Apa Yang Dimaksud Dengan Majas? Ini Pengertian & Jenisnya


Pengertian Majas Adalah – Majas biasa dianggap sebagai suatu hal yang bersinonim dengan gaya bahasa. Namun pada dasarnya, majas sendiri adalah termasuk dalam gaya bahasa. Sebelum membahas mengenai apa sih itu pengertian majas dan jenis-jenisnya, tahukah anda apa yang dimaksud dengan gaya bahasa? Perlu diketahui bersama bahwa arti gaya bahasa itu sendiri sangatlah luas, namun bukan berarti tidak dapat didefinisikan seperti pendapat dari Leech dan Short (1981). Leech dan Short (1981): mengemukakan bahwa gaya bahasaadalah cara menggunakan bahasa dalam konteks tertentu, oleh orang tertentu, untuk tujuan tertentu.

Secara etimologi, Gaya bahasa dikenal dengan istilah stylelilin. Semakin berkembang, style lalu berubah menjadi kemampuan dan keahlian untuk menulis atau memakai kata-kata secara indah. Salah satu fungsi dari gaya bahasa adalah bahasa kias. Arti bahasa kias adalah teknik pengungkapan bahasa yang maknanya tidak menunjuk secara langsung terhadap objek yang dituju. Salah satu contoh bahasa kias adalah Majas. Berdasarkan dari hal itu, apasih yang dimaksud dengan Majas dan bagaimana contoh dari majas itu sendiri sebagai bahasa kias dan juga sebagai suatu gaya bahasa? Berikut penjelasannya.

Pengertian Majas Adalah? 

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Majas adalah bahasa indah yang digunakan dalam mempercantik susunan kalimat agar memperoleh kesan imajinatif atau menciptakan efek tertentu bagi pembaca dan pendengarnya. Selain dari pada itu, majas juga bisa diartikan sebagai pemanfaatan gaya bahasa dalam memperoleh nuansa tertentu sehingga mampu menciptakan kesan kata-kata yang imajinatif.

Macam-Macam Majas Adalah?

Diketahui bahwa majas terdiri atas empat jenis yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, majas pertautan, dan majas perulangan. Adapun penjelasan macam-macam majas tersebut dengan contohnya adalah:



1. Majas Perbandingan 

Majas pertentangan adalah kata kiasan yang menyatakan perbandingan dalam menciptakan kesan dan pengaruh kepada pembaca dan pendengar. Majas ini terdiri atas 5 macam yaitu:



    1. Perumpamaan atau Asosiasi adalah majas dengan perbandingan d2 hal yang berbeda, tapi dianggap sama yang biasa memakai kata seperti umpama, ibarat, sebagainya, bagai. Contohnya Mukanya pucat bagai mayat, wajahnya terlihat bagai bulan purnama.
    2. Metafora adalah majas berisi ungkapan secara langsung berupa perbandingan analogis. Contohnya adalah jonathan adalah bintang kelas dunia, sampah masyarakat akhirnya ditangkap oleh polisi.
    3. Personifikasi adalah majas membandingkan benda-benda yang tak bernyawa seakan-akan bernyawa atau hidup dengan sifat seperti manusia. Contohnya adalah hujan itu menari-nari diatas genting dan bulan tersenyum kepada bintang.
    4. Alegori adalah penggunaan bahasa yang berisi dengan cara lain dengan kiasan dan penggambaran yang umumnya berbentuk cerita dengan simbol-simbol bermuatan moral. Contohnya adalah iman adalah kemudi dalam mengarungi zaman, suami sebagai nahkoda dan istri sebagai juru mudi,
    5. Simbolik adalah majas berisi kiasan atau melukiskan dengan simbolik atau lambang dalam menyatakan maksudnya Contohnya rumah itu hangus dilalap oleh sijago merah.
Pengertian Majas Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Majas Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

2. Majas Pertentangan

Majas ini adalah majas dengan kata-kata kias yang menyatakan pertentangan yang dimaksud oleh penulis atau pembicara dalam memberikan pengaruh atau kesan kepada pembaca dan pendengar. Majas ini mempunyai 4 macam yaitu:



  1. Hiperbola adalah majas yang berisi kesan yang berlebihan agar lebih berkesan atau meminta perhatian. Contohnya adalah ia terkejut setengah mati saat melihat mayat perempuan itu.
  2. Paradoks adalah majas yang mengandung pertentangan antara pernyataan dengan fakta yang telah ada. Contohnya aku merasa sendirian ditengah kota jakarta yang ramai ini.
  3. Antitesis adalah majas yang memakai pasangan kata yang artinya berlawanan. Contohnya adalah tua muda besar kecil ikut meramaikan pesta kembang api atau Miskin kaya, cantik buruk sama saja di mata tuhan.
  4. Litotes adalah majas yang berisi berlawanan dari kenyataannya yang bertujuan untuk merendahkan diri. Contohnya ialah terimalah kado tidak berharga ini sebagai tanda terima kasihku.

3. Majas Pertautan 

Arti majas ini adalah majas yang berisi kata-kata kias yang bertautan dengan gagasan, ingatan. Adapun jenis majas ini terdiri atas 4 macam yaitu:

    1. Metonimia adalah majas dengan penggunaan nama benda yang lain seperti merek, atribut, atau ciri khas. Contohnya adalah sering menghisap jarum.
    2. Sinekdode adalah penggunaan kata yang sama dengan faktanya yang bertujuan memperjelas. Contohnya adalah lewat gardu belanda dengan berani.
    3. Alusio adalah majas yang memakai kata-kata berkaitan dengan peristiwa umum yang terjadi atau penggunaan kata yang umum dalam menunjukkan maksud. Contohnya adalah sudah dua hari ia tidak terlihat batang hidungnya.
    4. Eufimisme adalah majas yang memakai kata-kata sopan dan halus. Contohnya adalah dimana saja bisa menemukan kamar kecilnya.

4. Majas Perulangan/Penegasan 

Majas perulangan/penegasan adalah kata-kata kias yang menyatakan penegasan untuk meningkatkan kesan dan pengaruh kepada pendengar dan pembaca. Majas ini terdiri atas 5 macam yaitu:

    1. Pleonasme adalah majas dengan penggunaan kata-kata dengan berlebihan untuk menegaskan arti suatu kata. Contohnya adalah saya naik ke tangga ke atas.
    2. Aliterasi adalah kata-kata yang memanfaatkan kata yang permulaannya sama dengan bunyinya. Contohnya adalah Dara damba daku.
    3. Repetisi adalah majas perulangan kata atau kelompok kata yang sama dalam menarik perhatian atau menegaskan. Contohnya adalah tidak setiap penderitaan menjadi luka dan tidak setiap sepi jadi duri.
    4. Paralelisme adalah majas perulangan yang pada umumnya terdapat dalam puisi yang disusun atas baris yang berbeda.
    5. Anataklasis ialah majas yang mengandung pengulangan kata yang sama, dengan makna yang berbeda. Contohnya adalah ayah selalu membawa buah ditangan untuk buah hatinya.

Demikianlah informasi yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Majas? Ini Pengertian & Jenisnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *