Apa Yang Dimaksud Dengan Limbah Lunak? Ini Pengertiannya


Limbah Lunak Adalah – Ditengah pembangunan yang terus meningkat yang seiring dengan meningkatkan pendapatan manusia adalah sesuatu hal yang memang membanggakan, terlebih lagi dalam kaca mata pemerintah. Siapa diantara kita yang tidak ingin bangsa apabila pendapatan suatu negara atau daerah meningkat.

Apalagi didaerah tersebut terdapat berbagai industri besar yang dapat menyerap tenaga kerja yang banyak dan mendatangkan pendapatan bagi suatu daerah atau negara yang sangat fantastis. Apapun akan dilakukan agar industri itu bisa berjalan baik dan lancar.

Dengan melihat aspek keuntungan yang didapatkan, semua orang bersatu padu bekerja sama dalam mengolkan kebijakan itu melalui regulasi yang dibuatnya. Memang hal ini bukanlah yang tabuh di negeri ini, apalagi di Indonesia. Tidak sedikit, sumber daya alam Indonesia yang berhasil dimanfaatkan oleh para perusahaan-perusahaan untuk mendatangkan keuntungan yang mampu meningkatkan taraf hidup rakyat Indonesia.

Akan tetapi, ditengah pikiran yang terpusat pada keuntungan semata, tampaknya sebagian orang lupa tentang bahaya atau dampak negatif yang terjadi apabila dalam pembangunan dan berjalanannya perusahaan itu hanya melihat sebelah mata tanpa melihat pada aspek lingkungan disekitarnya. Tidak sedikit berita yang ada di televisi dan di media online yang menginformasikan tentang perilaku buruk industri yang tidak menjaga lingkungan disekitarnya.



Mereka hanya beroperasi semata-mata mencari keuntungan lewat hasil bumi tapi tidak menjaga lingkungannya. Apalagi pembuangan-pembuangan sisa-sisa pekerjaannya, itu tidak memiliki saluran sebagaimana dalam perencanaan pembangunan yang dimuat dalam Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).



Sehingga sisa-sisa tersebut mencemari lingkungan dan merusak ekosistem disekitar industri dan terus menjalar ke tempat sekitarnya. Sisa-sisa tersebut dinamakan dengan Limbah. Sejalan dengan hal ini, pada kali ini penulis akan membahas mengenai limbah lunak, seperti apakah limbah lunak itu. Tapi sebelum itu, tahukah anda apa yang dimaksud dengan Limbah?



Apa itu Limbah?

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Limbah adalah sisa produksi baik dari alam maupun hasil dari kegiatan manusia. Limbah adalah bahan buangan tidak terpakai yang berdampak negatif terhadap masyarakat jika tidak dikelola dengan baik. Apabila pembuangan terus dilakukan maka akan terjadi penumpukan sampah dan timbulnya penyakit.

Limbah adalah sisa dari suatu usaha maupun kegiatan yang mengandung bahan berbahaya atau beracun yang karena sifat, konsentrasi, dan jumlahnya, baik yang secara langsung maupun tidak langsung dapat membahayakan lingkungan, kesehatan, kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

Bahan yang biasa ditemukan dalam limbah adalah senyawa yang bisa terbiodegradasi, senyawa organik yang mudah menguap, senyawa organik yang sulit terurai (Rekalsitran), logam berat yang toksik, padatan tersuspensi, nutrien, mikrobia pathogen, dan parasit.

Menurut Abdurrahman (2006), berdasarkan wujud limbah yang dihasilkan, limbah terbagi 3 yaitu limbah padat, limbah cair, dan limbah gas. Sedangkan apabila berbicara soal jenis limbah berdasarkan sumbernya terbagi atas 3 yaitu limbah pabrik, limbah rumah tangga dan limbah industri. Selain itu, limbah juga terbagi atas dua yaitu limbah lunak dan limbah keras. Sejalan dengan pembahasan kali ini, apasih yang dimaksud dengan Limbah Lunak?

Pengertian Limbah Lunak Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Limbah Lunak adalah sisa produksi dari alam maupun hasil kegiatan manusia yang terdiri atas kandungan bahan yang lentur dan mudah di bentuk atau di olah secara sederhana.

Jenis-jenis atau contoh limbah lunak adalah limbah plastik, limbah kemasan atau minuman dan limbah kain perca. Biasanya limbah lunak diolah menjadi kerajinan sebab kemudahan dalam prinsip pengolahan limbah lunak yang sangat mudah yaitu Reduce, Reuse, Recycle.

Limbah Lunak Anorganik dan Organik Adalah 

Selain itu perlu diketahui bersama bahwa limbah lunak terbagi atas dua yaitu limbah lunak organik dan limbah lunak anorganik. Adapun yang dimaksud dengan penjelasan limbah lunak organik dan anorganik adalah:

    1. Limbah lunak organik adalah sisa produksi dari alam maupun hasil kegiatan manusia terdiri dari bahan yang mengandung air, dan berasal dari tumbuh-tumbuhan. Limbah lunak organik sering digunakan dalam membuat kerajinan. contohnya kulit kacang, daun-daunan, bunga dan lainnya.
    2. Limbah lunak anorganik adalah sisa produksi dari alam maupun kegiatan manusia yang sulit terurai, berasal dari bahan olahan dengan campuran zat kimia yang biasa berasal dari industri, pertambangan, dan limbah domestik.

Tahapan Pengolahan Adalah? 

Selain itu untuk tahapan dalam pengolahan limbah lunak terbagi atas 6 yaitu:

    1. Pemilihan Bahan limbah lunak
    2. Pembersihan limbah lunak
    3. Pengeringan
    4. Pewarnaan bahan limbah lunak
    5. Pengeringan setelah pewarnaan
    6. Penghalusan bahan agar siap dipakai.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Limbah Lunak? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *