Apa Pengertian Metode Penelitian, Ini Arti & Penjelasannya


Bagi mahasiswa atau pelajar yang menggeluti dunia literasi, membahas mengenai karya ilmiah adalah sesuatu yang teramat penting. Sebab dalam menulis tidak asal menulis seperti yang banyak orang kira. Sebab menulis terdapat banyak hal yang harus diperhatikan untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berguna bagi orang lain yaitu dengan menulis karya ilmiah.

Mengapa demikian karena karya ilmiah adalah menulis dengan sistematis dan dengan sajian data yang tepat dan akurat sehingga dapat dijadikan sebagai bukti kebenaran. Dalam penyajian data karya tulis ilmiah terdapat berbagai hal yang harus dilakukan dan dipenuhi yang dalam hal itu dikenal dengan metode penelitian.

Pembahasan mengenai metode penelitian sangat menarik, sebab ini menjadi salah satu pembahasan yang menarik dan menyusahkan karena dalam pembahasan ini adalah sebuah lalu lintas kemana karya ini akan diarahkan sesuai dengan judul dalam penulisan karya tersebut. Jika demikian, seperti apasih itu metode penelitian?.

Secara etimologi, metode berasal dari bahasa Yunani “Methodos” yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Atau bisa dikatakan, metode adalah suatu prosedur atau cara untuk mengetahui sesuatu yang memiliki langkah sistematis. Sedangkan penelitian berasal dari kata “research” yang artinya proses pengumpulan informasi dengan tujuan meningkatkan, memodifikasi dan penyelidikan.



Atau bisa dikatakan bahwa penelitian adalah kegiatan yang dilaksanakan dengan sistematika untuk mencapai sesuatu yang baru dan asli dengan memecahkan masalah. Perlu diketahui bersama bahwa penelitian memakai data rasional, empiris dan sistematis yang dalam artian valid.



Pengertian Metode Penelitian Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Metode Penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Menurut pendapat para ahli dalam hal ini Sugiyono adalah kegiatan penelitian berdasarkan ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis.



Bisa dikatakan bahwa metode penelitian adalah cara yang dipakai peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atas masalah yang diajukan. Jadi, metode penelitian adalah cara atau prosedur untuk mendapatkan pemecahan terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. Metode penelitian mencakup alat dan prosedur penelitian.

Jenis-Jenis Metode Penelitian

Dalam metode penelitian terbagi atas berbagai hal yang bisa diklasifikasikan berdasarkan, tujuan, dan tingkat kealamiahan (natural setting) obyek yang diteliti. Dalam jenis-jenis metode penelitian diketahui terbagi atas dua jenis yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif. Adapun penjelasan dari kedua jenis metode ini adalah:

1. Metode Kuantitatif

Metode ini biasa disebut dengan metode tradisional, alasannya karena telah dipakai dan metode yang positivistik karena didasarkan pada filsafat positivisme yang memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu kongkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Ciri utama dari metode ini memakai angka-angka dan analisis memakai statistik.

2. Metode Kualitatif

Metode ini adalah metode baru yang disebut artistik yang dalam artian proses penelitian lebih bersifat seni (kurang terpola), dan disebut sebagai metode interpretive karena data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interprestasi terhadap data yang ditemukan dilapangan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Metode Penelitian, Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *