Apa Perbedaan Skripsi, Tesis Dan Disertasi? Ini Jawabannya


Tentu bagi anda yang pernah menempuh pendidikan tinggi di perguruan tinggi manapun baik swasta maupun negeri, baik yang ternama dan biasa-biasa saja. Tentu peristiwa yang paling bersejarah anda akan temukan yaitu skripsi, disertasi dan tesis.

Ketiga peristiwa ini begitu bersejarah dan penuh kenangan sebab usaha, waktu, energi dan seluruh pola pikir kalian curahkan ke dalam ketiga hal tersebut baik skripsi, disertasi dan tesis. Ketiga jenis dokumen skripsi, disertasi dan tesis adalah semua jenis dokumen akademik, yang dikerjakan oleh para sarjana dan mahasiswa hasil dari penelitian mereka.

Dalam mengerjakan ketiga hal ini baik skripsi, tesis dan disertasi punya drama tersendiri dan bahkan sampai-sampai hal itu sulit untuk dilupakan karena sampai menyentuh pada perasaan setiap mahasiswa dalam penelitian skripsi, tesis dan disertasi.

Namun ketiga hal ini baik skripsi, tesis dan disertasi tidaklah sama. Ketiga mempunyai perbedaan yang begitu kompleks dan besar atau dalam artian mempunyai perbedaan yang begitu menonjol. Misalnya perbedaan yang paling jelas antara skripsi, tesis dan skripsi adalah skripsi dikerjakan sebagai syarat untuk kelulusan mahasiswa S1, sedangkan untuk tesis maupun untuk disertasi adalah untuk mahasiswa pascasarjana.



Walaupun demikian, tidak sedikit orang yang sulit untuk mencari perbedaan skripsi dengan tesis, dan perbedaan skripsi dengan disertasi. Bahkan di level yang lebih tinggi juga seseorang sulit untuk memberikan perbedaan antara tesis dengan disertasi yang lebih rinci bukan hanya pada soal tingkatan tapi lebih dalam hal itu.



Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi Adalah?

Maka dari itu, pada kali ini penulis akan memaparkan mengenai apa sih perbedaan antara skripsi, tesis dan disertasi itu.



Pengertian Skripsi Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Skripsi adalah mahasiswa program SI yang menulis karya ilmiah dengan topik tertentu dengan kajian pustaka yang ditulis oleh para ahli, hasil penelitian lapangan, atau hasil pengembangan (eksperimen)

Umumnya, pengerjaan skripsi dibimbing oleh 2 dosen pembimbing yang ditunjuk oleh perguruan tinggi. Ini bertujuan agar hasil skripsi mahasiswa berkualitas baik dari segi isi maupun tekniknya penyampaiannya. Penulisan karya tulis ilmiah ini juga bentuk pendalaman disiplin ilmu yang dituangkan lewat tulisan, bahkan kadar kelulusan mahasiswa S-1 ditentukan lewat kualitas hasil skripsi yang disusunnya.

Mengapa demikian, sebab skripsi adalah karya akhir atau karya puncak yang dapat memberikan indikator kadar pemahaman atau capaian dalam disiplin ilmu mahasiswa yang bersangkutan.

Pengertian Tesis Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Tesis adalah tugas akhir jenjang magister (S2) berupa karya ilmiah yang ditulis secara individu dan berdasarkan hasil penelitian empiris.

Diketahui bersama bahwa yang menjadi hal paling menonjol dalam mengetahui perbedaan tesis dengan skripsi ataupun disertasi adalah tesis penanda berakhirnya program magsiter apabila telah diselesaikan.

Dapat juga dikatakan bahwa tesis adalah kompilasi penelitian yang menjelaskan bahwa anda mempunyai pengetahuan soal informasi yang dipelajari saat program pascasarjana. Sebenarnya, inti dari tesis adalah menampilkan skill berpikir kritis dari mahasiswa pascasarjana untuk bisa mendiskusikan topik secara mendalam.

Selain itu, biasanya menggunakan kesempatan ini untuk memperluas subjek yang paling relevan dengan bidang khusus yang ingin Anda kejar secara profesional. Bahkan diketahui tesis setidaknya berjumlah 100 halaman atau lebih sedikit dari jumlah itu.

Pengertian Disertasi Adalah?

Sedangkan yang dimaksud dengan disertasi adalah karya tulis ilmiah untuk program doktoral (S3) yang bertujuan menyumbangkan pengetahuan, teori atua praktik baru ke bidangnya. Intinya adalah menghasilkan konsep yang sama sekali baru, mengembangkannya, dan mempertahankan nilainya.

Perlu diketahui bersama bahwa dalam disertasi, anda hanya memanfaatkan penelitian orang lain yang sifat sebagai pedoman, atau membuktikan teori, atau konsep yang anda miliki sendiri. Bicara soal pembuatan disertasi doktor itu sendiri membutuhkan waktu yang panjang dan bhakan melibatkan banyak informasi dan penelitian dengan setiap detail proposal dan bagaimana informasi itu bisa sampai.

Disertasi adalah pekerjaan yang sangat kompleks. Panjangnya mungkin dua, bahkan mungkin tiga, kali panjang tesis. Anda akan menerima bimbingan dari anggota fakultas yang akan berfungsi sebagai penasihat disertasi Anda.

Penasihat ini akan berada di sana untuk mengarahkan Anda ke arah yang benar jika Anda mengalami kebuntuan, dapat membantu menemukan sumber daya dan memastikan bahwa proposal Anda berada di jalur yang benar.

Tabel Perbedaan Antara Skripsi, Tesis dan Disertasi Adalah?

Adapun perbedaan secara lengkap antara skripsi, tesis dan disertasi dapat dilihat dibawah ini:

No.Aspek Skripsi Tesis Disertasi
1JenjangS1S2S3
2.MasalahDari pengalaman empirik, tidak mendalamDari pengalaman empirik, dan teoritik, bersifat mendalamDari kajian teoritik didukung fakta empirik, bersifat sangat mendalam
3.Kemandirian penulis60% peran penulis, 40% pembimbing80% peran penulis, 20% pembimbing90% peran penulis, 10% pembimbing
4.Bobot IlmiahRendah – sedangSedang – tinggi. Pendalaman / pengembangan terhadap teori dan penelitian yang adaTinggi, Tertinggi dibidang akademik karen mencari terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
5.PemaparanDominan deskriptifDeskriptif dan AnalitisDominan analitis
6.Model AnalisisRendah – sedangSedang – tinggiTinggi
7.Jumlah rumusan masalahSekitar 1-2Minimal 3Lebih dari 3
8.Metode / Uji statistikBiasanya memakai uji Kualitatif / Uji deskriptif, Uji statistik parametrik (uji 1 pihak, 2 pihak), atau Statistik non parametrik (test binomial, Chi kuadrat, run test), uji hipotesis komparatif, uji hipotesis asosiatif, Korelasi, Regresi, Uji beda, Uji Chi Square, dll

 

Biasanya memakai uji Kualitatif lanjut / regresi ganda, atau korelasi ganda, mulitivariate, multivariate lanjutan (regresi dummy, data panel, persamaan simultan, regresi logistic, Log linier analisis, ekonometrika static & dinamik, time series ekonometrik) Path analysis, SEMSama dengan tesis dengan metode lebih kompleks, berbobot yang bertujuan mencari terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
9.Jenjang Pembimbing/PengujiMinimal MagisterMinimal Doktor dan Magister yang berpengalamanMinimal Profesor dan Doktor yang berpengalaman
10.Orisinalitas penelitianBisa replika penelitian orang lain, tempat kasus berbedaMengutamakan orisinalitasHarus orisinil

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Perbedaan Skripsi, Tesis Dan Disertasi? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *