Apa Yang Dimaksud Dengan Muamalah? Ini Pengertiannya


Apa itu Muamalah? – Pembahasan mengenai muamalat memang sebetulnya adalah hal yang biasa dan telah banyak didiskusikan banyak orang, bahkan bukan hanya sejak saat ini tapi sejak dulu. Sebab demikian, karena muamalat adalah tata cara atau peraturan yang bersangkutan dengan urusan dunia atau sangat bersentuhan dengan aktivitas manusia sehari-hari.

Jika manusia tidak mempelajari dan mengetahui tentang muamalat maka manusia tidak dapat bertahan hidup sebab dunia ini tidak lepas dari aktivitas ekonomi, aktivitas jual beli. Sedangkan aktivitas jual beli ini adalah hal yang telah lumrah sejak dulu dan apalagi saat ini, dan bukan hanya pada sistem yang membuat setiap orang harus mengetahui aktivitas jual beli, akan tetapi juga karena manusia adalah makhluk yang harus memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti berbisnis. Dalam bisnis, ada banyak hal yang dilakukan dan bahkan sarat dengan permainan yang apabila pemahaman akan baik atau buruk yang kurang diketahui dan dipahami, maka bisa saja para pebisnis atau pelaku akan terjerat di dalamnya. Salah satu agama yang membahas secara menyeluruh tentang persoalan kehidupan termasuk bisnis yang dalam Islam disebut dengan Muamalah. Apabila demikian lantas apasih yang dimaksud dengan Muamalah?

Pengertian Muamalah Adalah?

Secara etimologi (bahasa), yang dimaksud dengan Muamalah berasal dari kata “amala yu’amilu” yang artinya adalah bertindak, saling berbuat, dan saling mengamalkan. Sedangkan secara terminologi (istilah), arti dari kata Muamalah adalah tukar menukar barang atau sesuatu yang memberi manfaat dengan cara yang ditentukan.



Selain itu, muamalah juga bisa didefinisikan sebagai segala aturan agama yang mengatur hubungan antara sesama manusia dan antara manusia dan alam sekitarnya tanpa memandang adanya perbedaan. Adapun ayat-ayat yang membahas tentang Muamalah dalam Al-Qur’an bisa disimak dalam QS Al-Baqarah ayat 280



وَإِن كَانَ ذُو عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ إِلَىٰ مَيْسَرَةٍ ۚ وَأَن تَصَدَّقُوا۟ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ



Artinya: “Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”

Selain Al-Baqarah, persoalan tentang Muamalah juga disinggung dalam QS Al-an’am Ayat 152 yang berbunyi

وَلَا تَقْرَبُوا۟ مَالَ ٱلْيَتِيمِ إِلَّا بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ حَتَّىٰ يَبْلُغَ أَشُدَّهُۥ ۖ وَأَوْفُوا۟ ٱلْكَيْلَ وَٱلْمِيزَانَ بِٱلْقِسْطِ ۖ
لَا نُكَلِّفُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۖ وَإِذَا قُلْتُمْ فَٱعْدِلُوا۟ وَلَوْ كَانَ ذَا قُرْبَىٰ ۖ وَبِعَهْدِ ٱللَّهِ أَوْفُوا۟ ۚ ذَٰلِكُمْ
وَصَّىٰكُم بِهِۦ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: “Dan janganlah kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, hingga sampai ia dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak memikulkan beban kepada sesorang melainkan sekedar kesanggupannya. Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun ia adalah kerabat(mu), dan penuhilah janji Allah. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat.”

Menurut Fiqh Muamalah yang menurut para ahli bahwa arti muamalah seperti yang disampaikan oleh Ad-Dimyanti adalah aktivitas untuk menghasilkan duniawi menyebabkan keberhasilan masalah ukhrawi. Sedangkan fiqh Muamalah dalam arti sempit adalah aturan Allah yang ditetapkan untuk mengatur hubungan antara manusia dengan cara memperoleh, mengatur, mengelola dan mengembangkan mal (harta benda).

Tujuan Utama Muamalah Adalah?

Tujuan utama dari fikih muamalah adalah mengatur hubungan sesama manusia dan mewujudkan kemaslahatan bagi mereka yang sesuai dengan prinsip syari’ah. Tujuan ini berdasarkan dari perkara yang diatur dalam Muamalat yaitu pertukaran harta, perkawinan, persengketaan, pemberian kepercayaan dan kewarisan.

Menurut Ghufron A. Mas’adi menyampaikan bahwa terdapat pembagian Muamalah yakni pada persoalan pembagian hukum benda yang terbagi atas 3 yakni konsep harta, konsep hak dan konsep kepemilikan. Selain itu juga terbagi atas akad-akad khusus yakni jual beli, penanggungan, obligasi, atm, sewa-menyewa, gadai dan sebagainya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Muamalah? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *