Apa Yang Dimaksud Dengan Semikonduktor? Ini Arti & Jawabannya


Perlu diketahui bersama bahwa membahas mengenai semikonduktor merupakan perangkat yang terdiri atas bahan yang bukan konduktor yang baik atau isolator yang, olehnya itu mengapa disebut mengenai semikonduktor

Perangkat semikonduktor telah banyak memberikan kontribusi dengan membangun aplikasi yang luas karena mampu diandalkan, kekompakan dan juga mempunyai biaya yang rendah. Perangkat Semikonduktor adalah komponen diskrit yang dipakai dalam penghasil cahaya, perangkat daya, sensor optik kekompakan, dan termasuk laser solid-state.

Kelebihan dari perangkat semikonduktor adalah mempunyai banyak kemampuan terlebih dalam hal penanganan arus dan tegangan. Diketahui peringkat arus Semikonduktor ini lebih dari 5.000 ampere dan peringkat tegangannya lebih 100.000 volt.

Hal yang sangat penting dalam perangkat Semikonduktor adalah meminjamkan diri untuk integrasi dalam rangkaian mikroelektronika yang kompleks namun siap dibangun.



Mereka mempunyai kemungkinan masa depan, elemen kunci dari mayoritas sistem elektronik termasuk komunikasi dengan pemrosesan data, konsumen, dan peralatan kontrol industri.



Apa Yang Dimaksud Dengan Semikonduktor?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian semikonduktor adalah komponen elektronik yang mengekploitasi sifat elektrik dari bahan semikonduktor dalam hal ini silikon, germanium, galium arsenide, serta semikonduktor organik. Perangkat semikonduktor telah menggantikan tabung vakum di banyak aplikasi.



Perangkat ini memakai konduksi elektronik dalam keadaan padat yang bertentangan dengan emisi termionik dalam ruang hampa yang tinggi. Tujuan pembuatannya untuk perangkat diskrit dan rangkaian terintegrasi, yang terdiri dari beberapa sampai miliaran perangkat yang diproduksi dan saling berhubungan pada satu substrat semikonduktor atau wafer.

Bahan semikonduktor berfungsi oleh perilakunya karena mudah dalam memanipulasi dengan penambahan pengotor yang diistilahkan dengan sebutan doping. Konduktivitas semikonduktor dapat dikontrol oleh medan listrik atau magnet, oleh paparan cahaya atau panas, atau oleh deformasi mekanis dari kisi kristalin mono yang didoping; dengan demikian, semikonduktor dapat membuat sensor yang sangat baik.

Konduksi arus dalam semikonduktor terjadi bebas dari elektron dan lubang (holes), secara kolektif disebut dengan pembawa muatan. Doping silikon dilakukan dengan menambahkan sejumlah kecil atom pengotor dan juga untuk fosfor atau boron, secara signifikan meningkatkan jumlah elektron atau lubang dalam semikonduktor.

Saat mendoping semikonduktor terdapat lubang berlebih. Hal ini disebut dengan semikonduktor tipe-p (positif untuk lubang). Berbeda halnya saat terdapat beberapa elektron bebas berlebih, maka hal itu disebut dengan semikonduktor tipe-n (negatif untuk elektron), adalah tanda muatan dari operator muatan seluler mayoritas. Persimpangan yang terbentuk di mana semikonduktor tipe-n dan tipe-p bergabung bersama disebut persimpangan p-n.

Bahan Semikonduktor Adalah?

Diatas telah disebutkan bahwa bahan dari semikonduktor adalah silikon (Si), Germanium dan Gallium arsenide. Adapun penjelasan dari bahan semikonduktor ini adalah:

    1. Silikon (Si) adalah bahan yang banyak dipakai di perangkat semikonduktor karena biaya bahan baku rendah dan proses relatif sederhana. Silikon yang ddipakai saat ini dibuat menjadi mangkuk yang berdiameter cukup besar untuk memungkinkan pembuatan wafer 300 mm (12 in.).
    2. Germanium (Ge) adalah bahan awal yang dipakai dalam semikonduktor dengan sensitivitas termal yang kurang. Karena kekurangan itu membuat Germanium kurang digunakan dibandingkan dengan silikon. Saat ini, germanium sering dicampur dengan (Si) silikon untuk dipakai dalam perangkat SiGe berkecepatan sangat tinggi; IBM adalah produsen utama perangkatnya.
    3. Gallium arsenide (GaAs) juga banyak digunakan dengan perangkat berkecepatan tinggi, tetapi sejauh ini, sulit untuk membentuk mangkuk berdiameter besar dari bahan ini, membatasi ukuran diameter wafer secara signifikan lebih kecil daripada wafer silikon sehingga membuat produksi massal Gallium arsenide (Gaas) perangkat secara signifikan lebih mahal daripada silikon.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Semikonduktor? Ini Arti & Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *