Apa Saja Yang Menyebabkan Terjadinya Peristiwa Membeku, Mencair dan Menguap


Setiap benda yang ada di sekitar kita mempunyai sifat dan ciri yang berbeda yang menjadikan benda tersebut menjadi unik. Dengan mengamati sifat-sifat benda, maka diharapkan dapat mengetahui seperti apa fenomena yang terjadi di alam dan yang ada disekitar kita.

Melalui pengetahuan ini juga bermanfaat untuk mengetahui apa yang akan terjadi di sungai, laut dan danau serta di beberapa negara walaupun belum kamu kunjungi sekalipun.

Jadi dengan mengetahui sifat benda, kamu tahu apa yang akan kamu lakukan untuk mengubah bentuk benda-benda tersebut. Walaupun terdapat tiga wujud benda, tetapi ketiganya dapat mengalami perubahan wujud dengan cara yang berbeda.

Tahukah kamu apa itu perubahan wujud benda?. Secara umum perubahan wujud benda adalah peristiwa perubahan bentuk suatu benda menjadi bentuk benda lain yang berbeda.

Perubahan wujud benda disebabkan oleh lingkungan yang berubah, misalnya suhu lingkungan yang menjadi panas atau dingin. Atau bisa diartikan bahwa penyebab terjadinya peristiwa perubahan wujud benda karena terjadi pelepasan dan penyerapan kalor.

Perubahan wujud suatu benda yang terjadi antara lain adalah peristiwa membeku, mencair, menguap, mengembun, atau menyublim. Setiap peristiwa perubahan wujud benda tersebut terdapat penyebab yang mendasari sehingga terjadi perubahan tersebut.

Bagaimana mungkin suatu benda akan berubah tanpa ada pengaruh yang membuatnya berubah, hal itu sangatlah mustahil. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa membeku, mencair, dan menguap beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun penjelasannya dapat dilihat dibawah ini:

1. Penyebab Peristiwa Membeku

Secara umum penyebab terjadinya peristiwa membeku adalah perubahan benda cair menjadi padat karena disebabkan zat melepaskan energi panas karena suhu di lingkungan menjadi dingin.

Proses terjadinya peristiwa membeku ini akan lebih cepat berdampak pada temperatur krogenik yang mana diketahui bahwa benda yang cair akan membeku dibawah 0°C.

Contoh Peristiwa Membeku

Peristiwa membeku sebenarnya bukanlah hal yang baru, dalam kehidupan sekitar peristiwa membeku sering terjadi yang contohnya:

    • Gula jawa setelah dimasak kemudian didiamkan menjadi beku.
    • Air dimasukkan kedalam freezer menjadi beku.
    • Agar-agar yang dimasak menjadi beku.
    • Lilin yang kembali membeku setelah meleleh.
    • Es krim dimasukkan ke dalam lemari es menjaid beku.

2. Penyebab Peristiwa Mencair

Secara umum yang dimaksud dengan peristiwa mencair adalah perubahan wujud benda padat menjadi benda cair akibat suhu yang panas. Benda yang telah mencair disebut dengan benda cair.

Mengetahui peristiwa mencair Beberapa peristiwa di sekitarmu mudah kamu temui untuk menunjukkan peristiwa ini. Salah satunya ialah es mencair.

Contoh Peristiwa Mencair 

Peristiwa mencair juga biasa disaksikan dalam kehidupan sehari-hari, adapun contohnya adalah:

    • Mentega yang mencair saat dipakai memasak
    • Solder yang meleleh menjadi logam cair
    • Batuan yang mencair pada magma panas di gunung berapi
    • Lilin yang dipanaskan akan mencair
    • Es batu mencair menjadi air

3. Penyebab Peristiwa Menguap

Secara umum yang dimaksud dengan peristiwa menguap adalah perubahan wujud benda cair menjadi benda gas. Penyebab peristiwa menguap disebabkan peningkatan maupun pemanasan suhu yang dialami benda tersebut.

Sebenarnya untuk mengetahui seperti apa itu peristiwa menguap tidaklah sulit sebab sering dijumpai dalam kegiatan masak-memasak.

Coba saja perhatikan saat memasak, dimana air yang dipanaskan diatas api kompor itu akan mendidih dan saat dibuka penutupnya akan keluar beberapa gas. Itulah peristiwa menguap itu.

Contoh Peristiwa Menguap 

Adapun contoh peristiwa menguap dalam kehidupan sehari-hari selain dari contoh diatas adalah:

    • Pada saat memasak terjadi penguapan saat air mendidih.
    • Penguapan bensin dalam tangki kendaraan bermotor saat udara panas.
    • Penguapan air permukaan membentuk uap air di awan.

Apa Saja Yang Menyebabkan Terjadinya Peristiwa Membeku, Mencair dan Menguap

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa yang menjadi penyebab peristiwa membeku adalah

“Penyebab terjadinya peristiwa membeku karena zat melepaskan energi panas karena suhu dilingkungan menjadi dingin. Untuk penyebab peristiwa mencair adalah terjadinya peningkatan suhu. Begitu juga untuk peristiwa menguap terjadi karena peningkatan suhu.”

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul “Apa Saja Yang Menyebabkan Terjadinya Peristiwa Membeku, Mencair dan Menguap“. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *