Apa Pengertian Renang Gaya Bebas ? Ini Definisinya & Penjelasannya


Pengertian Renang Gaya Bebas – Siapasih yang tidak senang berenang, tentu bagi setiap orang pernah melakukan aktivitas renang. Jenis olahraga ini tidak memandang umur dan cocok bagi siapa saja. Itulah sehingga jenis olahraga air ini menjadi terkenal di masyarakat. Bahkan beberapa kalangan lebih memilih olahraga renang dibandingkan olahraga lainnya.

Hal itulah sehingga mengapa Kasiyo Dwijowinoto (1979:1) mengatakan bahwa definisi renang adalah salah catu cabang olahraga yang bisa diajarkan kepada anak, dewasa bahkan bayi yang baru saja berumur bulan pun dapat diajarkan untuk berenang. Renang dilakukan di air baik itu air tawar atau air laut yang menurut Badruzaman (2007:3) adalah dengan mengapungkan dan mengangkat tubuh ke atas permukaan agar dapat bernafas serta bergerak maju ataupun mundur.

Beberapa kalangan memang menganggap bahwa aktivitas renang adalah suatu yang menyulitkan, demikian ini terjadi karena kurangnya pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan berenang dan apa inti dari olahraga renang. Bayangkan saja, saat mengunjungi di kolam renang, terdapat beberapa kalangan yang memilih untuk berada pada kedalaman yang biasa saja dan beberapa diantaranya memilih kedalam yang justru dapat membuatnya tenggelam.

Namun, karena kemahiran dan keterampilan dalam berenang dengan teknik-tenik dan gaya renang yang banyak diketahui, sehingga seseorang tersebut dapat dengan mudah untuk mengapung. Persoalan tentang jenis gaya renang ada banyak yang bisa digunakan seperti renang gaya punggung, renang gaya kupu-kupu, renang gaya dada, dan renang gaya bebas.



Dari macam-macam gaya renang tersebut, semuanya mempunyai metode renang atau teknik-teknik renang agar seseorang terampil dalam menggunakan gaya renang. Dengan mengetahui bagaimana cara berenang dengan berbagai gaya tersebut, maka seseorang bisa dengan mudah untuk melaju ke perlombaan renang, yang memiliki kedisiplinan dalam menjalakan olahraga tersebut.



Selain itu, dalam olahraga renang mempunyai aturan dan tata cara pelaksanaan yang tidak main-main. Olehnya itu, walaupun olahraga renang banyak diminati, namun untuk ikut dalam kompetisi renang hanya sedikit. Jangankan hal itu, orang yang mengetahui mengenai gaya renang pun sama. Padahal gaya renang adalah cara melakukan gerakan lengan dan tungkai berikut koordinasi dari ke dua gerakan tersebut yang memungkinkan orang berenang maju di dalam air.



Meskipun demikian, orang juga dapat berenang hanya dengan menggerakan kedua belah kaki sementara lengan tetap diam, atau hanya dengan kedua belah lengan sementara kaki tetap diam. Namun pada awalnya, untuk bisa berenang terdapat gaya renang yang dapat dengan mudah digunakan yaitu Renang Gaya Bebas. Apasih itu Renang Gaya Bebas?

Apa Itu Renang Gaya Bebas?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Renang Gaya Bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air.

Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Saat mengambil nafas, perenang boleh untuk memilih mau menoleh ke kiri atau kekanan. Boleh dikata bahwa jenis renang gaya bebas ini membuat tubuh melaju lebih cepat di air.

Saat melakukan renang gaya bebas, terdapat teknik-teknik yang harus dikuasai sebagai cara agar dapat melakukan renang gaya bebas. Sebab tidaklah mudah untuk menguasai keterampilan renang gaya bebas. Alasannya renang gaya bebas, dibutuhkan usaha untuk menimbulkan dorongan dan memperkecil tahanan.

Apa Pengertian Renang Gaya Bebas ? Ini Definisinya & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Renang Gaya Bebas ? Ini Definisinya & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Olehnya dibutuhkan teknik renang baik yang sesuai dengan apa yang menjadi teknik renang gaya bebas sebenarnya. Diketahui daya dorong yang dimiliki perenang adalah hasil kayuhan lengan dan cambukan kaki, sedangkan untuk memperkecil tahanan air, posisi tubuh perenang harus sejajar dengan permukaan air.

Sebagus apapun teknik-teknik yang dilakukan agar dapat terampil menggunakan jenis renang gaya beas, tetap saja renang gaya bebas butuh unsur-unsur yang harus dilengkapi dan dikuasai sebelum melakukan renang gaya bebas. Demikian ini sebagaimana yang dipaparkan oleh Victor G Simanjuntak (2009:153). Menurut Victor G Simanjuntak bahwa ada hal yang perlu dilakukan sebelum belajar renang gaya bebas, antara lain adalah: (1) pengenalan terhadap air, (2) cara membuang nafas di air, (3) melakukanpermainan di air, (4) teknik dasar mengapung, (5) teknik dasar meluncur.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Renang Gaya Bebas ? Ini Definisinya & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *