Apa Yang Dimaksud Dengan Paragraf Deduktif? Ini Pengertian & Contohnya


Pengertian Paragraf Deduktif Adalah – Belajar dapat diartikan sebagai aktivitas mental yang terjadi karena adanya interaksi aktif antara individu dengan lingkungannya yang menghasilkan perubahan-perubahan yang bersifat relatif tetap dalam aspek-aspek yakni kognitif, psikomotor dan afektif. Dalam belajar bisa dilakukan dengan berbagai hal, seperti membaca. Melalui membaca, maka setiap orang mendapatkan informasi terkait dengan apa yang dibacanya.

Setiap orang bisa menggali informasi, mempelajari pengetahuan dan memperkaya pengalaman. Dengan belajar membaca membuat seseorang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan menganalisis sesuatu baik itu yang tertulis maupun yang tersirat. Bahkan ada banyak kosakata dan istilah yang bisa ditemukan, diingat dan diketahui. Sedangkan menurut Tampubolon (2016:11) bahwa dengan membaca maka akan meningkatkan pemahaman seseorang terkait isi bacaan secara keseluruhan.

Itulah mengapa membaca begitu penting dan harus dilakukan oleh setiap orang pada bangku sekolah dasar. Apabila tidak mampu membaca maka akan kesulitan untuk mengetahui informasi dan memahami informasi tersebut. Sebab untuk mengetahui isi dari suatu bacaan terdapat hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam setiap paragraf. Arti paragraf adalah rangkaian kalimat yang terdapat isi pikiran penulis.

Selain itu, bisa juga disebutkan dan dijelaskan bahwa definisi Paragraf adalah karangan yang terdiri dari sejumlah kalimat dengan pikiran utama sebagai pengendaliannya dan pikiran penjelas sebagai pendukungnya atau bisa juga paragraf adalah seperangkat kalimat yang berbicara suatu gagasan atau topik.



Dalam paragraf terkandung satu unit buah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf itu, mulai dari kalimat pengenal, kalimat utama atau kalimat topik, kalimat-kalimat penjelas sampai pada kalimat penutup. Paragraf juga terdiri atas berbagai bentuk bergantung dari cara pandang seseorang, ada yang melalui letak kalimat pokok paragraf, dan ada yang ditinjau dari isi paragraf.



Apa Yang Dimaksud Dengan Paragraf Deduktif? Ini Pengertian & Contohnya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Dengan Paragraf Deduktif? Ini Pengertian & Contohnya (Foto: Artikelsiana.com)

 

Berbicara soal jenis paragraf berdasarkan letak kalimat pokok paragraf diketahui terdiri atas 4 jenis yaitu paragraf induksi, deduktif, campuran dan narasi. Membahas salah satu dari keempat jenis paragraf yakni paragraf deduksi, apasih yang dimaksud dengan paragraf deduktif?.



Pengertian Paragraf Deduktif Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian paragraf Deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Jadi sebenarnya paragraf deduksi ini berbicara soal kalimat utama ada di awal paragraf. Sehingga apabila terdapat pertanyaan tentang mencari contoh paragraf deduksi atau membuat paragraf deduksi, maka hal yang harus diperhatikan adalah meletakkan kalimat utamanya di awal paragraf.

Apabila ditaruh di akhir paragraf, itu bukanlah paragraf deduktif melainkan paragraf induktif. Walaupun terdengar mudah, tapi jangan sampai terkecoh dengan kemudahan mengetahui paragraf deduktif, sebab bisa saja kalimat utama dalam paragraf tersebut ada dua yakni di awal dan di akhir. Apabila hal ini terjadi, maka paragraf itu disebut dengan paragraf campuran.

Pengertian Paragraf Deduktif (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Paragraf Deduktif (Foto: Artikelsiana.com)

 

Perlu diketahui bersama bahwa dalam paragraf deduktif dimana kalimat topik dikembangkan dengan pemaparan ataupun deskripsi sampai bagian-bagian kecil sehingga paragraf deduktif ini mengembangkan sesuatu dengan cara dari umum ke khusus.

Contoh Paragraf Deduktif Adalah?

  1. Meningkatnya kesejahteraan suatu keluarga berkaitan erat dengan besarnya jumlah anggota keluarga yang harus ditanggung oleh pencari nafkah. Keluarga dengan anak banyak, sedangkan pencari nafkah hanyalah sah ayah, tentu akan menimbulkan kesulitan di bidang ekonomi. Dapat disarangkan agar dalam keluarga seperti itu, sang ibu pun ikut bekerja, atau anak-anaknya kuliah sambil bekerja. Paragraf Deduktifnya adalah Meningkatnya kesejahteraan suatu keluarga berkaitan erat dengan besarnya jumlah anggota keluar yang harus ditanggung oleh pencari nafkah
  2. Membudayakan gemar membaca bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan yang menjadi latarbelakang pembudayaan gemar membaca tersebut. Misalnya, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya bukut. Buku masih dianggap kebutuhan nomor sekian. Kenyataan ini terlihat ketika membutuhkan pokok sudah terpenuhi, orang jarang menyisihkan uangnya untuk membeli buku. Sulit sekali menjadikan sebuah buku sebagai kebutuhan utama. Akan tetapi, untuk mendengarkan sebuah kaset atau menonton film, banyak orang tak sungkan mengeluarkan uang. Paragraf Deduktif nya adalah Membudayakan kegemaran membaca bukanlah hal yang mudah.
  3. Cara meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia bisa dilakukan dengan banyak hal mulai dari peningkatan skill dan kemampuan masyarakat dengan menyediakan pelatihan-pelatihan dalam hal ini seperti yang terdapat di BLK (Balai Latihan Kerja). Sebab kesejahteraan itu bisa didapatkan masyarakat apabila dirinya mampu mendapatkan penghasilan melalui kemampuan yang dimilikinya. Sehingga pemerintah pusat harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengajak warganya agar ikut dalam BLK. Jika dirinya mampu beradaptasi dan berkreasi dapat meningkatkan kesejahteraan secara mandiri, ataukah dapat mendaftar pekerjaan sesuai dengan keahliannya. Berdasarkan dari contoh paragraf diatas, maka paragraf deduktif ini adalah cara meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Contoh Paragraf Deduktif (Foto: Artikelsiana.com)
Contoh Paragraf Deduktif (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Paragraf Deduktif? Ini Pengertian. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *