Apa Sifat-Sifat Campuran dan Senyawa? Ini 10 Sifat & Artinya


Sifat-Sifat Campuran dan Senyawa – Perlu diketahui bersama bahwa materi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu zat tunggal dan campuran. Zat tunggal dibagi lagi ke dalam 2 kelompok yaitu unsur dan senyawa.

Sejalan akan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai campuran dan senyawa secara berurutan mulai dari arti dan sifat-sifat dari keduanya. Adapun penjelasannya adalah:

Pengertian Campuran Adalah

Yang dimaksud dengan pengertian Campuran adalah gabungan 2 zat atau lebih yang dari hasil penggabungannya terdapat sifat yang sama dengan zat aslinya seperti, campuran antara air dan gula menghasilkan cairan yang rasanya manis.

Campuran bisa terdiri atas gabungan unsur, senyawa, atau keduanya. Campuran Homogen mempunyai komposisi maupun wujud yang seragam seperti air gula dan santan. Sebaliknya campuran heterogen mempunyai komposisi yang tidak seragam.



Misalnya, campuran antara air dan pasir. Campuran dapat dipisahikan menjadi zat-zat penyusun berdasarkan perbedaan sifat zat-zat penyusunnya, misalnya dengan penyaringan.



Sifat-Sifat Campuran Adalah?

Adapun sifat-sifat campuran adalah:



  • Memiliki dua atau lebih jenis zat
  • Tidak dapat dijalankan kembali menggunakan proses yang biasa
  • Dapat dipecah lagi dengan proses fisik
  • Selalu mempunyai sifat asli dari zat penyusunnya

Pengertian Senyawa Adalah

Secara umum, arti senyawa adalah suatu zat tunggal yang dapat diuaraikan menjadi 2 unsur maupun lebih. Senyawa mempunyai beberapa unsur yang saling bergabung secara kimiawi, sehingga lambang senyawa terdiri dari beberapa lambang unsur.

Senyawa adalah suatu zat tunggal yang masih bisa diuaraikan menjadi dua unsur atau lebih. Selain itu diketahui bahwa, senyawa mempunyai beberapa unsur yang saling bergabung secara kimiawi,

Sehingga itulah mengapa senyawa terdiri dari beberapa lambang unsur seperti emas (Au), besi (Fe), oksigen (O), klorin (Cl) dan hidrogen (H).

Senyawa mempunyai sifat tak seperti campuran, senyawa dapat dipisahkan hanya dengan cara kimia menjadi komponen murni mereka.

Sifat-Sifat Senyawa Adalah?

Secara singkat, senyawa mempunyai 5 sifat yang dapat kita bedakan antara satu senyawa dengan senyawa lainnya. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Terbentuk dari proses reaksi kimia
  • Komponen penyusun punya perbandingan tertentu yang sifatnya tetap.
  • Tidak bisa dipisahkan dengan komponen penyusunnya kembali dengan melalui reaksi fisika.
  • Sebagai zat tunggal.
  • Mempunyai sifat tertentu yang berbeda dengan unsur pembentuknya

Demikianlah informasi mengenai Apa Sifat-Sifat Campuran dan Senyawa? Ini 10 Sifat & Artinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *