Apa Perbedaan Biografi & Autobiografi? Ini 5 Perbedaannya


Perbedaan Biografi dan Autobiografi – Indonesia masih membutuhkan penegaasan tentang apa yang dimaksud dengan istilah autobiografi dan biografi. Sebab pada kenyataannya, autobiografi dan biografi adalah teks narasi yang bercerita mengenai suatu tokoh dan pengalaman-pengalamnnya. Dalam bentuk penceritaan dalam Autobiografi dan Biografi adalah relatif mudah untuk mencari referensiannya dengan tokoh dan peristiwa sejarah yang ada di sekeliling tokoh tersebut.

Walaupun demikian, dalam Autobiografi dan Biografi juga tidak menghilangkan kandungan fiktif yang terdapat dalam Autobiografi dan Biografi. Demikian ini, karena autobiografi dan biografi tidak bisa dikatakan bahwa suatu jenis teks bahkan dalam sejarahnya, pun tidak ditekankan adalah faktual. Selain itu autobiografi dan biografi juga tidak dapat diklaim sebagai karya sastra yang menempatkan sifat fiktif yang menjadi dominan.

Apabila demikian lantas apasih yang dimaksud dengan Autobiografi dan Biografi itu?. Pada dasarnya, hal yang perlu ditempatkan dalam pikiran setiap orang bahwa autobiografi dan biografi adalah teks khusus yang harus diperlakukan secara khusus pula.

Pernyataan demikian bukanlah tanpa sebab dan bukti nyata, karena apa yang disaksikan bersama bahwa autobiografi dan biografi bisa dimanfaatkan sebagai penunjang analisis dan klaim mereka, juga kajian autobiografi dan biografi dapat dipergunakan dalam kajian sastra atau sejarah. Selain itu, autobiografi dan biografi juga bisa digunakan untuk menunjang ilmu analisi dan klaimnya.



Walaupun seperti demikianlah autobiografi dan biografi ternyata masih ada kekurangan dibalik karya sastra ini, karena sulit untuk menemukan bagaimana perkembangan genre di dalam karya autobiografi dan biografi. Akan tetapi, juga menjadi nilai plus karena ada banyak karya autobiografi dan biografi yang telah diterbitkan, bisa dalam bentuk buku atau cerita serial yang penerbitannya secara berkala.



Peningkatan karya autobiografi dan biografi itu terjadi sejalan dengan semakin terbukanya kebijakan pemerintah dalam penerbitan yang boleh dikata setiap tahunnya meningkat secara tentatif, walaupun untuk jumlah keseluruhan belum diketahui secara pasti.



Dari hal ini, bisa dikatakan bahwa minat dan apresiasi seseorang mengenai autobiografi dan biografi begitu besar. Melalui hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan autobiografi dan biografi, begitupula perbedaannya keduanya.

Pengertian Biografi Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian itu.

Dalam biografi terdapat penjelasan bahwa kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua dan ada juga sampai meninggal. Seluruh jaya, karya yang dilakukan seseorang itu, akan dituliskan dalam oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri. Karena itulah, biografi adalah keterangan tentang hidup seseorang yang diceritakan oleh orang lain. Ini memiliki perbedaan dengan apa yang dimaksud dengan autobiografi seperti pada pembahasan selanjutnya.

Pengertian Autobiografi Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian autobiografi adalah suatu karya yang menjelaskan tentang riwayat hidup atau kehidupan tokoh yang oleh tokoh itu sendiri yang menuliskannya. Demikian ini sejalan dengan arti etimologi dari Autobiografi dimana kata Autos adalah sendiri dan bios adalah hidup, sedangkan maka graphein yang artinya menulis.

Terkadang orang yang membuat autobiografi mengandalkan sudut pandang dan berbagai dokumen atau bisa juga pada ingatan pengarang. Ataukah menurut Philippe Lejeune (1982; Anderson,2001:2) yang mengatakan bahwa definisi dari autobiografi sebagai sebuah retrospektif prosa naratif yang di produksi dengan sebuah pribadi nyata mengenai eksistensi dirinya, fokus dalam kehidupan individual, khususnya dalam pengembangan kepribadian dirinya.

Apa Perbedaan Biografi & Autobiografi? Ini 5 Perbedaannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Perbedaan Biografi & Autobiografi? Ini 5 Perbedaannya (Foto: Artikelsiana.com)

Perbedaan Biografi dan Autobiografi Adalah?

Antara autobiografi dan biografi mempunyai banyak perbedaan, walaupun demikian pada kali ini penulis menyajikan perbedaan autobiografi dan biografi secara umum sebagaimana yang banyak digunakan oleh masyarakat. Adapun perbeadan biografi dan autobiografi adalah:

  1. Biografi adalah menulis perjalanan hidup seseorang karna apa yang pernah dilakukan, membawa tanda tanya atau kisahnya yang mampu mengubah banyak orang, ataukah sesuatu hal. Sedangkan autobiografi adalah perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh tokoh itu sendiri dalam karya.
  2. Biografi dibuat dengan menggunakan berbagai sumber seperti dari tokoh yang dituliskan itu sendiri dan berbagai orang-orang yang disekitarnya, seperti apa menggambarkan tokoh itu. Sedangkan untuk perbedaan sumbernya, autobiografi menggunakan sumber dari ingatan seseorang itu sendiri, atau dokumen yang ada tentang dirinya.
  3. Terkadang autobiografi berisi tentang informasi mereka mengenai kesulitan apa saja yang mereka lalui. Sedangkan perbedaannya dengan biografi adalah berisi tentang pemikiran yang bermanfaat yang dapat dibagi oleh orang lain.
  4. Untuk kegunaannya, biasanya autobiografi hanya memberikan informasi yang positif, dan ada beberapa orang yang memakainya untuk pencitraan seperti yang dilakukan oleh politikus. Sedangkan biografi dibuat karena saksi atas terjadinya suatu peristiwa.
  5. Autobiografi biasa dibuat untuk mengenalkan atau memberitahu masyarakat mengenai apa yang telah dilakukannya selama hidup, menjadikan dapat diambil hikmahnya, pelajarannya yang berharga yang ada didalamnya. Sedangkan biografi seringkali berisikan informasi yang didalamnya ada hikmah, motivasi dan sejarah penting yang bisa dijadikan suri tauladan untuk orang yang membacanya.

Demikianlah informasi mengenai Jelaskan Perbedaan Biografi & Autobiografi Adalah? Ini Perbedaannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *