Apa Yang Dimaksud dengan Ekonomi Mikro? Ini Pengertian & Penjelasannya


Ekonomi Mikro – Sebagai studi tentang bagaimana pemilihan pemakaian sumber daya produktif langka yang punya beberapa alternatif pemakaian, agar adanya hasil seperti jenis komoditi, dan distribusi kepada kelompok.

Diberbagai alasan, ada ilmu ekonomi yang dipelajari untuk memahami seluruh apa yang dihadapi oleh masyarakat dan rumah tangga. Selain itu untuk membantu pemerintah dalam menunjang pertumbuhan dan memperbaiki kualitas hidup. Selain itu, dengan ilmu ekonomi juga membantu pemerintah dalam mneghindari depresi dan inflasi, untuk menganalis pola perilaku masyarakat.

Maka dari itu, setiap pertanyaan ekonomi terlibat dalam seluruh kehidupan sehari-hari atau bahkan masalah nasional. Itulah sehingga mengapa ilmu ekonomi sangat penting untuk dipelajari oleh setiap manusia.

Pada dasarnya, terdapat garis besar dalam menjelaskan ilmu ekonomi. Dua pembagian ilmu ekonomi itu adalah ada yang menjelaskan mengenai masalah tentang rumah tangga dan sumber produksi yang pada hal ini disebut ekonomi mikro.

Sedangkan untuk ilmu ekonomi yang bagian kedua yang membahas mengenai masalah yang lebih luas yang disebut dengan ilmu ekonomi makro. Pada pembahasan kali ini, penulis mengangkat tema yang berjudul “Apa Yang Dimaksud Dengan Ekonomi Mikro?”. Maka dari itu, pada informasi selanjutnya, penulis hanya lebih banyak menjelaskan mengenai ekonomi mikro. Apa sih itu pengertian Ekonomi Mikro?

Pengertian Ekonomi Mikro Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian ekonomi makro adalah ekonomi yang secara khusus mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan dan penentuan harga pasar dan jumlah input, barang dan jasa yang diperdagangkan. Secara sederhana, Ilmu ekonomi mikro mempelajari aksi-aksi ekonomi dari individu-individu dan kelompok-kelompok individu.

Ilmu yang biasa juga ditulis dengan mikroekonomi ini membahas perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan.

Pada dasarnya terdapat ada hal yang dapat mengindentifikasi tentang ruang lingkup tentang ekonomi mikro yang kebanyakan meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku.

Demikian ini berkenaan dengan mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga, dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.

Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimal, bersama-sama individu lainnya di pasar, akan membentuk adanya keseimbangan dalam skala makro, dengan kata lain bisa diasumsikan bahwa semua hal lain tetap sama (ceteris paribus). Fungsi ekonomi mikro adalah mempelajari kebiasaan individu untuk membuat keputusan sebagai pelanggan pemilik modal dan perusahaan.

Perlu diketahui bersama bahwa ekonomi mikro memusatkan perhatiannya dalam bagaimana itu unit-unik ekonomi berinteraksi dengan unit ekonomi yang lebih besar contohnya saja pasar dan industri.

Maka dari itu dapat dikatakan bahwa dengan adanya ekonomi mikro menolong untuk memahami mengenai contohnya mengapa industri mobil di Indonesia mengembangkan perusahaan dan industri, seperti yang telah dilakukan selama ini, dan bagaimana konsumen dan produser mobil berinteraksi di pasaruntuk membeli dan menjual mobil.

Dalam penjelasan diatas, mikroekonomi membahas mengenai bagaimana harga mobil terjadi, mengapa dan berapa besar perusahaan produser mobil menginvestasikan dana untuk pabrik baru, dan berapa banyak mobil diproduksi setiap tahun.

Ilustrasi Gambar: Pengertian Ekonomi Makro dan Mikro Serta Pebedaannya
Ilustrasi Gambar: Pengertian Ekonomi Makro dan Mikro Serta Pebedaannya

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro Adalah?

Walaupun disebut dengan membahas tentang masalah unit kecil, akan tetapi membahas ekonomi memiliki ruang lingkup yang luas. Adapun ruang lingkup ekonomi mikro terdapat 10 point yaitu

  1. Teori perilaku konsumen
  2. Pasar monopoli
  3. Pasar oligopoli
  4. Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar
  5. Elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran
  6. Persaingan monopolistik pasar
  7. Permintaan input
  8. Mekanisme harga dan distribusi pendapatan
  9. Teori produksi, biaya produksi, pendapatan produsen, dan keuntungan
  10. Pasar persaingan sempurna

Demikianlah informasi mengenai pertanyaan yang berjudul Apa Yang Dimaksud dengan Ekonomi Mikro? Ini Pengertian & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *