Apa Yang Dimaksud Musikalisasi Puisi? Ini Pengertian & Jelaskan


Pengertian Musikalisasi Adalah – Sastra sebagai bagian dari mata pelajaran bahasa Indonesia memiliki fungsi yang bermanfaat bagi lingkungan. Hal itu bisa dialami ketika seseorang tersebut memahami dan menikmati dan menghayati karya sastra tersebut.

Sastra juga telah menciptakan banyak disiplin yang tidak pernah habis untuk dikaji dari waktu ke waktu yang terus berkembang dalam daya pikir manusia dan imajinasinya. Salah satu bentuk karya sastra adalah puisi. Ini adalah pernyataan perasaan yang direkakan, yang dikonkretkan. Melaluir rangkaian kata dan pengolahan kata, maka jadilah sebuah karya sastra puisi.

Puisi sudah menjadi media bagi seorang untuk mencurahkan berbagai unek-uneknya. Pikiran itu diramu dengan kreatif dan melalui medium bahasa yang khas. Puisi mempuyai struktur, unsur dan jenis yang beragam yang juga mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Dalam perkembangannya, dalam pertunjukan puisi juga berkembang yang terdapat istilah dikenal musikalisasi puisi. Apasih yang dimaksud dengan musikalisasi puisi itu?

Pengertian Musikalisasi Puisi Adalah

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian musikalisasi puisi adalah bentuk seni perpaduan antara puisi dan musik. Demikian ini diartikan karena musikalisasi puisi terdiri atas 2 unsur yaitu puisi dan musik. Musikalisasi puisi dikatakan berhasil jika membacanya dengan intonasi yang benar, gerak tubuh dan penghayatan yg benar dan seseorang yang bernyanyi memiliki penghayatan dan nada yang baik.



Dikatakan juga bahwa esensi Musikalisasi puisi adalah kata-kata dan bunyi. Kedua hal inilah menjadi dasar ekspresi musikalisasi puisi. Namun hal itupun belum jelas, sehingga itulah mengapa musikalisasi puisi sampai sekarang masih terus diperdebatkan oleh banyak orang baik dari segi definisinya dan begitupula dari konsep serta unsur-unsur estetiknya.



Konsep-Konsep Musikalisasi Puisi

Ada yang mengatakan juga kalau musikalisasi puisi adalah transformasi puisi ke dalam komposisi musik menjadi satu ikatan ekspresi. Walaupun tidak sedikit juga ada orang yang mengatakan kalau musikalisasi puisi tidak mempunyai dasar estetik bahkan kontroversi dari musikalisasi puisi berlanjut dengan ada yang menyebut sebagai penyelewengan dari musik dan puisi.



Masih berlanjut, dikatakan pengertian lain musikalisasi puisi adalah ekspresi seni musik yang diciptakan sesuai tafsir keseluruhan dari teks puisi. Sehingga berhasil atau tidaknya musikalisasi puisi bukan didasarkan pada keindahan kata-kata, namun lebih kepada oleh unsur dasar musik itu dari susunan bunyi, nada, irama, melodi dan harmoni.

Menurut Hamdy Salad, bahwa unsur utama dari musikalisasi puisi adalah rangkaian bunyi yang ditata sesuai dengan konveksi musik, yang diolah dari makna puisi tanpa menghilangkan teks puisi itu sendiri. Menurut pendapat Mulyadi (2016:259) musikalisasi merupakan kegiatan pembacakan puisi dengan cara dilagukan, diberi irama, atau diiringi musik yang sesui dengan isi puisi.

Namun secara sederhana dalam memahami seperti apakah musikalisasi puisi bisa dikatakan bahwa ini adalah melagukan atau memusikkan puisi yang diiringi dengan instrument. Saat ini musikalisasi puisi telah menjadi wahana baru dalam mengembangkan media pembelajaran untuk beradaptasi terhadap sastra dan juga menjadi media dalam membangun suasana dan imajinasi dalam mengapresiasi puisi.

Syarat-Syarat Musikalisasi Puisi

Berikut ini ada beberapa hal yang harus dilakukan agar dapat memusikalisasi puisi secara baik:

  1. Menentukan puisi yang akan dimusikalisasi.
  2. Mengapresiasi puisi yang telah ditentukan.
  3. Memerhatikan kesusastraan isi puisi dengan suasana yang dibangun.
  4. Menentukan alat musik yang digunakan untuk mengiringi musikalisasi puisi.
  5. Menentukan notasi nada yang akan digunakan

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Musikalisasi Puisi? Ini Pengertian & Jelaskan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *