Apa Pengertian Renang Gaya Dada (Katak)? Ini Definisi & Penjelasannya


Pengertian Renang Gaya Dada (Katak) Secara historis, olahraga renang ada di Indonesia melalui bangsa kolonial yang datang ke Indonesia. Dalam sejarah itu, membuat awal pertama kalinya, warga Indonesia mengetahui terdapat olahraga renang hingga pada 21 Maret 1951 terbentuk organisasi renang Indonesia bernama PRSI yang kepanjangannya Persatuan Renang Seluruh Indonesia yang ketua pertamanya adalah Poerwo Soedarmo.

Sebagai olahraga air, renang adalah salah satu aktivitas yang paling banyak disenangi oleh masyarakat dan bahkan tidak jarang banyak orang yang lupa waktu ketika berenang. Hal itu karena dalam olahraga ini ada banyak yang bisa dilakukan seperti bermain bola tangan, ddan melompat dari ketinggian ketika berada di kolam atau melihat hewan-hewan laut.

Selain itu, banyak orang yang melakukan aktivitas renang juga mampu memenangkan dirinya, tidak jarang ada yang melakukan renang ditengah kesendirian malam. Bahkan renang juga tidak terpaut usia, dimana setiap orang berapapun usianya bisa melakukan renang baik itu anak-anak, orang dewasa bahkan, bayi dengan umur tertentu.

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pengertian renang adalah salah satu jenis olahraga yang di lakukan oleh anak-anak sampai orang dewasa, manusia dan binatang dimana perenang berupaya mengapung dan mengangkat sehingga tidak tenggelam baik itu di air tawar maupun air asin (Lautan). Dalam renang terdapat banyak jenis gaya disertai dengan metode dan keterampilan tertentu.



Sebab itulah mengapa gaya renang didefinisikan sebagai cara melakukan gerakan lengan dan tungkai dengan melakukan koordinasi dari 2 gerakan itu sehingga seseorang bisa berenang maju dan mundur di dalam air. Walaupun dengan hanya menggerakkan kaki sedangkan tangan tetap diam atau sebaliknya hanya tangan yang bergerak sedangkan kaki diam, juga masih bisa membuat seseorang berenang. Walaupun cara seperti itu kurang dilakukan karena mempunyai kesulitan yang tinggi.



Dalam Federation Internasionle de Nattation Amateur atau disingkat FINA terdapat 4 gaya renang yang diakui oleh federasi yang menjadi organisasi renang seluruh dunia dengan anggota 128 negara termasuk didalamnya Indonesia yang diwakili oleh PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia ).



Berdasarkan ketentuan yang disampaikan oleh persatuan renang dunia, Federation Internationale de Natation (FINA) dibentuk pada 1908 menyebutkan jenis-jenis renang yakni renang gaya bebas, renang gaya kupu-kupu, renang gaya punggung, renang gaya dada. Sejalan dengan jenis-jenis gaya renang, pada kali ini penulis akan membahas mengenai apasih yang dimaksud dengan pengertian renang gaya dada?

Apa itu Renang Gaya Dada?

Dalam pelajaran berenang, perenang pemula belajar gaya dada. Gaya dada merupakan gaya renang yang ciri khas posisi dada menghadap ke permukaan air. Diketahui bahwa renang gaya dada telah ada saat Zaman Batu.

Bukti perkataan demikian bahwa renang gaya dada ini digambarkan dalam lukisan di Gua Perenang, dekat Wadi Sora, Mesir barat daya. Renang gaya dada atau bisa disebut dengan gaya katak karena meniru gerakan kaki katak.

Diantara ketiga nomor renang resmi yang diatur oleh FINA, perenang gaya dada adalah perenang paling lambat. Walaupun demikian, renang gaya dada masih banyak yang menggunakan jenis renang ini. Hal ini karena renang gaya dada paling dikatakan paling mudah untuk dipelajari. Hal itu juga sehingga mengapa banyak jenis gaya renang ini dipakai saat rekreasi.

Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Gaya dada atau gaya katak (gaya kodok) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap.

Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pengertian renang gaya dada atau katak adalah berenang dengan posisi badan/dada menghadap ke permukaan air, kedua kaki menendang ke arah luar sedangkan kedua tangan dibuka melebar kesamping sepeti gerakan membelah air agar badan lebih cepat ke depan.

Apa Pengertian Renang Gaya Dada (Katak)? Ini Definisi & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Renang Gaya Dada (Katak)? Ini Definisi & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Renang Gaya Dada (Katak)? Ini Definisi & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *