Apa Tujuan Menghias Karya Seni Rupa Tiga Dimensi? Ini Jawabannya


Berkarya dengan seni rupa baik itu yang 2 dimensi atau 3 dimensi mempunyai keunikan dan kreatifitas tersendiri. Keunikan dari karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi ditambah dengan hiasan menunjukkan bahwa Indonesia tidak kekurangan dan mempunyai keberagaman sumber daya alam dan manusia yang terampil dan kreatif dalam berimajinasi dan menciptakan suatu karya yang indah dan cantik.

Berbicara soal karya seni rupa tiga dimensi perlu diketahui bersama bahwa seni ini terwujud dari banyak bahan dan media yang dipakai dalam perwujudan karya seni. Olehnya itu, mengapa harus mempunyai karakteristik yang unik yang terdiri atas bahan masing-masing dan medium yang dibutuhkan dalam pembuatan. Sehingga karya tersebut tampak segi visual dari wujud karya itu.

Sebelum berbicara jauh soal karya seni rupa 3 dimensi tahukah anda apa yang dimaksud dengan karya seni rupa 3 dimensi itu? karya seni rupa tiga dimensi adalah seni yang mempunyai ruang, ukuran panjang, lebar, dan volume. Selain itu, pada karya ini penempatannya berdiri lepas, sehingga tidak bergantung pada sesuatu hal seperti dinding dasarnya. Contohnya patung, seni bangunan, (arsitektur) dan seni terapan misalnya perabotan rumah tangga seperti guci, keramik, dan lainnya.

Umumnya, karya seni rupa 3 dimensi terdiri atas tiga unsur yaitu panjang, lebar, dan tinggi dengan ruang, volume atau isi yang dapat dilihat banyak arah pandang. Selain itu, berkarya mengenai seni rupa 3 dimensi tidaklah jauh beda dengan karya seni rupa 2 dimensi karena dimulai dengan mencari ide dan mengembangkan gagasan atau model yang dibuat.



Ide atau gagasan dapat dimunculkan dari mana saja, dapat melalui pengamatan, kejadian, masalah, hasil olah pikir, wawasan kita, apa yang kita baca, kita lihat, kita dengar, dan lain sebagainya. Setelah ide atau gagasan tersebut sudah ada, selanjutnya diolah menjadi konsep karya yang mendalam yang dilanjutkan rancangan berupa sketsa, merencanakan dan memilih medium, bahan, alat dan teknik yang dipaki dalam proses berkarya sebagai konsep seni rupa.



Selain itu, karya ini tidak lepas dari unsur seni rupa seperti warna, garis, bidang dan juga bentuk. Unsur ini juga dipakai memperindah bentuk dan mengandung makna simbol. Proses pembuatan karya seni rupa baik dua dimensi maupun tiga dimensi yang paling sederhana sekalipun sudah tentu punya proses dan tahapan berbeda-beda.



Tahapan dalam berkarya seni rupa, sesuai dengan karakteristik bahan, teknik dan media. Jika berbicara soal sudut nilai fungsi karya seni tiga dimensi terdapat 2 bagian yaitu seni murni dan seni terapan. Contoh seni rupa murni adalah monumen, patung, sedangkan contoh karya seni terapan adalah lampu hias, kotak tisu, kursi rotan, dan lainnya.

Apalagi dalam sebuah karya seni rupa tiga dimensi diatas dipercantik dengan diberikan hiasan yang unik dan menarik untuk membuat daya tarik yang lebih. Selain berfungsi dan bertujuan dalam hal estetika, juga akan membuat karya seni tiga dimensi tersebut mempunyai nilai yang begitu mendalam dan apalagi jika menyangkut persoalan ekonomi.

Tentu saja, karya seni rupa tiga dimensi yang telah dihias akan mempunyai nilai yang besar dibandingkan dengan yang biasa-biasa saja. Sejalan dengan persoalan menghias karya seni rupa tiga dimensi, dibawah ini menjawab mengenai apa tujuan menghias karya seni rupa tiga dimensi:

Apa Tujuan Menghias Karya Seni Rupa Tiga Dimensi?

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa adapun tujuan dari pada menghias karya seni rupa tiga dimensi adalah:

Tujuan menghias karya seni rupa tiga dimensi adalah untuk menambah nilai estetika, nilai budaya dan nilai ekonomis didalam karya tersebut. Dengan menghiasnya, maka karya seni tiga dimensi tersebut akan semakin indah dan cantik. Lalu menambah nilai budaya karena diberi sentuhan khas dari daerah setempat seperti hiasan batik suatu daerah. Sedangkan bernilai ekonomi karena menghias karya seni rupa 3 dimensi akan menaikkan harga dibandingkan yang biasa-biasa saja. 

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Tujuan Menghias Karya Seni Rupa Tiga Dimensi? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *