Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Anekdot? Ini Pengertiannya


Pengertian Teks Anekdot Adalah – Jaman sekarang menulis adalah sesuatu keahlian yang sangat penting. Dulu menulis hanya beberapa orang yang bisa mampu eksis melalui tulisan, namun saat ini dengan berbagai media banyak orang bisa terkenal dan menyampaikan ide serta gagasannya kebanyak orang. Walaupun terkadang, beberapa tulisan tersebut ada yang dianggap biasa-biasa saja dan ada yang dianggap sebagai suatu karya yang memiliki ciri khas yang tinggi.

Hal itu karena menulis adalah kegiatan berbahasa yang menghasilkan produk yang dituangkan dari dalam pikiran. Atau bisa juga dikatakan bahwa menulis adalah bagaimana seseorang mengalihkan bahasa lisan ke dalam bentuk tulisan. Menulis suatu karya mempunyai beragam jenis dan bentuk salah satunya adalah menulis anekdot.

Dalam menulis anekdot terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yang dikenal dengan kaidah penulisan teks anekdot yaitu memakai pertanyaan retorika, misanya apakah kamu tahu?. Selain itu teks anekdot juga biasanya memakai kata sambung (konjungsi) waktu contohnya kemudian, setelah itu, dll, dan memakai kata kerja seperti pergi, tulis dll, dan memakai kalimat perintah. Selain itu yang perlu diketahui pula dalam teks anekdot adalah dijadikan dalam bahasa yang lucu ini adalah ciri khas yang paling utama dalam anekdot.

Sebab apabila terdapat suatu teks yang dikatakan sebagai anekdot lantas tidak disajikan dalam bahasa yang lucu, maka itu bukanlah anekdot. Bukan cuma lucu, teks anekdot juga memuat suatu peristiwa yang didalamnya berisi peristiwa yang membuat jengkel dan konyol bagi partisipan yang mengalaminya. Itulah mengapa dalam membuat teks anekdot pemilihan bahasa yang lucu sangat dibutuhkan. Sebenarnya teks anekdot ini sering sekali ditemukan dan dibaca oleh setiap orang karena apabila dilihat dari pembahasannya, maka teks anekdot sebenarnya bisa berbentuk cerpen, teks dialog, dan artikel.



Hal hal tersebut juga tidak semuanya terdapat dalam teks anekdot, hanya pada beberapa bagian dalam teks tersebut yang diketahui bahwa teks anekdot ini terdiri atas 5 bagian apabila menurut Gerot dan Wignell yaitu abstrak, orientasi, krisis, reaksi dan koda. Apabila merujuk Kemindikbud (2013), struktur teks anekdot terdiri atas 6 dengan penambahan yang terakhir adalah reorientasi.



Dalam menulis atau membuat teks anekdot juga memperhatikan unsur-unsurnya yang secara berurutan adalah tema cerita, tokoh, latar, sudut pandang dan gaya bahasa serta nada. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, maka membuat teks anekdot dapat lebih mudah dan hasilnya akan memuaskan bagi pembaca. Dalam memberikan apresiasi kepada cipta sastra teks anekdot tidak boleh asal karena seorang apresiator harus mempunyai bekal dari awal. Jadi, apabila ada yang menganggap bahwa karya teks anekdot anda itu jelek, maka pertanyakan dulu latar belakang dan analisis mereka sebagai apresiator.



Pengertian Teks Anekdot Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Teks Anekdot adalah teks yang lucu, berkarakter dan di dalamnya mengandung kritikan yang membangun. Apabila mengutip dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bahwa yang dimaksud dengan anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Sedangkan apabila mengacu kepada ungkapan para ahli dalam hal ini Keraf (1991:142) menyatakan bahwa anekdot adalah semacam cerita pendek yang bertujuan menyampaikan karakteristik yang menarik atau aneh mengenai seseorang atau suatu hal lain.

Jadi, bisa dikatakan kalau anekdot ini adalah cerita pendek yang punya karakter tersendiri dan terdapat kritikan yang tujuannya bukan untuk menjatuhkan melainkan untuk membangun. Tujuan Anekdot diciptakan adalah sebagai bentuk penyadaran sosial, anekdot menyampaikan realitas sosial dengan cara yang unik, yaitu humor. Anekdot yang sifatnya menghibur merupakan media efektif untuk menyampaikan realitas sosial.

Pengertian Teks Anekdot (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Teks Anekdot (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Anekdot? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *