Apa Yang Dimaksud Dengan Scanner? Ini Pengertiannya


Pengertian Scanner Adalah – Dewasa ini berbagai teknologi terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju ke era 4.0. Berbagai perusahaan juga turut berkompetisi melahirkan inovasi dan kecanggihan dalam hal fitur yang dimiliki. Tujuannya adalah untuk memudahkan bagi setiap manusia yang ada di muka bumi dalam beraktivitas, salah satunya adalah teknologi Scanner.

Teknologi Scanner sudah sejak dulu ada. Dalam sejarahnya, diketahui Scanner sendiri lahir di Amerika Serikat tahun 1943 yang ditemukan oleh Robert Ledley. Awalnya, Robert Ledley ini memindai seluruh tubuh manusia dengan berupa alat yang dinamakan ACTA yang kepanjangannya adalah Automatic Computerized Transverse Axial. Akan tetapi, ternyata perkembangan Scanner belum menjadi teknologi yang menjadi minat bagi para ahli untuk membuat fungsi dari teknologi semakin baik.

Barulah pada tahun 1975, teknologi scanner mendapatkan perhatian di masyarakat dunia, karena telah terdapat alat yang mengenali teks dan mengubahnya menjadi data dalam komputer. Pada saat ini, scanner telah berkembang dan teknologi tersebut tersebar ke berbagai belahan dunia. Setiap kantor pemerintah maupun swasta, pasti membutuhkan yang namanya scanner.

Sebab ada banyak dokumen-dokumen penting yang harus di virtualkan atau di duplikat. Saat ini juga terdapat 2 produk scanner yang terkenal yakni Epson dan Canon. Perkembangan dan penemuan berbagai scanner ini erat dengan perkembangan dunia photography. Mulai dari scanner yang berukuran besar hingga semakin berkembangnya zaman saat ini, scanner mulai menjadi ukuran yang kecil.



Dari hal itu juga membuat scanner mempunyai beragam jenis, ada yang disebut Scanner Flatbed yang berbentuk rata dan datar yang biasa difungsikan sehari-hari. Selain Scanner Flatbed, ada yang dikenal Scanner Drum yang berbentuk tabung dan mempunyai resolusi yang sangat baik.



Ada juga scanner yang bisa memindai dokumen dalam bentuk lembaran yang disebut Roleer Scanner. Setiap jenis-jenis Scanner tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Namun, fungsi utama yang dimiliki Scanner tidaklah berubah yakni untuk memindai dokumen baik itu menyalin, mendokumentasi, maupun mengolahnya.



Apa Yang Dimaksud Dengan Scanner?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pengertian scanner adalah Scanner adalah perangkat tambahan pada komputer/laptop yang berfungsi untuk memindai suatu dokumen, gambar, foto, dan lain-lain yang akan dimasukkan ke dalam komputer dan ditampilkan melalui monitor komputer.

 

Pada dasarnya, Scanner tidaklah jauh beda dengan mesin foto copy yang biasa digunakan, namun demikian tetap saja memiliki perbedaan yang bisa dilihat secara jelas dimana mesin foto copy mempunyai hasil cetakan, sedangkan scanner memiliki hasil yang berupa digital atau dalam bentuk file.

Scanner Di Era Saat Ini Adalah? 

Pada saat ini scanner telah berevolusi menjadi suatu perangkat yang jauh berbeda dengan versi sebelumnya karena dulunya scanner berukuran besar dan terkadang sulit untuk membawanya kemana-mana sedangkan kini scanner bisa dibawah ke manapun yang kita mau seperti Brother DS 620 yang berdimensi 11,4 x 2,1 x 1,4 inci dan memindai 8 halaman per menit. Selain itu juga terdapat Scanner yang sangat ringan yakni Epson Workspace DS-30 Portable Scanner.

Apa Yang Dimaksud Dengan Scanner? Ini Pengertiannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Dengan Scanner? Ini Pengertiannya (Foto: Artikelsiana.com)

Scanner Epson Workspace DS-30 ini mempunyai bobot hanya 325 gram dan bisa dipakai tanpa akses tenaga listrik yang hanya dengan menyambungkan ke USB port baik pada komputer atau laptop. Scanner ini memindai hingga resolusi 600 dpi dan berkecepatan 13 detik/lembar.

Selain itu yang terakhir adalah produk Scanner yang sangat praktis yang dikenal iScan 01 Full Color High Speed LCD yang beresolusi hingga mencapai 900 dpi dan berguna untuk menangkap bagian tak kasat mata. Walaupun begitu detail, tapi juga pemindaian terbilang cepat yakni 12 detik per halaman. Pada produk Scanner iScan 01 Full Color High Speed LCD ini mempunyai fitur berupa slot kartu memori yang bisa di up hingga 32 GB dan mempunyai harga yang relatif murah yakni dibawah 1 jutaan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Scanner? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *