Apa Penyebab Aterosklerosis Itu? Ini Jawaban da Cara Pencegahannya


Aterosklerosis – Zaman semakin berkembang, begitu juga dengan segala pernak pernik di dalamnya. Dulu hanya beberapa penyakit yang muncul, tapi untuk sekarang ini ditengah aktivitas yang serba tidak terkontrol, beberapa penyakit mulai bermunculan. Hal itu terjadi bisa karena perilaku tidak sehat dan juga pada pola makan yang sangat berlebihan. Dari aktivitas-aktivitas itu membuat penyakit seperti Ateroskerosis muncul.

Yang dimaksud dengan ateroskerosis adalah pengumpulan lemak yang membentuk plak di bagian dinding dalam pembuluh darah dan mempersempit pembuluh darah sehingga terjadi hambatan pada aliran darah. Jika demikian terjadi, maka suplai oksigen ke jaringan tubuh bisa berkurang.

Apabila arteri tersumbat penuh, maka apa yang terjadi adalah jaringa ntubuh yang disuplai arteri bisa mati. Jika arteri tersebut mensuplai jantung dalam hal ini arteri koronaria yang tersumbat, maka penyakit yang bisa terjadi adalah penyakit jantung koroner, irama jantung yang abnormal serta gagal jantung. Sedangkan apabila arteri otak yang tersumber atau disebut arteri cerebralis, maka yang terjadi adalah stroke.

Timbulnya aterosklerosis karena tingginya kadar kolesterol yang terdapat dalam darah atau disebut Dislipidemia. Ini adalah kelainan metabolisme lemak yang bisa ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol total, trigliserida, LDL, dan disertai dengan adanya penurunan HDL yang ada di darah. Perubahan ini akan saling mempengaruhi dan terjadi satu sama lain.



Hal yang perlu diketahui bersama bahwa melihat tentang tanda-tanda mengenai Aterosklerosis adalah berkembang tanpa gejala awal. Merasakan dan mengetahui tentang Aterosklerosis baru terjadi saat dirasakannya gejala penyakit jantung maupun stroke yang sudah berada pada tahap stadium lanjut.



Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk menjaga pola makan yang benar. Salah satu hal yang bisa dilakukan dalam mencegah aterosklerosis adalah menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, berolahraga teratur, dan rajin memeriksa kadar kolesterol.



Penyebab Ateroskerosis Adalah?

Penyebab pasti aterosklerosis belum diketahui, namun penyakit ini dimulai saat terjadi kerusakan atau cedera pada lapisan dalam arteri. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh:

    1. Kolesterol tinggi.
    2. Obesitas.
    3. Kebiasaan merokok.
    4. Tekanan darah yang tinggi.
    5. Diabetes.
    6. Peradangan akibat penyakit tertentu, seperti lupus.

Pencegahan Aterosklerosis

Aterosklerosis dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Cara yang bisa dilakukan antara lain:

    1. Dengan pola makan sehat dan bergizi seimbang
    2. Mengelola stress seperti relaksasi atau bermeditasi.
    3. Tidur yang cukup.
    4. Menghindari atau membatasi konsumsi minuman beralkohol.
    5. Berolahraga selama 30 menit per hari, setidaknya 5 hari dalam seminggu.
    6. Berhenti merokok.
    7. Menjaga berat badan dalam rentang ideal.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Penyebab Aterosklerosis Itu? Ini Jawaban dan Gejalanya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *