Apa Perbedaan Teks Laporan Dengan Teks Deskripsi Adalah? Ini Jawabannya


Perbedaan Teks Laporan Dengan Teks DeskripsiĀ  – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, jenis-jenis teks yang dikenal meliputi teks narasi, teks deskripsi, teks eksposisi, teks eksplanasi, teks persuasi, teks argumentasi dan teks laporan.

Melihat dari hal itu, bisa dikatakan bahwa pelajaran Indonesia dan dalam hal ini menulis merupakan hal yang kompleks dimana di dalamnya terdapat berbagai jenis-jenis teks yang memiliki karakteristik atau ciri serta struktur yang membedakannya satu sama lain.

Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai kedua jenis teks diatas yakni teks laporan dan teks deskripsi khususnya mengenai perbedaan teks laporan dengan teks deskripsi. Adapun penjelasan dari kedua teks laporan dan teks deskripsi tersebut adalah:

Apa itu Teks Laporan?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Teks laporan adalah teks yang didalamnya terdapat berbagai hasil laporan pengataman atau penelitian atau observasi yang dilakukan. Tujuan dari penulisan teks laporan ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca yang didalamnya memuat data-data valid, bukan berdasarkan apa yang menjadi imajinasi penulis.



Maka dari itulah teks laporan bisa diidentifikasi dengan ciri-ciri seperti berisi fakta-fakta, hasil penelitian yang lengkap dan teruji, bersifat informatif dan komunikatif, bersifat objektif sebab berasal dari pada penelitian, memakai bahasa ilmiah dan pastinya menarik, sebab kebanyakan apa yang diteliti oleh seseorang adalah apa yang menjadi masalah dalam kehidupan sosial yang pastinya adalah hal tersebut menarik untuk diketahui apa yang ada di dalam teks laporan tersebut.



Selain itu, dalam teks laporan biasanya menggunakan kerangka atau struktur dimana di dalamnya terdapat pernyataan umum tentang seputar pengertian mengenai apa yang diteliti, aspek hasil pengamatan, penutup dan kesimpulan.



Memang hanya terdiri atas beberapa bagian saja, tapi dalam praktiknya tidak gampang seseorang untuk membuat teks laporan, lihat saja para mahasiswa yang sedang melakukan penelitian, ada yang bahkan berbulan-bulan dan ada juga yang bahkan setahun tak mampu hingga membuat dirinya Drop out.

Olehnya itu, perlunya bagi setiap orang untuk memahami bagaimana cara membuat teks laporan yang baik dan benar. Tentu setiap hal ini membuat tips dan trik yang bisa dilakukan dan hal itu banyak terdapat di google untuk bisa diketahui tapi bukan berarti harus mencopy paste atau mencontek.

Salah satu langkah yang bisa setiap orang lakukan sebelum dan pada saat membuat teks laporan adalah melihat contoh-contoh teks laporan seperti apa dan bagaimana atau mencari teks laporan yang hampir sama dengan apa yang diteliti, misalnya mereka semua sama-sama meniliti tentang sepeda, tapi yang satu meneliti tentang ban belakang dan yang satu tentang ban depan sepeda.

Apa itu Teks Deskripsi?

Sedangkan yang dimaksud dengan Pengertian Teks Deskripsi adalah teks yang mempunyai ragam wacana yang menjelaskan secara detail mengenai objek berdasarkan kesan pengamatan, pengalaman, dan perasaan penulisnya. Hal inilah yang membuat teks deskripsi unik dan berbeda dengan jenis teks lainnya, sebab teks deskripsi ini memberikan pengaruh pada sensitivitas dan imajinasi pembaca, seperti mereka juga ikut melihat, mendengar dan merasakan langsung mengenai objek yang terdapat dalam teks deskripsi.

Maka dari itulah mengapa ketika ada yang membaca lantas merasa seperti ada ditempat atau merasakan langsung, maka itu berarti apa yang dibacanya adalah teks deskripsi. Berdasarkan dari hal itu, itu juga yang menjadi tujuan teks deskripsi yakni agar orang yang membaca teks ini seolah-olah sedang merasakan langsung apa yang sedang di jelaskan dalam teks tersebut.

Alasan mengapa dalam menulis teks deskripsi membuat seseorang bisa merasakannya, karena ciri-ciri dalam penulisan teks deskripsi ini baik dari objek, tempat atau peristiwa semuanya dikupas sangat dalam dan bahkan ciri psikis atau keadaannya juga di kupas beserta warna, ukuran sifat dan bentuknya. Jika demikian, maka dapat dikatakan bahwa dalam teks deskripsi ini, penulis memiliki kebebasan individual dan setiap bagian atau keseluruhan mempunyai keterkaitan. Sehingga unsur yang paling menonjol dalam teks deskripsi ini adalah subjektivitas dan unsur opini.

Semua dari seluruh isi dari teks deskripsi diramu berdasarkan struktur penulisan yang khas dan menjadi pembeda dengan teks lainnya termasuk teks laporan. Untuk struktur menyusun teks deskripsi awalnya dengan membuat judul, kalimat topik, lalu deskripsi serta kesimpulan.

Agar lebih mampu memahami mengenai seperti apakah yang dimaksud dengan teks deskripsi, sarannya sama dengan teks laporan diatas, yakni mencari contoh-contoh teks deskripsi dan kemudian mempraktekkannya mengenai diri pribadi atau orang terdekat yang bisa dideskripsikan.

Apa Perbedaan Teks Laporan Dengan Teks Deskripsi?

Teks deskripsi mengutamakan keterkaitan antara keseluruhan isi dengan bagian-bagiannya, sedangkan teks laporan pada ide dari hal khusus menjadi hal-hal yang lebih umum. Teks deskripsi mengandung unsur subjektivitas dan unsur opini, sedangkan dalam teks laporan berdasarkan fakta yang ditemui di lapangan dan dituntut untuk menjadi objektif. Teks deskripsi memuat mengenai warna, bentuk, kondisi objek, sifat, ukuran atau peristiwa, sedangkan teks laporan menyajikan data valid yang objektif.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Perbedaan Teks Laporan Dengan Teks Deskripsi Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *