Apa Yang Dimaksud Monopoli Perdagangan? Ini Pengertian & Penjelasannya

Pengertian Monopoli Perdagangan Adalah –¬†Manusia adalah makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Untuk mendapatkan bantuan tersebut, manusia harus menjalin interaksi antara manusia dengan manusia lainnya. Apabila tidak, maka manusia tersebut akan kesusahan dan akhirnya meninggal.

Ada banyak cara manusia bisa mendapatkan bantuan orang lain, salah satunya adalah dengan melakukan perdagangan atau perniagaan. Tahukah anda apa yang dimaksud dengan pengertian perdagangan atau perniagaan itu? Secara umum, arti dari perdagangan adalah pekerjaan membeli barang dari suatu tempat, suatu waktu dan menjual barang itu ditempat dan waktu yang lain.
Tujuan dari perdagangan semata-mata adalah untuk mendapatkan dari hasil perdagangan yang kita lakukan. Kegiatan jual beli itu dengan kegiatan perdagangan adalah saling terkait satu sama lain, karena kegiatan perdagangan yang utama tidak jauh dari barang-barang dari produsen (penghasil) ke tempat-tempat yang membutuhkan atau menginginkan yakni pemakai atau konsumen. Sedangkan untuk jual beli adalah bagaimana barang tersebut diecerkan secara langsung.
Berdasarkan sifatnya, perdagangan terbagi atas dua macam yaitu ada yang disebut dengan perdagangan bersifat nasional dan ada juga perdagangan yang bersifat internasional. Mengartikan keduanya sangatlah sederhana, jika penjual dan pembeli berada dalam satu wilayah negara yang sama maka perdagangan tersebut dikatakan dengan perdagangan internasional, namun apabila penjual dan pembeli terpisah dalam satu wilayah negara atau memiliki negara yang berbeda-beda, maka itulah yang dimaksud dengan perdagangan internasional.
Namun baik itu perdagangan nasional dan internasional saling terkait dan memiliki hubungan. Melakukan perdagangan tidaklah segampang kita pikirkan, sebab terdapat berbagai syarat, rintangan yang berlika-liku yang meguji mental dan semangat setiap orang.
Selain itu, membutuhkan banyak strategi dan taktik untuk bisa bersaing dengan orang-orang yang menggeluti perdagangan. Terkadang membutuhkan waktu lama, sebab beberapa orang atau pesaingnya melakukan praktek monopoli perdagangan. Ataukah anda apa yang dimaksud dengan monopoli perdangan itu?

Pengertian Monopoli Perdagangan Adalah? 

Pada pembahasan kali ini, dari kata monopoli. Secara etimologi, arti dari kata monopoli berasal dari dua kata yaitu “monos” yang artinya sendiri dan “polein” yang artinya penjual. Praktek dan perilaku tentang monopoli perdagangan diatur dalam UU Persaingan Usaha tentang perilaku-perilaku usaha.
Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Monopoli Perdagangan adalah suatu bentuk perdagangan di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”.
Apa Yang Dimaksud Monopoli Perdagangan? Ini Pengertian & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Monopoli Perdagangan? Ini Pengertian & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Berdasarkan ketentuan Pasal 1 angka 1 UU tentang Persaingan Usaha mengenai pengertian monopoli ini dirumuskan bahwa yang dimaksud dengan monopoli adalah penguasaan atas produksi dan atau pemasaran barang dan atau atas penggunaan jasa tertentu oleh satu pelaku usaha atau satu kelompok pelaku usaha.

Banyak yang menganggap bahwa monopoli perdagangan adalah sebagai kondisi yang negatif. Pendapat demikian cukup logis, karena apabila membiarkan monopoli perdagangan maka akan terjadi penyalahgunaan bagi pemegang kekuasaan monopoli. Walaupun juga dalam hal aspek positif pun bisa dibawa pula oleh monopoli disamping aspek negatif yang sering dikemukakan.

Terbentuknya Monopoli Perdagangan

Perlu diketahui bersama monopoli perdagangan dapat terbentuk apabila terdapat satu kelompok pelaku usaha yang memiliki kontrol eksklusif terhadap pasokan barang dan juga jasa yang berada di pasar tertentu, dan dengan demikian maka terjadi penentuan harga. Apabila ditinjau dari segi pemusatan kekuatan pasar, maka pelaku monopoli akan memiliki kekuatan dalam pemusatan kekuatan pasar.

Jika dikaitkan antara monopoli dengan aspek-aspek positif maupun negatifnya, memang sangat wajar jika UU Persaingan Usaha sangat diperlukan dan mempunyai peranan yang penting dalam mengatur tentang monopoli. Sebagai lembaga yang akan mengawasi pelaksanaan undang-undang ini sekaligus melakukan penegakan hukum, maka berdasarkan perintah Pasal 30 ayat (1) UU Persaingan Usaha dibentuklah Komisi Pengawas Persaingan Usaha yang selanjutnya disebut dengan KPPU.

KPPU ini dikatakan sebagai suatu lembaga independen yang terlepas dari pengaruh dan kekuasaan pemerintah serta pihak lain. Dengan kewenangan yang dimiliki oleh KPPU, diharapkan lembaga pengawas tersebut dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebaik-baiknya serta mampu bertindak secara independen.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Monopoli Perdagangan? Ini Pengertian & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *