Apa Yang Dimaksud Dengan BUMS? Ini Pengertiannya


Pengertian BUMS Adalah – Diketahui badan yang bergerak dalam bidang perekonomian di Indonesia terbagi atas dua yaitu ada yang dikenal dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan ada juga yang dikenal dengan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS).

Kedua lembaga ini mempunyai perannya masing-masing yang berfungsi untuk meningkatkan perekonomian suatu daerah, wilayah dan negara. Sebab perlu diketahui bersama bahwa negara tidak mampu sepenuhnya untuk mengurus dan membangun perekonomian Indonesia, bahkan jika ditopang oleh BUMN sekuat apapun itu.

Maka dari itu, negara membutuhkan lembaga BUMS yang mampu bergerak secara bebas dan lebih agresif dibandingkan BUMN dalam mendukung pemerintah Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya. Pemerintah harus bekerja sama dengan pihak swasta untuk menjalin kesepakatan dengan perusahaan lainnya apalagi yang berada di luar negeri. Selain itu, BUMS juga bisa membantu pemerintah dalam kegiatan produksi barang dan jasa serta distribusi yang tidak bisa dilakukan pemerintah.

Disamping itu dengan adanya BUMS yang diatur dalam UUD 1945 pasal 33, maka kehadiran swasta sangatlah baik karena dapat berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran Indonesia. Dengan kehadiran BUMS maka lapangan kerja akan semakin banyak dan daya serap tenaga kerja pun juga demikian.



Permasalahan bertambahnya pengangguran ini adalah masalah yang tak bisa diselesaikan sendiri oleh pemerintah, selain karena faktor pertumbuhan juga karena lapangan kerja serta sumber daya manusia yang kurangnya tenaga ahli. Namun melalui BUMS, hal itu disulap dengan menggelar program-program magang dan pelatihan yang mampu meningkatkan keahlian dan keterampilan.



Bukan hanya penulis sendiri yang menyampaikan tentang keberhasilan BUMS dalam pengelolaan terhadap sumber daya yang dimiliki, semua orang pasti menyadari hal itu. Dimana dalam BUMS atau perusahaan swasta, memang mendidik tak kenal ampun bahkan bekerja keras untuk mendapatkan keuntungan untuk mengejar target yang sebesar-besarnya.



Dengan daya serap tenaga kerja yang banyak membuat BUMS ini adalah badan yang mempunyai hierarki dan fungsional yang ketat untuk mengawasi jalannya perusahaan. Lantas demikian, dapatkah kamu menyebutkan dan menuliskan tentang apa yang dimaksud dengan BUMS itu?.

Pengertian BUMS Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) adalah badan usaha yang modalnya melalui swasta dan berorientasi dalam mengejar laba. Tujuan utama BUMS adalah untuk mencari keuntungan seoptimal mungkin dalam mengembangkan usaha dan modalnya serta membuka lapangan kerja. Dalam pendirian BUMS melalui Pasal 33 UUD 1945 sebagaimana yang telah dipaparkan diatas.

Sebagai aturan pendirian BUMS pasal 33 UUD 1945 ini berbunyi “bidang-bidang usaha yang diberikan kepada pihak swasta adalah mengelola sumber daya ekonomi yang bersifat tidak vital dan strategis atau yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak.” Perlu diketahui bersama bahwa BUMS terbagi atas dua jenis yaitu badan usaha swasta dalam negeri dan badan usaha swasta asing.

Yang dimaksud dengan badan usaha swasta dalam negeri adalah badan usaha yang modalnya dimiliki oleh pihak masyarakat dalam negeri. Sedangkan definisi badan usaha swasta asing adalah badan usaha yang modalnya miliki oleh pihak masyarakat asing. Dari dua jenis tersebut, setidaknya BUMS bergerak dalam 4 bentuk yaitu perusahaan perseorangan (PO), Firma (FA), Persekutuan Komanditer (CV), dan Perseroaan Terbatas (PT).

Ciri-Ciri Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Dalam mengetahui bahwa perusahaan tersebut adalah swasta atau tidak, bisa dengan melihat ciri-ciri atau karakteristik BUMS. Adapun ciri-ciri badan usaha milik swasta (BUMS) adalah?

    1. Mencari keuntungan yang sebesar-besarnya.
    2. Memiliki akta perizinan pembangunan dari seorang notaris, memiliki SKDP, SIUP, dan TDP.
    3. Seluruh modalnya bersumber dari pihak swasta.
    4. Pembagian keuntungan berdasarkan saham terbesar dalam perusahaan.
    5. Para anggota memiliki hak suara sesuai dengan jumlah modal/saham.\
    6. Dapat menjual saham melalui bursa efek.
    7. Modalnya dapat diperoleh dari lembaga keuangan, baik itu bank walaupun non bank.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Dengan BUMS? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *