Apa Yang Dimaksud Dengan Periodisasi? Ini Arti & Jawabannya


Dalam sejarah, terdapat hal-hal yang perlu diketahui dan dengan mengetahui hal tersebut bisa menjadi tolak ukur setiap orang dalam membahas tentang kehidupan manusia. Apalagi bagi pelajar, peneliti, dan ilmuwan yang meneliti tentang sejarah harus memahami betul tentang rentang waktu dalam sejarah. Dalam pembahasan hal itu, dikenal dengan istilah periodisasi. Apabila demikian, lantas apasih yang dimaksud dengan periodisasi itu?

Secara sederhana melalui analogi bahwa maksud dari periodisasi itu seperti serialisasi atau serial film yang ditanyakan berdasarkan satu waktu dan juga satu tempat. Dengan mengetahui hal itu, maka setiap orang bisa tahu bahwa setiap sejarah mempunyai waktu dan tempat tertentu yang berguna agar setiap kejadian tersebut tidak dibolak balik dan disamakan.

Maka dari itu agar dapat membatasi timbulnya penyelewengan sejarah, maka yang dibutuhkan adalah membuat apa yang terjadi lebih akurat dengan memberikan suatu waktu untuk menyeleksi segala kejadian itu apakah pernah terjadi pada tahun itu ataukah ternyata terjadi di tahun sebelumnya atau baru terjadi.

Setelah mengetahui hal itu, selanjutnya dengan mencari hubungan sebab akibat diantara peristiwa-peristiwa tersebut, apakah mempunyai keterkaitan ataukah tidak. Dengan adanya hal itu maka peneliti dapat mengetahui apa yang terjadi pada waktu dan hubungannya dengan waktu selanjutnya.



Tujuannya adalah agar setiap apa-apa yang terjadi dalam peristiwa tersebut tidak tercampur baur dengan kejadian yang lain. Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka fungsi dan manfaat sebenarnya mengapa setiap orang perlu tahu apa itu periodisasi dan mengapa dalam penulisan sejarah memelurkan periodisasi karena berguna bagi anda untuk menjelaskan kepada seseorang ataupun juga menulis hal-hal yang pernah terjadi pada hidup anda dan begitu pula saat seseorang menuliskannya. Melihat dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan periodisasi adalah:



Apa Yang Dimaksud Dengan Periodisasi Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Periodisasi dalam sejarah adalah tingkat perkembangan masa dalam sejarah atau pembabakan masa dalam sejarah yang dapat dibagi atas beberapa babak, zaman, masa, atau periode. Melihat definisi ini sama dengan pembabakan yang ditulis oleh penulis, terdapat pembagian-pembagian yang dilakukan agar dapat mempermudah bagi kita menjelaskan dan bagi seseorang mengetahui.



Menjelaskan diri anda sudah susah, apalagi menjelaskan peristiwa suatu daerah dengan banyaknya manusia, peristiwa, apalagi mengetahui periodisasi sejarah negara atau dunia dan untuk dijelaskan kepada seseorang. Tentunya sangat susah jika tidak menggunakan periodisasi, namun akan sangat mudah menjelaskan kepada seseorang dengan menggunakan periodisasi sejarah. ‘

Tujuan Periodisasi

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa tujuan Periodisasi adalah

    1. Melakukan penyederhanaan
    2. Memudahkan klasifikasi dalam ilmu sejarah
    3. Mengetahui peristiwa sejarah secara kronologis
    4. Memudahkan pengertian, dan
    5. Memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan.

Contoh Periodisasi

Adapun contoh-contoh periodisasi atau pembabakan sejarah Indonesia berdasarkan pendapat para ahli antara lain sebagai berikut:..

a. Pembabakan berdasarkan Ir. Sukarno dalam bukunya yang berjudul “Indonesia Menggugat” dibedakan atas:

    1. Masa lampau yang jaya
    2. Masa sekarang yang suram
    3. Masa datang yang gemilang

b. Pembabakan Sejarah Indonesia menurut Prof. Mr. M Yamin yang dikenal dengan “Panca Warsa” antara lain:

    1. Prasejarah Indonesia (….0 M)
    2. Protosejarah Indonesia (0-600 M)
    3. Babakan Kebangsaan (Zaman Kolonial (600-1525 M)
    4. Babakan antar Bangsa (Zaman International (1525-1900 M)
    5. Abad Proklamasi (1900-1945 M).

c. Hasil Seminar Sejarah Nasional yang berlangsung di Yogyakarta pada bulan Agustus 1957 membagi sejarah Indonesia ke dalam beberapa babakan antara lain:

    1. Prasejarah
    2. Zaman Kuno
    3. Zaman 1500-1800
    4. Zaman 1800-1900
    5. Zaman 1900-1942
    6. Zaman sesudah 1942

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Periodisasi? Ini Arti & Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *