Apa Sifat Utama Biaya Tetap Adalah? Ini Sifat Utama & Pengertiannya


Pengertian Biaya TetapĀ  dan Sifat Biaya Tetap – Biaya sangat erat dengan tipe organisasi organisasi baik itu yang sifatnya organisasi bisnis, nonbisnis, manufaktur, dagang dan jasa. Diketahui biaya bisa mempengaruhi secara langsung karena apabila melihat dari tingkat keuntungan perusahaan, karena dalam setiap aktivitas usaha tidak bisa lepas dari pengorbanan yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan dari suatu usaha.

Maka dari itu, mengapa disebut bahwa biaya adalah elemen yang tidak bisa dipisahkan dengan aktivitas suatu perusahaan. Melihat dari aktivitas perusahaan tentang biaya, maka biaya bisa didefinisikan adalah sumber daya yang dikorbankan atau dilepaskan untuk mencapai tujuan tertentu.

Berdasarkan dari apa yang disampaikan oleh Bustami dan Nurlela (2006), bahwa definisi dari biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk mencapai tujuan tertentu.

Sedangkan apabila merujuk dari definisi Ikatan Akuntan Indonesia (2009:17) mendefinisikan bahwa apa yang dimaksud dengan biaya adalah pengeluaran kas atau setara kas yang dibayar atau sebesar nilai wajar dari imbalan (consideration) yang diberikan untuk mendapatkan aset pada saat perolehan.

Berdasarkan metode pembebanan biayanya, Kuswadi (2005) mengklasifikasikan jenis-jenis biaya yang terdiri atas 2 jenis yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung. Apasih yang dimaksud dengan kedua macam biaya tersebut?. Biaya langsung (direct cost) adalah yang langsung dibebankan pada objek atau produk, seperti bahan baku langsung, upah tenaga kerja yang terlibat langsung dalam proses produksi, biaya iklan, ongkos angkut, dan sebagainya.

Sedangkan yang dimaksud dengan biaya tidak langsung atau disebut dengan indirect cost adalah yang sulit atau tidak dapat dibebankan secara langsung dengan unit produksi, seperti gaji pimpinan, gaji mandor, biaya iklan untuk lebih dari satu macam produk, dan sebagainya yang biasa juga disebut biaya overhead.

Selain dari kedua jenis biaya tersebut, terdapat 3 macam biaya yang didasarkan atau menurut pola perilaku biaya tersebut yaitu biaya tetap (fixed cost), biaya varibel (variable cost) atau biaya semi variabel. Berbicara jenis biaya diatas salah satunya biaya tetap, apasih yang dimaksud dengan biaya tetap itu?

Pengertian Biaya Tetap Adalah?

Secara umum, pengertian biaya tetap adalah biaya yang jumlahnya tetap atau tidak berubah dalam rentang waktu tertentu, berapapun besarnya penjualan atau produksi perusahaan.

Sedangkan apabila merujuk dari definisi para ahli dalam hal ini Charter (2009:68) bahwa “fixed costs are defined as costs totally not change when business activity increased or deccreased”. Arti dari apa yang dimaksud pengertian biaya tetap diatas adalah biaya yang secara total tidak berubah saat aktivitas bisnis meningkat atau menurun.

Selain itu, menurut Mulyadi (2009:15) yang mengatakan bahwa pengertian biaya tetap adalah biaya yang jumlah total tetap dalam kisaran volume kegiatan tertentu.

Sedangkan menurut Munawir (2004:185) bahwa definisi dari biaya tetap adalah biaya dengan jumlah totalnya tidak bisa berubah dalam range output tertentu, akan tetapi untuk setiap satuan produksi bisa berubah-ubah sejalan denga perubahan produksi.

Sifat Utama Biaya Tetap Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa jawaban sebagaimana topik pada kali ini yang berbicara mengenai sifat utama biaya tetap, dapat diketahui dan adapun jawabannya adalah:

Sifat utama biaya tetap adalah jumlahnya tidak berubah walaupun jumlah produksi mengalami perubahan (naik atau turun). Sehingga maksud dari sifat utama biaya tetap adalah statis. Artinya tidak berubah-ubah.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Sifat Utama Biaya Tidak Tetap Adalah? Ini Sifat Utama & Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

sifat utama biaya
sifat utama biaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *