Apa Perbedaan Antara Meteoroid, Meteor & Meteorit? Ini Bedanya


Perbedaan Antara Meteoroid, Meteor & Meteorit –  Apabila pada pagi hari matahari akan bersinar cerah, dan sedangkan pada malam hari bintang-bintang akan berkilauan di langit malam. Semua benda-benda angkasa memberikan keindahan bagi bumi dan seluruh manusia yang melihatnya.

Demikian ini karena bumi atau planet kita berada dalam tata surya dengan berbagai macam benda langit seperti Matahari dan sembilan planet. Setiap benda langit tersebut memberi dampak dan keuntungan bagi bumi, seperti Bulan yang merupakan satelit yang mempunyai orbit sendiri.

Sehingga pada suatu waktu benda langit antara matahari, bumi dan bulan akan menyebabkan gerhana. Selain itu, terdapat benda langit lainnya seperti berbagai benda lain dalam tata surya seperti Asteroida, Komet, dan Meteor.

Dan dalam setiap enda langit tersebut, mempunyai berbagai istilah-istilah salah satunya yang terkadang menyulitkan bagi sebagian orang untuk mengetahui perbedaan setiap istilah tersebut karena kesaman-kesamaan tertentu yaitu Meteor.

Demikian ini karena terdapat lima istilah yang ada yaitu meteor, meteoroid, meteorit (yang paling banyak dikenal), debu (antarplanet) dan asap meteorik (yang kurang dikenal, tapi sama pentingnya dengan yang lain).

Secara sederhana apa yang dimaksud dengan pengertian meteor adalah lintasan cahaya terang di langit yang terjadi karena pecahan meteoroid masuk ke atmosfer Bumi. Meteor habis terbakar sebelum mencapai permukaan Bumi. Sedangkan apasih yang dimaksud dengan meteoroid dan meteorit itu? selain itu apa perbedaannya?

1. Meteoroid Adalah

Secara umum, pengertian meteoroid adalah benda padat yang bergerak dalam ruang antar planet yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan asteroid serta lebih besar dari sebuah atom molekul.

Diketahui apa yang terkandung dalam meteoroid adalah berasal dari partikel kecil sisa debu (debris) asteroid atau komet saat perjalanan mengelilingi matahari. Namun apasih bedanya dengan asteroid dan komet. Perlu diketahui bahwa meteoroid tidak mengelilingi matahari,

Tapi melayang di luar angkasa dan akan bergerak saat tertarik oleh gravitasi bumi. Saat itu, meteoroid akan bergerak memasuki lapisan atmosfer bumi dengan kecepatan 70 kilometer/detik dan muncul hanya beberapa detik sebelum akhirnya menghilang.

2. Meteor Adalah

Meteor atau terkadang orang menyebut dan dikenal adalah bintang jatuh. Demikian ini tidaklah salah, karena meteor adalah meteoroid yang terbakar pada saat memasuki atmosfer bumi.

Proses ini terjadi lantaran dalam meteoroid ini terdapat debu partikel dan saat memasuki atmosfer membuatnya jadi panas dan sepanjang orbit akan teronisasi dan mengeluarkan cahaya. Proses peristiwa demikianlah disebut dengan meteor.

3. Meteorid Adalah

Saat meteoroid berukuran besar masuk ke atmosfer Bumi, ada yang terbakar dan ada pula yang tersisah. Yang tersisah inilah disebut dengan meteorit. Sehingga apa yang dimaksud dengan pengertian meteorid adalah meteoroid yang tidak habis terbakar di atmosfer bumi yang berhasil sampai ke permukaan Bumi.

Peristiwa ini pernah terjadi dan diabadikan di Museum Geologi Bandung. Sedangkan contohnya kawah meteor di Arizona, Amerika Serikat.

Perbedaan Meteoroid, Meteor dan Meteorid Adalah

Apabila melihat berkas cahaya melintas di langit malam yang berasal dari objek dengan kecepatan tinggi di atmosfer maka itulah meteor, apalagi terdapat fenomena fisis contohnya panas, gelombang kejut dan ionisasi. Meteor bisa terjadi di planet atau bulan/satelit alami yang mempunyai atmosfer yang cukup rapat. Objek yang bergerak melintasi atmosfer ini disebut dengan meteoroid.

Agar bisa dikatakan sebagai meteoroid, objeknya berbentuk alami dan berukuran sekitar 30 mikrometer- 1 meter. Sedangkan ada lagi yang dinamakan dengan debu antar planet. Apasih itu? Debu antarplanet berhubungan dengan meteoroid dimana semua partikel yang secara umum lebih kecil dari meteoroid yang datang dari ruang antarplanet.

Jika meteoroid selamat dari fase meteor tanpa menguap secara total, itulah yang disebut dengan meteorit. Selain itu, setelah fase meteor, material yang telah menguap dan kemudian berkondensasi menjadi benda padat dinamakan asap meteorik.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Perbedaan Antara Meteoroid, Meteor & Meteorit? Ini Bedanya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

perbedaan meteoroid meteor meteorit
perbedaan meteoroid meteor meteorit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *