Apa Yang Dimaksud Cache? Ini Pengertiannya


Pengertian Cache – Cache merupakan proses yang dipakai oleh browser dan aplikasi untuk menyimpan informasi. Setiap orang pasti pernah menghapus history yang ada di browser. Pasti saat melakukan langkah-langkah tersebut, terdapat kata yang bertuliskan “Bersihkan Cache“. Pertanyaannya kemudian untuk apa sih seseorang menghapus cache dan apa kegunaan cache dan menghapusnya atau sebelum itu, apasih yang dimaksud dengan pengertian cache itu?.

Sebenarnya memahami seperti apa itu Cache tidaklah sulit, sebab Cache sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan apa yang ada di kehidupan nyata seperti saat seseorang melakukan perjalanan. Saat seseorang melakukan perjalanan ke tempat yang baru, maka otak akan menyimpan hal-hal tersebut. Namun pada suatu ketika, seseorang ingin kembali lagi maka seseorang akan memakai ingatan itu kembali untuk menyelusuri perjalanannya.

Begitupula dengan Cache yang bisa dikatakan sebagai proses penyimpanan data sementara sehingga situs, browser, atau aplikasi tidak perlu lagi untuk mengunduh data secara berulang kali. Hal pasti membuat perjalanan setiap orang akan terasa singkat dan begitu juga pada saat berselancar dalam dunia maya yang dengan adanya Cache membantu dalam kecepatan akses yang lebih efisien. Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Cache adalah?

Pengertian Cache Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Cache adalah memory berukuran kecil yang sifatnya temporary (sementara) yang menyimpan data sementara sehingga situs, browser, atau aplikasi tidak perlu mengunduh data tersebut berulang kali.



Walaupun ukuran filenya sangat kecil, namun kecepatannya sangat tinggi. Dalam terminologi hardware, istilah ini merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya mempunyai kecepatan yang bisa dikatakan jauh lebih rendah.



Cache adalah proses penyimpanan sementara data atau halaman HTML dan gambar sebuah website untuk mengurangi pemakaian bandwidth dan loading server. Bisa dikatakan bahwa cache adalah teknologi yang hadir untuk membuat website tampil lebih cepat. Tentu ada yang mengatakan bahwa Cache mirip dengan cookies. Sebab Cookies hanya berfungsi untuk merekam jejak dan aktivitas pengguna ketika berselancar di internet.



Hal ini sangat membantu dari kuota data yang tidak banyak membebani, selain itu juga pada browser atau mesin pencari serta laptop, komputer atau gadget yang tidak membutuhkan kerja yang begitu berat. Perlu diketahui bersama bahwa Cache terdiri atas 2 macam yaitu client side caching dan server side caching.

Yang dimaksud dengan Client side caching adalah proses caching yang terjadi di browser pengguna internet. Proses caching ini bisa dikelola oleh pengguna melalui pengaturan di browser. Sedangkan yang dimaksud dengan server side caching adalah proses caching yang terjadi di server dan website.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa terdapat 2 kategori cache, yaitu client side caching dan server side caching. Setiap kategori caching mempunyai jenis-jenis cache tersendiri. Untuk client side caching, terdapat satu jenis cache, yaitu browser cache. Untuk server side caching terdapat enam jenis cache, yaitu:

    1. Server cache,
    2. Page cache,
    3. Object cache,
    4. Opcode cache,
    5. CDN cache,
    6. DNS cache.

Caching membantu membuat aplikasi lebih cepat dan lebih efisien karena data disimpan secara lokal. Pada browser, data cache adalah informasi yang akan membuat situs web memuat lebih cepat karena mereka bisa mengakses data lebih cepat dari folder lokal. Contohnya gambar di beranda atau situs blog, bisa berukuran relatif besar, sehingga men-cache elemen-elemen in hanya perlu diunduh satu kali.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Cache? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi Teman-Teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *