Apa Yang Dimaksud Dengan Pola Lantai? Ini Pengertian & Jenisnya


Pengertian Pola Lantai Adalah –¬†Indonesia adalah negara yang kaya. Kekayaan ini tidak hanya pada sumber daya alamnya, melainkan kekayaan yang dimiliki Indonesia bisa dikatakan kaya akan berbagai aspek. Mulai dari SDM, Keagamaan, Bahasa, Suku dan Budaya. Dari berbagai keunggulan ini menjadi daya tarik bagi setiap orang untuk mengunjungi Indonesia.

Pada faktanya, bisa disaksikan dari capaian industri wisata yang dimiliki Indonesia. Dalam setiap pariwisata yang dimiliki Indonesia, selalu saja berdatangan warga asing yang juga ingin menikmati kekayaan yang dimiliki Indonesia apalagi dalam hal ini kebudayaan dan keseniannya.

Berbicara soal kesenian Indonesia, ada banyak macam-macam seni yang bisa disaksikan mulai dari teater, musik, menyanyi dan juga pertunjukan tari. Seni tari di Indonesia sudah sejak dulu berkembang dan terdapat berbagai macam contoh tari yang dihasilkan dari berbagai daerah di nusantara kala itu. Banyaknya ciptaan seni khususnya dalam seni tari menjadikan masyarakat nusantara saat itu adalah masyarakat yang mencintai keindahan dan mampu menuangkan perasaannya dengan tari.

Dikatakan demikian, sebab arti seni itu sendiri adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain. Istilah seni berasal dari kata sanskerta dari kata seni yang diartikan pemujaan, persembahan dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian.



Selain itu, untuk arti tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Tarian di Indonesia juga dilengkapi dengan bunyi-bunyian yang menjadi pengiring gerakan penari. Dengan bunyi-bunyian itu juga menjadi pelengkap untuk memperkuat makna dari tarian tersebut. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari contohnya adalah berlari, berjalan, atau bersenam.



Berdasarkan jenisnya, tari digolongkan kedalam 3 jenis yaitu tari rakyat, klasik dan tari kreasi baru. Tari klasik adalah tarian yang berkembang di daerah tertentu yang dilakukan secara turun temurun oleh masyarakatnya. Sedangkan untuk tari modern atau tari kontemporer ini adalah tarian masa kini yang diciptakan untuk mencari popularitas dan rangkaian geraknya bersifat ngetrend dan tidak punya aturan baku didalamnya.



Apa Yang Dimaksud Dengan Pola Lantai? Ini Pengertian & Jenisnya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Dengan Pola Lantai? Ini Pengertian & Jenisnya (Foto: Artikelsiana.com)

 

Dan yang terakhir adalah tari kreasi adalah tari baru yang dirangkai dari perpaduan gerak tari tradisional kerakyatan dengan tari tradisional klasik. Dari setiap jenis-jenis tari tersebut membuat gerakan tersendiri yang menjadi salah satu pembeda dengan tari yang lainnya. Berbicara soal gerakan seni tari, perlu diketahui bersama hal itu melalui pola lantai yang dimiliki dari setiap tarian. Apasih yang dimaksud dengan Pola Lantai itu?

Pengertian Pola Lantai Adalah?

Dalam seni tari, yang dimaksud dengan Pengertian Pola Lantai adalah komposisi yang mengatur tata letak penari sesuai kebutuhan teknis saat membawakan tari kelompok. Saat ini pola lantai mengalami perkembangan luar biasa. Dari hanya pola lantai yang bercorak tradisional yakni garis lurus, sejajar, dan melingkar, menjadi asimetris, diagonal, dan tak beraturan. Fungsi pola lantai dalam seni tari adalah untuk memberikan daya tarik bagi penampilan tari di atas panggung.

Maka dari itu, tidak jarang dalam pertunjukan seni tari, terdapat berbagai macam penggunaan pola lantai. Hal itu tujuannya untuk memberikan dinamika tersendiri secara visual kepada para penonton. Walaupun jika melihat dari pola lantai tari tradisional cenderung statis dalam artian perpaduan pola lantai yang digunakan tidak berubah-ubah.

Pengertian Pola Lantai Dalam Seni Tari Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Pola Lantai Dalam Seni Tari Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

 

Hal ini terjadi karena kebutuhan dalam kesenian tradisional kerakyatan tidak pada aspek pola lantai, tetapi lebih ke esensi sajian tari yang digunakan untuk acara-acara ritual tertentu.

Tapi untuk saat ini apalagi tari kreasi baru justru jauh lebih memperhatikan mengenai pola lantai yang sangat variatif dalam sebua tarian walaupun dengan durasi yang singkat yakni 10 menit. Adapun penjelasan mengenai macam-macam pola lantai sebagaimana yang dijelaskan penulis diatas, adalah:

Macam-Macam Pola Lantai Adalah?

Dalam sebuah tarian, khususnya tarian berkelompok hal yang harus diperhatikan adalah pola lantainya. Sebab sebagaimana penjelasan diatas, bahwa pola lantai sangatlah penting dalam seni tari. Diketahui macam-macam pola lantai itu sendiri terdiri atas 5 macam yakni:

    1. Melingkar yakni pola lantai yang membuat penari membentuk garis lingkaran.
    2. Horizontal adalah pola lantai dimana penari membentuk garis lurus kesamping.
    3. Diagonal adalah pola lantai yang berbentuk garis yang menyudut ke kanan ataupun kiri.
    4. Vertikal ialah pola lantai yang berbentuk garis lurus dari depan ke belakang.
    5. Asimetris adalah Pola yang menempatkan garis-garis anggota badan penari yang kiri berlawanan dengan yang kanan.
Macam-Macam Pola Lantai Dalam Seni Tari (Foto: Artikelsiana.com)
Macam-Macam Pola Lantai Dalam Seni Tari (Foto: Artikelsiana.com)

 

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Pola Lantai? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *