Apa Yang Dimaksud Dengan Zat Adiktif? Ini Pengertian & Contohnya


Pengertian Zat Adiktif Adalah –¬†Dewasa ini, penyalahgunaan zat adiktif semakin hari terus bertambah. Tidak sedikit data kasus yang dilampirkan penyidik dan penegak hukum tentang penyalahgunaan zat adiktif. Zat adiktif telah menjadi masalah sosial yang setiap tahunnya, bukan malah berkurang tapi terus bertambah. Walau berbagai pencegahan telah dilakukan, mulai dari sosialisasi di berbagai tempat khususnya tempat pendidikan yakni sekolah dll.

Namun, tetap saja penyalahgunaan zat adiktif masih saja terdapat di berbagai tempat. Hal ini bisa berdampak buruk bagi perkembangan generasi, keluarga, masyarakat dan daerah serta negara. Alasannya, pencegahan zat adiktif tersebut tidak dilakukan secara terpadu dan teratur, apalagi semakin diperparah takkalah hukum dan penegakannya yang cenderung lemah, serta dalam administrasi dan pengawasan obat yang juga membuat jual beli zat-zat adiktif malah dapat dengan mudah.

Walaupun teradpat aspek terapi dan rehabilitasi, akan tetapi perlu diketahui bersama bahwa hal itu hanyalah sebagian kecil dan hanya untuk mengatasi ketika telah bergantung dengan zat adiktif, sebab yang paling utama untuk memutus mata rantai penggunaan zat adiktif secara terlarang adalah dengan melakukan pencegahan. Analoginya seperti ini, apabila zat adiktif itu dijual di pasaran, bahkan ditempat terbuka sekalipun namun ketika setiap orang tahu bahwa zat adiktif mempunyai kandungan yang berbahaya bagi tubuh, maka setiap orang tentu saja tidak akan membeli zat adiktif tersebut bahkan semurah apapun harganya.

Perlu diketahui bersama bahwa zat adiktif tidaklah berbahaya, yang berbahaya disini adalah penyalahgunaannya dimana zat adiktif dan psikotropika ini punya manfaat untuk ilmu pengetahuan dan pelayanan kesehatan. Contohnya dalam kedokteran, dimana salah satu jenis narkotika diberikan kepada pasien yang menderita sakit luar biasa setelah operasi.



Selain itu, hal ini juga dipakai untuk pasien penderita gangguan jiwa yang sedang ngamuk sehingga dibutuhkan zat adiktif dan psikotropika untuk membuatnya tenang. Namun apabila pemakaian tersebut berlebihan atau dengan dosis yang berlebih akan membuat rusaknya sel saraf, perubahan tingkah laku, dan menimbulkan penyakit jantung, radang lambung dan hati, merusak pankreas, dan berisiko mengidap HIV positif hingga mengakibatkan kematian.



Apa Yang Dimaksud Dengan Zat Adiktif? Ini Pengertian & Contohnya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Dengan Zat Adiktif? Ini Pengertian & Contohnya (Foto: Artikelsiana.com)

 

Sedangkan dalam kehidupan sosial sering membuat onar atau perkelahian, melakukan kejahatan, kecelakaan, muncul masalah dalam keluarga, dan mengganggu ketertiban umum. Melihat dari dampak buruk dari zat adiktif dan lainnya, membuat setiap orang baik itu keluarga, masyarakat dan pemerintah harus berupaya sekeras mungkin untuk bisa mengurangi dan menghapus penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika.



Adapun hal yang kecil yang bisa dilakukan setiap orang adalah dengan menambah pengetahuan setiap orang tentang apa yang dimaksud dengan zat adiktif itu? Sejalan dengan hal itu dibawah ini penulis akan membahas secara singkat tentang seperti apakah itu zat adiktif yang sebenarnya.

Pengertian Zat Adiktif Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Zat Adiktif adalah obat serta bahan-bahan aktif yang dapat menenangkan dan menimbulkan ketergantungan serta hilangnya kesadaran. Zat adiktif adalah istilah yang terdiri atas dua kata yaitu “zat” dan “Adiktif”. Makna dari kata ini adalah zat yang bersifat adiktif, namun disini adiktif bukan sebagai sifat melainkan sebagai nama. Sehingga bisa disimpulkan bahwa apa yang dimaksud dengan zat adiktif itu adalah kumpulan zat-zat yang mempunyai efek masing-masing untuk tubuh kita. Jika demikian, lantas seperti apakah contoh atau bentuk-bentuk zat adiktif itu?

Pengertian Zat Adiktif (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Zat Adiktif (Foto: Artikelsiana.com)

Contoh Zat Aditif Adalah

Sejalan dengan UU No, 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika menyebutkan beberapa obat yang mengandung zat adiktif di antaranya adalah :

    1. Amfetamin.
    2. Amobarbital, Flunitrazepam.
    3. Diahepam, Bromazepam, Fenobarbital.
    4. Minuman Beralkohol/Minuman Keras/Miras.
    5. Tembakau/Rokok/Lisong.
    6. Halusinogen.
    7. Bahan Pelarut seperti bensin, tiner, lem, cat, solvent, dll.
Contoh Zat Aditif Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Contoh Zat Aditif Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

 

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Zat Adiktif? Ini Pengertian & Contohnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *