Apa Pengertian Ras Secara Umum? Ini Definisi Ras & Penjelasannya

Pengertian Ras – Secara etimologi, apa yang dimaksud dengan ras sebenarnya berasal dari istilah Prancis-Italia yaitu ‘Razza’. Arti dari kata ini adalah pembedaan variasi penduduk menurut tampilan fisik. Maksud dari hal ini adalah bentuk dan warna rambut, warna mata, warna kulit, bentuk mata dan juga bentuk tubuh.

Sedangkan dalam bahasa Inggris, istilah ras adalah ‘rase refers to a category of people regarded as socially distinct because they share genetically transmitted traits believed to be important by people with power and influence in a society’.

Arti dari kata ini bahwa ras adalah menunjuk kepada kelompok yang dipandang berbeda secara sosial oleh karena itu sehingga mereka membagi sifat-sifat yang disalurkan secara genetik dipercaya menjadi penting oleh orang dengan kekuatan dan berpengaruh dalam masyarakat.

Selain dari definisi diatas, terdapat beberapa para ahli juga menyampaikan definisinya tentang pengertian ras dalam hal ini Woods (2007:186) yang mengatakan bahwa istilah ‘race’ dipakai saat menunjuk sifat yang diturunkan secara genetic dari generasi ke generasi. Menurut Maguire (2002:140) bahwa ras adalah dipakai ketika mendiskusikan prasangka diskriminasi.

Sedangkan apabila merujuk dalam definisi arab, ras adalah keturunan. Beda lagi dengan apa yang disampaikan oleh Groose, yang menurutnya bahwa ras adalah segolongan manusia yang satu kesatuan mempunyai kesamaan sifat jasmani dan rohani yang diturunkan. Untuk ilmuwan Indonesia sendiri yakni Koentjaraningrat, yang menyampaikan bahwa pengertian ras adalah golongan manusia yang menunjukkan berbagai ciri tubuh tertentu dengan suatu frekuensi yang besar.

Pengertian Ras Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas yang dihimpun dari berbagai pernyataan para ahli terkait definisi tentang ras, maka dapat disimpulkan kalau pengertian ras adalah:

Secara umum, Pengertian Ras adalah divisi manusia yang mewarisi kesamaan karakteristik biologis contohnya warna kulit, rambut juga tingkat laku atau cara berpikir. Jelaslah mengapa ras disebut sebagai manusia sama karena manusia lainnya yang adanya faktor turun temurun.

Bisa dikatakan pula dengan adanya pembagian ras, maka tidak sedikit manusia yang satu menganggap kaum mereka lebih unggul dengan kaum yang lainnya karena pembedaan tersebut. Namun untuk saat ini, ras juga dipakai dalam menampilkan citra di mata publik, sebab ras menjadi salah satu instrument penting, karena beberapa diantara ras ada yang peka terhadap persoalan citra yang merujuk pada warna apa yang ditampilkan.

Ada banyak lagi penelitian soal ras yang bisa diketahui dari berbagai jurnal yang dapat diakses di google cendekia atau google scholar, yang dalam informasi itu bisa diperlihatkan berbagai karakteristik ras, dan apa kegunaan mengetahui tentang ras.

Apa Pengertian Ras Secara Umum? Ini Definisi Ras & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Ras Secara Umum? Ini Definisi Ras & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Jenis-Jenis Ras Adalah?

Menurut Haldene, ras adalah sekelompok manusia yang memiliki kesatuan karakter fisik dan asal geografis dalam area tertentu. Populasi di seluruh dunia terbagi atas tiga ras utama yaitu Kaukasoid, Mongoloid dan Negroid. Adapun penjelasan dari tiga jenis ras tersebut adalah:

1. Ras Mongloid Adalah?

Secara umum, ras mongoloid sering dikatakan sebagai ras yang berkulit kuning yang menetap di Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Utara, Madagaskar di lepas pantai timur Afrika. Selain itu, ras mongoloid juga beberapa diantaranya terdapat di Eropa Utara, India Timur Laut, Oseania dan Amerika Selatan. Secara umum, ras yang mempunyai ciri fisik berupa kulit kuning, kelopak mata terdapat plica marginalis, rambut berwarna hitam dan lurus, dahi kecil dan tegak serta mata berwarna coklat sampai hitam.

2. Ras Kaukasoid Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Ras kaukasoid atau berkulit putih, adalah ras manusia yang sebagian besar menetap di Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan, dan India. Secara umum ras ini memiliki ciri fisik berupa berkulit putih, memiliki bulu yang tebal, rambut lurus atau bergelombang dan tekstur bibir tipis

3. Ras Negroid Adalah?

Yang terakhir adalah apa yang dimaksud dengan Ras Negroid atau yang berkulit hitam, dimana ras ini adalah manusia yang kebanyakan mendiami benua Afrika di sebelah gurun Sahara yang dibedakan dengan ciri atau karakteristik berupa adalah rambut keriting, mata berwarna coklat sampai hitam, pigmentasi kulit yang kuat (kulit hitam) dan bibir dan hidung lebar dan tebal.

Demikianlah informasi mengenai Apa Pengertian Ras Secara Umum? Ini Definisi Ras & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *