu, adapun sifat-sifat kimia dari air adalah:

  1. Air bersifat tidak berwarna,
  2. Tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur 273,15 K (0 °C).
  3. Sebagai zat pelarut seperti garam-garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik.
  4. Wujud air berupa cairan, gas (uap air) dan padatan (es).
  5. Ukuran 1 molekul air umumnya bergaris tengah sekitar 3 A (0,3 nm atau 3×10-8 cm).
  6. Titik beku air 0°C pada tekanan 1 atm, titik didih 100°C dan kerapatan 1,0 g/cm3 pada suhu 4°C.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Pengertian Air? Ini Arti & Sifat Kimianya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *