Apa Yang Dimaksud Komik Dengan? Ini Pengertian & Ciri-Cirinya


Tentu banyak diantara orang yang berpikiran bahwa membaca komik adalah kebiasaan yang buruk dan tidak berguna. Ternyata kebiasaan tersebut bukan hanya sekedar mengisi waktu luang semata, melainkan membaca mempunyai banyak manfaat juga ternyata. Terlepas dari latar belakang pembaca tentunya baik orang dewasa, remaja, atau anak-anak.

Dengan membaca komik akan meningkatkan imajinasi setiap orang, sebab di dalam komik didominasi dengan gambar dan tokoh yang beragam dan menarik bahkan dilengkapi dengan alur cerita yang tidak biasanya. Hal itulah sehingga dengan membaca komik maka bermanfaat memperkaya imajinasi seseorang.

Bagi yang sedang banyak masalah, ternyata dengan membaca komik dapat meredakan stres sebab di dalam komik terdapat hal yang unik dan lucu dan dilengkapi plot cerita yang ringan. Sehingga pikiran orang yang membaca komik akan dibuat rileks. Dengan begitu, stres di pikiranmu pun bisa sedikit berkurang.

Selain itu dengan membaca komik, maka akan mampu mengasah kreativitas setiap orang yang sedang buntu atau butuh solusi yang tepat. Apalagi kalau komiknya mempunyai gambar yang unik dengan jalan cerita yang tidak mudah ditebak sehingga semakin lama akan meningkatkan kreativitas seseorang.



Dengan meningkatnya kreativitas seseorang, terlebih dahulu adalah mempunyai daya ingat yang kuat karena untuk menjadi kreatif perlu merangkum berbagai bacaan dan gambar yang kemudian menghasilkan sebuah kesimpulan yang merupakan hasil kreativitas pembaca komik.



Membaca komik akan lambat laun memperkuat daya ingat bahkan dengan sekali baca dibandingkan dengan novel yang perlu beberapa kali untuk dapat memahaminya. Melihat dari manfaat dari membaca komik, maka tentu saja komik sangat berguna bagi anak-anak selain meningkatkan kreativitas, imajinasi, menghilangkan stres, juga dapat menumbuhkan minat baca anak-anak.



Siapasih yang tidak ingin agar anaknya gemar membaca, paling tidak menyukai membaca dulu. Tentu akan membentuk pribadi anak tersebut dan pada nantinya akan terbiasa sehingga apabila tidak membaca seperti ada sesuatu yang kurang dalam dirinya. Membaca komik dapat menumbuhkan minat baca anak-anak karena isinya mempunyai kata pendek dan sederhana dilengkapi dengan gambar yang menarik yang membuat anak-anak pasti akan nyaman membacanya.

Membaca komik juga mengenalkan anak-anak dengan kosa kata baru karena didalamnya mengandung banyak kata yang dapat memperkaya perbendaharaan anak-anak apalagi di umur yang masih sangat muda. Tentu hal yang menguntungkan dirinya dan keluarga apabila dia telah tumbuh dan berkembang dengan pesat dalam hal komunikasi. Melihat keuntungan dari membaca komik yang besar bagi anak-anak dan orang pada umumnya, lantas jika demikian tahukah anda apasih itu pengertian komik dan apasih ciri-ciri dari komik?

Pengertian Komik Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian komik adalah sebagi salah satu media yang berfungsi untuk menyampaikan cerita melalui ilustrasi gambar untuk pendeskripsian cerita.

Ciri-Ciri Komik Adalah?

Adapun ciri-ciri komik terbagi atas 6 ciri yakni:

    1. Hadir untuk menyampaikan cerita.
    2. Proporsional dengan teks dan gambar seakan pembaca ikut terlibat dalam cerita.
    3. Menggunakan bahasa percakapan sehingga mudah dipahami
    4. Biasanya bersifat kepahlawanan.
    5. Penggambaran watak secara sederhana sehingga mudah memahami isi cerita dan menangkap pesan yang disampaikan.
    6. Menyediakan humor sehingga pembaca senang dan bahagia ketika membacanya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Komik Dengan? Ini Pengertian & Ciri-Cirinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *