Apa Yang Dimaksud Dengan Hikayat? Ini Pengertiannya


Pengertian Hikayat Adalah – Aktivitas dalam membaca karya sastra tidaklah sama dengan kegiatan pembaca teks pada umumnya atau nonsastra. Sebab ada banyak perbedaan yang khas antara sastra dan nonsastra. Berbicara soal membaca sastra, apalagi sastra lama dibutuhkan penguasaan kosa kata yang bukan main banyaknya. Semua orang yang membaca sastra dan pasti apalagi yang baru memulai, pasti akan banyak merenung dan mengartikan satu persatu arti dari kata yang termuat dalam karya sastra. Alasannya, karena dalam karya sastra ada banyak kata.

Membaca sastra, khususnya sastra lama dibutuhkan penguasaan kosa kata yang lebih karena masih banyak memakai kata Arkais (klise). Berbicara soal karya sastra lama terdapat beberapa jenis seperti dalam Buku “Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik” yang ditulis oleh Liaw Yock Fang ialah cerita rakyat, epos, hikayat, sastra kitab, cerita berbingkai, undang-undang melayu lama, pantun dan syair.

Salah satu pembahasan yang menarik adalah Hikayat. Hikayat dikatakan sebagai salah satu jenis folklor dalam kesusastraan Indonesia. Hikayat juga disebut sebagai prosa fiksi lama yang banyak menceritakan tentang istana ataukah tentang raja-raja. Menceritakannya pun biasa terdapat suatu kejadian yang sakti dan ajaib.

Tapi apabila mengutip dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bahwa arti hikayat adalah karya sastra melayu lama berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografi, atau gabungan sifat-sifat dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat jiwa, atau sekedar untuk meramaikan pesta, contohnya adalah hikayat Hangtuah dan hikayat seribu satu malam.



Tidak hanya seputar raja-raja, tapi juga menceritakan tentang kisah kepahlawanan seseorang serta mukjizat sang tokoh utama yang terdapat didalamnya. Dengan begitu kompleksnya pembahasan hikayat, maka hikayat terbagi atas 3 jenis yaitu hikayat rekaan, hikayat sejarah dan hikayat biografi.



Apa Yang Dimaksud Dengan Hikayat? Ini Pengertiannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Dengan Hikayat? Ini Pengertiannya (Foto: Artikelsiana.com)

Selain dari pada jenis hikayat yang terbagi 3, juga terdapat unsur hikayat yang terbagi atas 2 yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik hikayat adalah Tema, Latar, Penokohan, Pengaluran, Sudut pandang pengarang. Sedangkan unsur ekstrinsiknya adalah nilai-nilai dalam teks hikayat yaitu moral pendidikan, moral budaya, moral agama, dan moral sosial. Namun terlepas dari unsur tersebut, terdapat 4 struktur hikayat yang menjadi dasar untuk membuat hikayat yaitu motif, penokohan, Latar dan sudut tinjauan.



Pengertian Hikayat Adalah?

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Pengertian Hikayat adalah karya sastra prosa yang menceritakan tentang keanehan, kesaktian, mukjiat, historis, biografi yang bersifat hiburan dan dapat membangkitkan semangat.

Sedangkan mengutip dalam The Encyclopedia of Islam dinyatakan Gibb et all (1965) yang mana arti hikayat adalah:

Hikayat is regarded here as referring in classical Persian literature tothe short prose story which cannot be said to form a true literary genre in Persian tradition, since hikayat are inserted in many other types of literary composition (history, mystic, writing’s, satire, ect. ) in addition to the collection of hikayat properly so called.

Pengertian Hikayat Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Hikayat Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Ciri-Ciri Hikayat Adalah?

Dalam mengetahui perbedaan hikayat dengan karya sastra lama lainnya, dapat mengacu pada ciri-ciri hikayat itu sendiri yaitu:

    1. Bercerita tokoh raja dan keluarganya (istana sentris).
    2. Bersifat pralogis atau punya logika tersendiri jadi kadang berbeda dengan pandangan orang.
    3. Sering memaki kata arkais (klise) contohnya empunya, hatta, sahibul hikayat, konon dll.
    4. Identitis pengarang terkadang tidak disebutkan.
    5. Kebanyakan bercerita petualangan dan akhir kisah yang baik serta cenderung monoton.
    6. Penokohan bersifat hitam putih atau kepribadian tokoh tidak berubah-ubah seperti tokoh baik akan selalu baik dan sebaliknya.
Ciri-Ciri Hikayat Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Ciri-Ciri Hikayat Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan Hikayat? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *