Apa yang Dimaksud Media Promosi? Ini Pengertian & Penjelasannya


Apa Yang Dimaksud Media Promosi Adalah – Bagi suatu perusahaan, mereka tidak hanya terus beraktivitas bagaimana menghasilkan dan menjual produk atau jasa serta menetapkan harga, namun perusahaan juga sering kali memikirkan tentang bagaimana strategi promosi yang harus dilakukan. Demikian ini sangatlah tepat, sebab promosi adalah hal yang berkaitan dalam setiap bentuk pemasaran bahkan perusahaan besar sekalipun seperti, Apple, Samsung, Twitter, Youtube, Alibaba, Nike dll.

Hal itulah mengapa pada saat ini perusahaan menganggap bahwa promosi adalah bagian yang terpenting dan tidak dapat dipisahkan dalam pemasaran dan segala aktivitas perusahaan. Sebab dengan promosi yang dilaksanakan secara efektif, maka harapan perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk atau jasa perusahaan sebagaimana dengan target yang penjualan yang telah ditetapkan. Selain itu dengan promosi, maka perusahaan bisa mampu menunjukkan taringnya di perusahaan lain bahwa inilah produk dan jasa kami yang akan siap menjadi kompetitor yang tidak bisa diremehkan.

Penjelasan ini kadang terjadi karena inilah bukti bahwa perusahaan ingin membuka pasar secara luas kepada publik dan menetapkan persaingan kepada perusahaan lainnya. Sebab dengan promosi itu maka semua orang tahu. Ini terjadi karena dalam promosi terdapat to inform, to persuade, to remind yang ketiga dari hal itu ditujukan untuk organisasi, individu dan juga rumah tangga.

Promosi adalah salah satu bagian dalam pemasaran bahkan promosi berada pada urutan keempat setelah produk, price, place dan promotion. Keempat bauran pemasaran ini mengacu pada peningkatan kesadaran pelanggan produk atau merek, menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek. Diketahui pada intinya, perusahaan terkadang melakukan promosi pada dasarnya terdapat 6 tujuan yang mereka inginkan.



Adapun tujuan tersebut adalah penciptaan ekuitas merek, positioning, pembalasan kompetitif, meningkatkan penjualan, penerimaan produk baru, atau penciptaan citra perusahaan. Dalam memenuhi tujuan tersebut, ada banyak cara untuk bisa mempromosikan produk di daerah dengan berbagai media. Apabila demikian, lantas apa dan seperti apakah itu media promosi? bagaimana tujuan serta fungsi dari media promosi, dan jelaskan teori media promosi dll.



Apa yang Dimaksud Media Promosi?

Tentu ada banyak sekali pertanyaan mengenai media promosi, apalagi bagi mereka yang berstatus sebagai seorang mahasiswa dan terlibat dalam hal bisnis. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis hanya akan memaparkan beberapa hal tentang media promosi yang dapat dilihat dibawah ini:



Pengertian Media Promosi Adalah

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Media promosi adalah sarana yang digunakan untuk mengkomunikasikan suatu produk atau jasa perusahaan untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Namun penggunaan media promosi ini kurang diketahui apakah mampu menyampaikan secara cepat kepada masyarakat dan juga tidak memiliki ukuran yang jelas.

Terkadang promotor memakai media promosi berupa iklan internet, acara khusus, dukungan, dan koran untuk mengiklankan produk mereka. Banyak kali dengan pembelian produk ada insentif seperti diskon, item gratis, atau kontes. Metode ini dipakai untuk meningkatkan penjualan produk tertentu. Media promosi yang biasa dilakukan oleh perusahaan ada banyak misalnya media promosi yang sering digunakan seperti, seragam pegawai, jam dinding, neon box, billboard, brosur, booklet, poster, spanduk, standing banner, iklan di tv, radio, kartu nama, balon udara, standing banner dll.

Perlu diketahui bersama bahwa contoh contoh media promosi tersebut tidak ada yang bisa dikatakan sangatlah efektif, sebab mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun hal yang utama untuk dimengerti adalah apabila hanya menggunakan satu media promosi, maka efektifitasnya menjadi terbatas. Hal itulah mengapa tidak sedikit perusahaan besar dengan nama yang telah besar dan dikenal orang masih menggunakan media promosi secara besar-besaran di berbagai jenis media promosi lainnya.

4 Teknik Dalam Promosi 

Pada dasarnya keseluruhan dari contoh-contoh media promosi diatas, dapat dirangkum dalam 4 teknik promosi yang bisa dijalankan oleh setiap orang, kelompok dan perusahaan. Adapun 4 teknik promosi yaitu:

  1. Iklan (Advertising)
  2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
  3. Publisitas (Publicity)
  4. Pemasaran Langsung (Direct Market)

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Promosi 

Selain itu terdapat hal-hal yang harus diperhatikan dalam promosi. Sebab perlu diketahui bersama bahwa mengapa semua perusahaan tidak mampu mempromosikan produk dan jasanya dengan mudah karena terbatas akan beberapa faktor. Maka dari hal itulah sehingga apabila setiap orang ingin melakukan promosi, ketahui hal demikian agar tidak melakukan kerugian dikemudian hari bagi perusahaan dan masa depan kita semua. Adapun enam hal yang harus diperhatikan dalam melakukan promosi adalah:

  1. Market yang menjadi target pasar produk dan jasa dengan melihat dari pertimbangan seperti jenis kelamin, usia, tempat tinggal, status, pekerjaan, jumlah keluarga, kegemaran, dll.
  2. Misi/Tujuan ini harus dimiliki oleh perusahaan untuk mengetahui sejauh mana yang ingin didapatkan dalam promosi.
  3. Message adalah hal yang penting apalagi dalam media promosi online yang paling dibutuhkan adalah interaksi, sehingga untuk membangun interaksi itu dibutuhkan pesan yang baik.
  4. Media merupakan bagian paling penting selanjutnya adalah menentukan lewat media mana promosi tersebut dilakukan. Apakah dengan melalui media promosi klasik atau elektronik.
  5. Money adalah hal yang penting dengan menyiapkan dana untuk mengukur market dan tujuan yang ingin didapatkan.
  6. Measurement (pengukuran) adalah untuk mengevaluasi berhasil tidaknya promosi. Apabila memilih untuk berpromosi online, maka bisa mendapatkan pengukuran dengan cepat.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa yang Dimaksud Dengan Media Promosi? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *