Apa Yang Dimaksud Dengan Lingkungan Alam? Ini Arti & Contoh-Contohnya


Bukan rahasia lagi jika kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan alamnya. Sebab apa yang menjadi kebutuhan manusia selama ini itu berasal dari lingkungan sehingga sampai akhir zaman manusia akan selalu berinteraksi dengan lingkungan alam.

Sebab dari sanalah manusia mendapatkan makan, minum dan kesehatan. Jika lingkungan tidak dirawat dengan sebagaimana mestinya maka akibat tersebut akan menjadi bomerang bagi manusia sendiri.

Terlihat saat ini berapa banyak berita yang menginformasikan tentang kekeringan, gagal panen, kebakaran hutan, tanah lonsor, gempa, dan banjir dimana-mana, serta iklim dan cuaca yang kini sulit diprediksi.

Namun beberapa bencana yang didapatkan manusia ternyata masih saja terdapat orang dan bahkan lebih banyak orang yang tak tersadarkan betapa pentingnya lingkungan alam untuk dilestarikan. Mereka masih saja melakukan penambangan liar yang tidak memperhatikan kondisi geografis yang ada yang akhirnya malah merugikan masyarakat setempat.



Semata-mata mendapatkan pundi-pundi uang yang begitu berlimpah dari penjualan mineral, namun dampaknya tidak sebanding dengan korban dan kerugian yang tidak bisa diukur dengan mata uang manapun.



Olehnya itu, jangan tunggu sampai bencana dan malapetaka itu datang menghampiri lantas ingin segera melakukan pencegahan, tetapi cegahlah sekarang juga. Pencegahannyapun tidaklah dengan melakukan hal yang besar tapi bisa dengan hal-hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, menggunakan kantong dari kain, dan tidak merokok.



Selain itu juga bisa dengan mematikan lampu dan berbagai alat elektronik apabila tidak difungsikan sehingga dapat mengurangi penggunaan energi yang berlebihan. Ada banyak upaya yang bisa kita lakukan dalam menjaga lingkungan alam ini tetap lestari dan hijau.

Alasannya sangat sederhana agar generasi selanjutnya dapat menikmati keindahan dan lebih indah dari apa yang kita rasakan saat ini. Tampaknya pada kali ini penulis terlalu jauh dalam membahas mengenai persoalan lingkungan alam, kembali kepada topik utama kita yakni apa yang dimaksud dengan lingkungan alam.

Apa Yang Dimaksud Dengan Lingkungan Alam? Ini Arti & Contoh-Contohnya  (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Dengan Lingkungan Alam? Ini Arti & Contoh-Contohnya (Foto: Artikelsiana.com)

Sebelum itu, yang dimaksud dengan lingkungan itu sendiri adalah keadaan lingkungan sekitar yang diketahui terbagi dua yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Jika demikian, lantas apa yang dimaksud dengan pengertian lingkungan alam itu

Apa Yang Dimaksud Dengan Lingkungan Alam?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Lingkungan alam adalah lingkungan yang tersedia di alam tanpa campur tangan manusia. Menurut New World Encyclopedia, bahwa lingkungan alam itu sendiri terbagi atas 2 unsur yakni unsur biotik dan abiotik yang terbentuk melalui proses alami.

Arti dari unsur biotik itu sendiri adalah unsur yang hidup yang contohnya adalah hewan, tumbuhan, manusia dan mikroorganisme. Sedangkan abiotik adalah sebaliknya yakni tidak hidup yang contohnya adalah air, tanah, udara, angin, dan sinar Matahari. Selain itu diketahui pula ternyata bahwa lingkungan juga terbagi lingkungan darat dan lingkungan air yang terjadi secara alami di alami.

Pengertian Lingkungan Alam (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Lingkungan Alam (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan dari hal itu, maka bisa dikatakan bahwa bendungan, sungai, kolam renang, pedesaan peternakan tidak bisa dikatakan sebagai lingkungan alam.

Alasannya karena berbagai hal tersebut dibuat oleh manusia. Beda halnya dengan danau yang merupakan lingkungan alami yang terbentuk dari kubangan permukaan bumi.

Contoh-Contoh Lingkungan Alam 

Berikut contoh-contoh lingkungan alam yang terdapat di Indonesia:

    1. Sungai Bengawan Solo
    2. Sungai Musi
    3. Danau Toba
    4. Pantai Kuta Bali, Sunga Musi
    5. Kali Code di Yogyakarta
    6. Danau Mininjau Sumatra Barat
    7. Sungai Mahakam
    8. Laut Jawa
    9. Laut Flores
    10. Sungai Kapuas
    11. Laut Natuna
    12. Gunung Merapi
    13. Gunung Bromo
    14. Pegunungan Jayawijaya
    15. Savana di Oro-Oro Ombo Semeru
    16. Padang Pasir Berbisik, Kawasan Gunung Bromo
    17. Gumuk Parangkusumo Padang Pasir Yogyakarta
    18. Bukit Lintang Kalsel
    19. Bukit Teletubis Malang
    20. Bukit Karang Raja Ampat
Contoh-contoh lingkungan alam di Indonesia (Foto: Artikelsiana.com)
Contoh-contoh lingkungan alam di Indonesia (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Lingkungan Alam? Ini Arti & Contoh-Contohnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *