Apa yang Dimaksud Dengan Thawaf Qudum? Ini Pengertian & Penjelasannya


Pengertian Thawaf Qudum – Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke lima dan wajib hukumnya dilaksanakan oleh seluruh umat Islam baik laki-laki maupun perempuan yang sudah istitho’ah (mampu) dan sudah memenuhi kriteria syarat-syarat ibadah haji. Dalam pelaksanaan haji terdapat beberapa hal yang harus dilakukan yang disebut dengan rukun haji. Perlu diketahui bersama bahwa rukun haji ini apabila salah satu tidak laksanakan, maka dapat dikatakan bahwa ibadah haji yang dilakukan tersebut tidaklah sah.

Diketahui terdapat 6 rukun haji yaitu ihram, wukuf di arafah, thawaf, Sa’i antara Shafa dan Marwah, Mencukur rambut atau tahallul, dan Tertib atau berurutan. Berbicara soal thawaf adalah sesuatu hal yang paling indah apabila disaksikan dari layar televisi atau dari foto-foto yang bagi sering melihat tentang siaran saat ibadah haji dimulai. Untuk arti thawaf itu sendiri adalah berputar mengelilingi sesuatu seperti mengelilingi Ka’bah. Sedangkan untuk arti thawaf secara istilah adalah mengelilingi baitul harom (ka’bah).

Dalam menjalankan thawaf terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi. Sebagaimana informasi yang dihimpun bahwa syarat-syarat untuk thawaf adalah melaksanakan semua syarat sah shalat seperti suci, niat, menutup aurat dan lain-lain. Syarat yang kedua adalah pundak kiri lurus terus ke arah kiblat dan tidak boleh menoleh ke arah sembarangan. Sedangkan syarat ketiga dalam melaksanakan thawaf adalah putaran berlawanan arah jarum jam, dan dimulai dari titik hajar aswad serta putaran dilakukan sebanyak 7 kali.

Selain itu, saat tawaf diharuskan untuk berjalan kaki, mencium hajar aswad, berjalan cepat saat putaran 1-3 dan berjalan biasa saat berada pada putaran 4-7 dan yang terakhir adalah shalat sunah 2 rakaat setelah tawaf di belakang makam ibrahim.



Berdasarkan informasi yang dihimpun penulis, terdapat tujuh macam thawaf. Adapun macam-macam thawaf tersebut adalah thawaf qudum, thawaf ziyaroh, thawaf wada’, thawaf ‘umroh, thawaf nadzar, thawaf tahiyyatul masjidil harom, dan thawaf tathowwu’. Salah satu pembahasan pada kali ini yakni Thawaf Qudum, adapun yang dimaksud dengan thawaf qudum adalah:



Pengertian Thawaf Qudum Adalah

Secara bahasa (etimologi) yang dimaksud dengan thawaf quddum adalah kata yang terdiri dari 2 kata yaitu quddum dan tawaf. Arti qudum sendiri adalah datang. Pengertian thawaf quddum adalah tawaf yang dilakukan oleh jamaah yang baru tiba di Makkah sebagai penghormatan terhadap Ka’bah. Secara sederhana, yang dimaksud dengan arti tawaf qudum adalah mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali dimana posisi Ka’bah berada di sebelah kiri jama’ah.



Apa yang Dimaksud Dengan Thawaf Qudum? Ini Pengertian & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa yang Dimaksud Dengan Thawaf Qudum? Ini Pengertian & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Istilah tentang Thawaf qudum juga biasa disebut dengan thawaf wurud atau thawaf tahiyyah. Hal itu lantaran thawaf qudum ini disyari’atkan atau dikhususkan untuk orang yang datang dari luar Makkah sebagai penghormatan kepada Baitullah (Ka’bah). Thawaf ini juga disebut thawaf liqo’. Thawaf qudum tidak termasuk rukun atau wajib haji dan dilakukan pada hari pertama kedatangan jamaah haji di Makkah.

Merujuk dari pendapat para ulama, dalam hal ini ulama Hanafiyah, Syafi’iyah dan Hanabilah yang mengatakan bahwa hukum thawaf qudum adalah sunnah bagi orang yang mendatangi Makkah sebagai bentuk penghormatan kepada Baitullah. Oleh karena itu, disunnahkan thawaf qudum ini didahulukan, bukan diakhirkan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa yang Dimaksud Dengan Thawaf Qudum? Ini Pengertian & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *