Apa Tujuan Dibentuknya Organisasi PETA? Begini Tujuan & Sejarahnya


Tujuan Organisasi PETA – Saat Indonesia dikuasai Jepang pada 1942-1945, terdapat tentara yang dikenal Pembela Tanah Air (PETA). Organisasi yang berdiri/terbentuk ini, memiliki peran dan tujuan penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

Tujuan berdirinya PETA yang walaupun tidaklah semata-mata untuk Indonesia, akan tetapi, cikal bakal terbentuknya organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga berasal dari PETA.

Dalam sejarahnya, PETA pertama kali dibentuk pada tahun 1943 yang tujuan utamanya adalah untuk menghadapi perang Asia Timur Raya dari serangan blok sekutu. Melihat perang yang semakin membesar, maka Jepang mengambil tindakan untuk mendapatkan bantuan dengan usaha timbal balik dari pimpinan nasionalis dan Islam.

Hal itulah sehingga mengapa pembentukan PETA. Berdirinya PETA juga diawali dari orang Indonesia bernama R Gatot Mangkupraja. Ia merupakan seorang pimpinan nasionalis. Menurut informasi yang dihimpun, kalau PETA terbentuk setelah terdapat peraturan yang dikeluarkan oleh Jepang bernama Osamu Seirei.

Dengan tujuan berdirinya organisasi PETA, ada banyak dari kalangan pemuda dan pelajar yang ikut bergabung dalam mensukseskan tujuan terbentuknya organisasi PETA itu. Walaupun dalam benak pemuda dan pelajar saat itu kalau tujuan dibentuknya PETA untuk membantu kemerdekaan Indonesia.

Dengan berdirinya organisasi PETA, banyak pelatihan resmi yang diadakan tentara Jepang untuk melatih semangat dan dengan tujuan untuk memerdekakan Bangsa Indonesia. Padahal tujuan itu bisa dikata tidaklah sesuai, karena walaupun diisi oleh orang-orang Indonesia, akan tetapi organisasi PETA berada dibawa komando langsung Panglima Tentara Jepang.

Disisi lain, dalam pelatihan itu, Jepang mengatakan kepada anggota PETA kalau pelatihan diberikan untuk bisa melindungi negaranya sendiri, itulah mengapa dalam berdirinya organisasi PETA ini membuat penyebarannya begitu besar sampai terdapat 66 batalyon yang terbentuk dan berada di Jawa, 3 batalyon di Bali, dan sekitar 20.000 personel di Sumatera untuk mengamankan daerah. Untuk markasnya ada di Bogor, Jawa Barat.

Dalam struktur anggota PETA juga kompleks karena punya tingkatan pasukan, seperti Dainco atau pasukan tertinggi atau Batalyon, Cudanco sebagai pimpinan kompi, dan Shodanco adalah prajurit dari yang pernah SMA, dan Budanco yang pernah SD, serta Giyuhei adalah kelompok anggota PETA yang belum bersekolah.

Dengan adanya PETA ternyata juga membuahkan dampak yang menguntungkan bagi Indonesia sendiri karena ada banyak tokoh Indonesia lulusan peta yang berjasa dalam merencanakan kemerdekaan bangsa Indonesia seperti Jenderal Besar Soedirman, Soeharto, Ahmad Yani, dan Supriyadi.

Melihat pendudukan Jepang, sepertinya tidaklah sesulit dengan Belanda sebab pada pendudukan Jepang, Indonesia dapat membentuk organisais Pemuda. Banyak pemuda Indonesia dapat memperoleh rasa intergritas kelompok melalui keanggotaan dalam beberapa organisasi yang dibentuk Jepang. Pada Maret 1944, Pemerintah Jepang merasa jika PETA melayani kepentingan Indonesia dari pada Jepang. Bahkan terjadi pemberontakan di Blitar pada 14 Februari 1945 yang dipimpin Supriyadi.

Usai memproklamasikan kemerdekaan,  PETA dibubarkan oleh tentara kekaisaran Jepang yang dilakukan oleh  Jenderal Nagano Yuichito sebagai Panglima Tentara ke-16 di Jawa, mengucapkan perpisahan pada anggota kesatuan Jepang. Walau demikian, tetap masih membantu dalam  perang kemerdekaan saat Belanda mencoba menguasai Indonesia.

Ketika Pemerintah Indonesia membentuk sebuah badan resmi untuk menjaga kedaulatan negara, anggota PETA diajak untuk bergabung. Pemerintah membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR). Tentara PETA yang tersebar dikumpulkan kembali untuk bergabung. Pemerintah juga memanggil bekas tentara Heiho, Kaigun, dan Kompeiho. Dari BKR kemudian menjadi Tentara Keselamatan Rakyat, Tentara Republik Indonesia (TRI), dan akhirya berubah sebagai Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 1947.

Apa Tujuan Dibentuknya Organisasi PETA? Begini Tujuan & Sejarahnya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Tujuan Dibentuknya Organisasi PETA? Begini Tujuan & Sejarahnya (Foto: Artikelsiana.com)

Apa Tujuan Dibentuknya Organisasi PETA?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan organisasi PETA terbentuk atau berdiri dalam menjawab topik yang berjudul pada kali ini yakni Apa Tujuan Dibentuknya Organisasi PETA?, adapun tujuannya adalah:

  1. Untuk membantu Indonesia dalam kemerdekaan
  2. Melawan penjajah Belanda
  3. Untuk membela Indonesia dari serangan Blok Sekutu
  4. Selain itu, itu diberikana disisi lain hanyalah pembakar semangat, yang bagi Jepang sendiri bertujuan membentuk PETA adalah untuk mendapatkan pasukan dalam perang Asia Timur Raya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Tujuan Dibentuknya Organisasi PETA? Begini Tujuan & Sejarahnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *