Apa Yang Dimaksud Dengan Interval Nada Adalah? Ini Jawabannya


Tidak sedikit orang yang gemar dalam bernyanyi. Mungkin saja, anda yang membaca artikel ini adalah salah satunya. Ditempat manapun itu, bernyanyi bisa dilakukan, bisa di mobil, di rumah atau bahkan di kamar mandi sekalipun.

Hal itu karena bernyanyi adalah hal yang menyenangkan yang dapat membangkitkan semangat seseorang tak peduli seperti apa dengan suara kita mau itu suara yang bagus hingga yang terjelek sekalipun. Sebab bernyanyi adalah cara seseorang untuk menyampaikan perasaan.

Namun bernyanyi tanpa ada musik tidaklah seenakk ketika diiringi dengan musik. Selain itu musik juga penanda tentang hasil budaya yang bersingungan erat dengan kehidupan sosial masyarakat. Musik berisi bunyi dalam bentuk lagu yang mampu mengungkapkan pikiran dan perasaan pencipta lewat irama, bentuk, melodi, harmoni dan struktur lagu.

Tetapi menurut pendapat para ahli dalam hal ini Daclrose bahwa musik menyampaikan soal rasa, bukan tentang otak. Dengan mendengarkan alunan musik setiap orang bisa menghayati seperti apa tangga nada, interval dan akornya. Sejalan dengan hal itu, pada penjelasan dibawah ini penulis akan menjelaskan soal salah satu ketiga hal tersebut yakni interval nada.


Apa Yang Dimaksud Dengan Interval Nada?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Interval nada adalah jarak antara nada yang satu ke nada yang lain yang diukur melalui tinggi rendahnya. Tangga nada adalah sebuah bentuk dari susunan nada-nada yang terpusat pada satu nada dasar.

Di dalam tangga nada ada lagi bentuk kecil yang menyusun tangga nada tersebut, yaitu hubungan antar masing-masing not secara individu yang membentuk melodi dan harmoni.

Selain itu interval nada (musik) adalah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah.

Interval nada ada yang bernilai 1 dan ada pula yang bernilai setengah. Untuk interval nada mayor memiliki interval 1- 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2 ini berlaku apabila masih normal menggunakan nada do = C yaitu urutan Nadanya C – D – E – F – G – A – B – C.

Interval mempunyai beberapa nama dalam hal ini adalah

    • Prim adalah interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do.
    • Sekon adalah interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re.
    • Terts adalah interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi.
    • Quart/Kuart adalah interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.
    • Quin/Kuint adalah interval lima nada.
    • Sekt adalah interval enam nada.
    • Septim adalah interval tujuh nada.
    • Oktaf adalah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke nada do tinggi, sol bawah ke sol tinggi, dsb.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Interval Nada Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *