Apa Perbedaan Monera Dan Protista? Ini Jawaban Singkatnya


Sebagaimana diketahui bersama bahwa dalam makhluk hidup khususnya pelajaran biologi terbagi atas 5 kingdom atau kerajaan. Istilah dan posisi kindom adalah tingkat yang paling tinggi dalam pengelompokan makhluk hidup yang terdapat di bumi ini.

Sehingga apa yang perlu diketahui bahwa pengelompokan makhluk hidup yang ada dalam lima kingdom tersebut dalam hal ini plantae (tumbuhan), animalia (binatang), protista, monera, dan fungsi (jamur). Sejalan dengan 5 kingdom tersebut, pada kali ini penulis akan memperkenalkan perbedaan antara kingdom protista dan kingdom monera.

Namun sebelum membahas mengenai perbedaan kingdom monera dengan protista, tahukah anda apa yang dimaksud dengan monera dan protista itu? Sebagai refleksi atau untuk mengingat kembali dibawah ini penulis tidak hanya akan membahas mengenai perbedaan protista dengan monera tetapi melampirkan apa yang dimaksud dari protista dan monera itu sendiri. Adapun penjelasan dari hal tersebut dapat dilihat dibawah ini:

Apa itu Monera?

Secara umum, yang dimaksud dengan kingdom monera adalah makhluk hidup uniseluler atau bersel satu yang merupakan prokariotik atau tidak memiliki inti sel. Makhluk hidup ini dapat ditemukan pada makhluk hidup lain atau benda mati.



Cara kingdom monera ini berkembang biak adalah dengan 3 jenis yaitu dengan membelah diri, fragmentasi dan tunas. Berbicara soal habitat kingdom monera, perlu diketahui bersama bahwa anggota kingdom monera ini dapat bertahan hidup di segala tempat.



Bahkan kingdom monera mampu untuk bertahan di kondisi ekstrem seperti yang sangat panas, dingin dan yang mempunyai keasaman tinggi.



Anggota atau contoh-contoh makhluk hidup yang terdapat dalam kingdom monera adalah cyanobacteria (ganggang biru atau hijau), eubacteria, archaebacteria, dan mycoplasma. Manfaat atau peran penting daripada kingdom monera adalah bakteri yang bisa membantu dalam dalam proses fermentasi makanan, pembuatan protein, dan ilmu kesehatan.

Apa itu Protista?

Sedangkan yang dimaksud dengan pengertian kingdom protista adalah makhluk hidup eukariotik atau mempunyai inti sel dan tertutup membran atau selaput sel. Protista sering dikatakan sebagai bentuk awal makhluk hidup tanaman, jamur, dan binatang.

Alat gerak kingdom ini adalah memakai flagela (cambuk panjang) atau silia (rambut gerak). Cara berkembang biak daripada kingdom ini adalah dengan membelah diri. Contoh-contoh nama makhluk hidup yang masuk dalam kingdom protista adalah ganggang merah, ganggang cokelat, protozoa, ganggang hijau, jamur air dan amoeba. Makhluk kingdom protista bisa dipakai dalam kesehatan, sumber mineral, dan makanan.

Perbedaan Monera dan Protista

Setelah menjawab mengenai seperti apa itu monera dan protista, maka dapat disimpulkan bahwa adapun perbedaan antara monera dan protista sebenarnya sangatlah sederhana yang dapat dituliskan dalam beberap point penting. Adapun perbedaan monera dan protista tersebut adalah:

    1. Monera tidak punya inti sel, sedangkan protista punya
    2. Struktur monera lebih sederhana, dibandingkan protesta
    3. Ukurannya monera juga lebih kecil dibandingkan protista.
    4. Monera menguraikan bahan organik, sedangkan protista menjadi parasit atau berfotosintesis.
    5. Monera ditemukan ditempat manapun, dan protista kebanyakan di perairan, tanah basah, atau tempat yang tidak terkena cahaya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Perbedaan Monera Dan Protista? Ini Jawaban Singkatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *