Apa Yang Dimaksud Cloud Storage? Ini Pengertian & Penjelasan Cloud Storage Itu


Cloud Storage – Cloud Storage merupakan metafora dari internet, yang tidak jauh beda dengan media penyimpangan yang biasa terdapat dalam komputer.

Dengan adanya Cloud Storage sehingga dapat membantu bagi setiap orang untuk mengatasi banyaknya data yang ada di penyimpangan. Sebab bukan lagi jamannya saat ini, jika harus membeli perangkat baru ditengah ukuran data yang terus meningkat.

Selain itu, dengan adanya Cloud Storage maka dapat membantu kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses data yang dimiliki kapan saja dan dimanapun itu, tanpa adanya batasan.

Dalam bahasa baku, Cloud Storage dikenal dengan komputasi awan. Apasih itu yang dimaksud dengan Komputasi Awam atau Cloud Storage?. Secara umum pengertian Cloud Storage adalah layanan penyimpanan data online yang terintegrasi dan tersinkronisasi lewat internet dan diakses ke platform seperti OSX, iOS, Windows, Windows Mobile, Android, Linux, Blackberry, Symbian dan lain-lain).

Ada banyak keuntungan atau manfaat yang bisa dirasakan dalam menggunakan Cloud storage dibandingkan dengan apa yang menjadi keuntungan dalam penyimpangan data secara tradisional. Hal yang pertama bisa diakses kapan dan dimanapun. 

Selain itu, perlu diketahui bahwa Cloud Storage dapat dengan mudah diintegrasikan ke berbagai perangkat. Manfaat ini sangat memudahkan setiap orang, karena kemudahan pengaksesan yang bahkan kini bisa di buka di perangkat mobile (smartphone), tablet hingga komputer.

Tidak hanya itu saja, fitur unggulan yang dimiliki Cloud Storage. Dengan memakai Cloud Storage, setiap orang dapat dengan mudah dalam membagikan file yang dimilikinya kepada pihak lain karena dalam Cloud Storage ada yang dikenal dengan “file sharing”. 

Melalui fitur ini, memberikan keuntungan karena memudahkan setiap orang dalam berkolaborasi dalam pertukaran salinan file yang baik, bisa itu dilakukan secara online dan juga offline. Walau, file tersebut dapat dengan mudah dibagikan oleh setiap orang yang membutuhkan, namun jangan salah sangka jika akan mudah untuk disusupi.

Sebab yang perlu diketahui bersama Cloud Storage memiliki spesifikasi yang tidak main-main dalam keamanan yang dimiliki. Dengan menyimpan data di Cloud Storage maka bahaya dari virus dan hacker sangatlah sulit ditembus. Sebab terdapat  sistem private cloud didalamnya.

Private cloud merupakan sebuah mekanisme penyediaan resource IT secara menyeluruh, tapi bisa dideploy secara terpisah dari publiccloud dan hanya bisa diakses melalui jaringan private, sehingga mempunyai tingkat keamanan yang lebih terjamin. Model ini cocok untuk perusahaan dengan skala enterprise yang sangat memperhatikan privasi dan keamanan data.

Macam-Macam Cloud Storage Adalah?

Dengan adanya Cloud Storage, maka pengguna tidak lagi membawa media penyimpanan yang merepotkan, cukup dengan menyimpan di Cloud Storage, semua file yang dimiliki akan aman dan dapat diakses dengan mudah. Saat ini, trend media penyimpanan Cloud Storage sedang naik, dan bahkan ada banyak Cloud Storage yang bermunculan. Adapun Cloud Storage yang banyak digunakan dan terkenal adalah:

1. Dropbox

Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc dengan sistem berjaringan dan bisa sinkronisasi data. Diketahui Cloud Storage ini berdiri pada tahun 2007 oleh lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Drew Houston dan Arash Ferdowsi dengan modal awal yang didapat dari Y Combinator.

2. Google Drive

Selain itu, yang paling terkenal saat ini adalah Google Drive yang menyediakan penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Cloude Storage milik google ini diluncurkan pada pada 24 April 2012 yang berawal dari Google Docs.

Fitur menarik dalam Google Drive ialah terdapat folder khusus yang dikenal Desktop Sync Clients. Hingga kini GDrive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga.

Apa Yang Dimaksud Cloud Storage? Ini Pengertian & Penjelasan Cloud Storage Itu (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Cloud Storage? Ini Pengertian & Penjelasan Cloud Storage Itu (Foto: Artikelsiana.com)

3. One Drive

Awalnya OneDrive adalah terdiri atas berbagai nama. Cloud Storage ini adalah layanan komputasi awan serupa dengan Dropbox dan Google Drive yang bisa diunggah dan disinkronisasikan. Layanan ini dibuat oleh Microsoft, walau dibuat oleh Microsoft, namun untuk membagikan berkas yang dimiliki untuk umum, tidak butuh akun microsoft untuk mengaksesnya.

4. OwnCloud

Sebagai perusahaan dengan proyeknya yaitu ownCloud project yang berbagi berkas gratis dan bebas dengan keamanan, dan tata cara file sharing yang baik. Selain itu Cloud Storage ini bisa terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.

Demikianlah informasi mengenai Apa Yang Dimaksud Cloud Storage? Ini Pengertian & Penjelasan Cloud Storage Itu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *