Apa Yang Dimaksud Lompat Jongkok Adalah ? Ini Arti & Caranya


Apa Yang Dimaksud Dengan Lompat Jongkok –  Bagi sebagian orang, tidak banyak waktu dan kesempatan untuk melakukan gerakan melompat dan meloncat. Berbeda jika dibandingkan saat kita masih kecil, atau berada di sekolah dasar, gerakan lombat dan loncat sangatlah sering dilakukan dan menjadi tolak ukur suatu kemampuan kita. Walaupun terkadang, untuk mencapai hasil yang memuaskan dibutuhkan usaha yang besar dan konsisten.

Sebab dalam melakukan lompatan, lutut dan pantat menjadi kekuatan utama saat melompat dan juga saat meloncat. Kedua hal ini adalah hal yang mendasar dan menjadi komponen utama dalam setiap olahraga atletik. Walaupun olahraga ini hanya itu-itu saja, membuat seseorang bosan dan jenuh untuk menggeluti olahraga ini.

Tapi dengan kemampuan pengajar yang mampu merancang proses pembelajaran, maka lompat atau loncat bisa meningkatkan kemampuan siswa. Sebab dengan lompat dan loncat, maka gerakan lompat dan loncat merupakan upaya peningkatan kondisi fisik anak sekaligus merangsang daya ledak pada kaki (power).

Pada pembahasan kal ini, penulis akan membahas mengenai lompat jongkok. Lompat adalah suatu gerakan mengangkat tubuh dari suatu titik ke titik lain yang lebih jauh atau tinggi dengan ancang-ancang lari cepat atau lambat, dengan bertumpu satu kaki dan mendarat dengan kaki atau anggota tubuh lainnya dengan keseimbangan yang baik.



Lompatan adalah keterampilan yang digabung secara berangkai untuk membuahkan hasil akhir yang banyak ditentukan oleh bagian-bagian membangunnya, atau kadang disebut awalan, tolakan, melayang dan mendarat. Dalam membahas mengenai tata cara melompat, sebenarnya ada banyak gaya. Sehingga sejalan denga hal itu pada kali ini penulis akan membahas mengenai lompat gaya jongkok. Apasih itu lompat jongkok?



Apa Yang Dimaksud Dengan Lompat Jongkok?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Lompat jongkok adalah salah satu jenis lompat yang dilakukan dengan menggunakan peti lompat dengan posisi badan jongkok pada saat akan melewati peti lompat. Perlu diketahui bersama bahwa istilah lompat jongkok diistilahkan dengan sebutan “squat vault”. Sesuai dengan namanya, maka dapat dimengerti bahwa lompat jongkok ini membutuhkan sikap jongkok saat melewati kuda-kuda.



Tata Cara Dalam Lompat Jongkok Adalah?

Lompat jongkok merupakan gerakan melompat yang termasuk kedalam senam lantai. Dalam melakukan lompat jongkok, unsur gerakan yang terdapat didalamnya adalah awalan, tolakan, melayang, dan mendarat. Selain itu untuk tata cara atau tahapan dalam melakukan lompat jongkok sangatlah mudah hanya dengan melakukan gerakan dasar seperti:

    1. Dari lari awalan yang cepat, setelah menolak pada papan tolak, anak segera mencapai kuda dengan lengan lurus, mencoba menahan kecenderungan gerak bahu melaju ke depan. Badan pada saat ini masih lurus, atau sedikit melengkung (curvalinier).
    2. Segera bersamaan dengan tangan menolak, lutut mulai ditarik ke arah dada mencapai sikap jongkok.
    3. Daya dorong yang disebabkan tolakan tangan ke kuda, menyebabkan badan tertolak ke atas dan lengan terangkat.
    4. Bahu dan panggul segera membuka kembali untuk bersiap mendarat.
    5. Pendaratan yang baik terjadi dengan jarak cukup dari kuda-kuda.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Loncat Jongkok Adalah ? Ini Arti & Caranya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *