Apa Yang Dimaksud Dengan Toleransi? Ini Arti & Penjelasannya


Masyarakat Indonesia sangat beragam yang bisa dilihat tinjauan geografis dan budaya yang dimiliki Indonesia. Itu juga membuat negera punya banyak istilah seperti negara maritim, negara kepulauan dan punya banyak SDA dan SDM dengan budaya dan ciri khas masing-masing.

Dari data yang ada, diketahui terdapat 17.504 pulau Indonesia dan pulau bernama 16.056. Lalu untuk suku bangsa terdapat 1.340 sesuai sensus BPS tahun 2010 dan 652 bahasa daerah sedangkan untuk Agama terdapat enam agama yaitu Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Data itu menunjukkan Indonesia sangatlah beragam dengan perbedaan-perbedaan yang mendasar.

Walaupun demikian, perbedaan itu mampu disatukan dalam ideologi yang dikenal dengan Pancasila dan sebuah istilah yakni Bhinneka Tunggal Ika atau berbeda-beda tetap satu jua. Akan tetapi, ditengah semangat persatuan yang begitu besar, tidak menutup kemungkinan ancaman dan tantangan masa depan terhadap keberagaman akan baik-baik saja.

Padahal dalam menghancurkan hal itu tidaklah begitu sulit, dimana terdapat fakta-fakta serta bukti-bukti yang dari pertekaran kecil kemudian memicu konflik antar suku dan antar daerah hingga menyebabkan konflik yang terus berulang. Salah satu hal yang biasa terjadi untuk memecah Indonesia adalah memainkan isu RAS, yang kebanyakan dapat memberikan dampak yang besar bagi Indonesia.



Dampak tersebut tidak hanya merugikan bagi dalam hal hubungan sosial antara kedua daerah tersebut, namun juga dapat membuat sistem ekonomi di daerah itu tidak akan berjalan normal dan menyebabkan perhatian publik yang menjadi pengawas berbagai isu nasional justru teralihkan oleh isu lokal.



Memang tidak dipungkiri bahwa isu itu dapat menyebar hingga menjadi isu nasional, namun akan menyita perhatian publik dan membuat orang-orang yang yang mempunyai kesamaan dengan pihak yang terlibat akan ikut terlibat walaupun berbeda daerah dan tempat sekalipun.



Walaupun dari berbagai masalah yang pernah terjadi di Indonesia bisa diatasi berkat upaya dan kerja sama masyarakat dalam menciptakan apa yang dikenal dengan Toleransi. Apasih itu toleransi? Sejalan dengan pembicaraan ini pada kali ini penulis akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan pengertian toleransi?

Apa Yang Dimaksud Dengan Toleransi?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian toleransi adalah sikap manusia untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan, baik antarindividu maupun kelompok. Secara etimologi, arti dari Toleransi berasal dari istilah “Tolerantia” yang artinya kelonggaran, kelembutan hati, keringanan dan kesabaran.

Menurut pendapat dari UNESCO, arti toleransi adalah sikap saling menghormati, saling menerima, saling menghargai di tengah keragaman budaya, kebebasan berekspresi dan karakter manusia.

Toleransi dipandang sebagai pengetahuan luas, kebebasan berpikir dan juga beragama. Pendek kata toleransi setara dengan sikap positif, dan menghargai orang lain dalam rangka menggunakan kebebasan asasi sebagai manusia. Toleransi merupakan bentuk akomodasi dalam interaksi sosial yang membuat seseorang dapat berhubungan dengan orang yang berbeda dengannya.

Ada banyak sikap-sikap toleransi yang bisa dilakukan untuk menjaga keberagaman bangsa Indonesia. Disini arti sikap dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang mencerminkan rasa senang, tidak senang atau perasaan biasa-biasa saja (netral) dari seseorang terhadap sesuatu.

Sikap toleransi merupakan salah satu perwujudan modal sosial pada aspek kognitif yang diartikan sebagai suatu sikap mau menerima dan menghargai perbedaan di antara anggota masyarakat. Dengan menjaga keberagaman bangsa Indonesia, maka ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan.

Pentingnya Sikap Toleransi Dalam Keragaman Bangsa Indonesia?

Adapun peran penting dari sikap toleransi dalam keberagaman Indonesia adalah:

    1. Tercipta keharmonisan dalam hidup.
    2. Menghindari sikap perpecahan yang bisa mengancam kesatuan Indonesia.
    3. Mencegah rasisme dan permusuhan antar daerah.
    4. Menciptakan rasa kekeluargaan.
    5. Menimbulkan rasa kasih sayang satu sama lain.
    6. Toleransi menciptakan kedamaian, rasa tenang dan aman.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Toleransi? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *