Apa Pengertian Karbohidrat Adalah? Ini Arti & Jenis-Jenisnya


Semakin hari ada banyak tren untuk menjaga pola makan atau dikenal istilah diet. Ada banyak yang menganggap bahwa karbohidrat adalah nutrisi yang harus dihindari. Perkataan ini karena karbohidrat dianggap sebagai alasan penyebab bertambahnya berat badan seseorang. Padahal sebagaimana diketahui bersama bahwa karbohidrat adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh.

Selain dari pada itu, karbohidrat merupakan gizi utama yang terdapat dalam sajian makanan sehari-hari yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal itu karena fungsi karbohidrat sangatlah berperan dan berpengaruh besar bagi tubuh manusia.

 

Baca Juga: 

Tips Diet Vegetarian Untuk Ibu Hamil Yang Sehat dan Alami

Perkataan ini berdasarkan data Institute of Medicine yang mengatakan kalau baiknya 45-65% kalori yang dikonsumsi setiap hari berasal dari karbohidrat. Bahkan ternyata karbohidrat seperti yang kita duga, bahwa menjadi penyebab bertambahnya berat badan, melainkan karbohidrat ini sebenarnya berfungsi untuk memberikan energi dan membantu mengendalikan berat badan.



Tidak hanya itu, sangkaan mengenai buruknya nutrisi karbohidrat dimata masyarakat membuat mereka tidak mengetahui bahwa karbohidrat bermanfaat bagi hati dan sebagai promosi sistem pencernaan yang sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.



Apalagi diketahui bahwa karbohidrat dapat menjaga kesehatan jantung dengan mengkonsumsi makanan yang beserta yang bisa mencegah penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah yang menjadi alasan datangnya serangan jantung atau stroke.



Maka dari itulah, karbohidrat adalah nutrisi yang penting yang fungsi-fungsi karbohidrat tersebut baik bagi manusia bukan malah dihindari. Apalagi karbohidrat yang berasal dari biji-bijian, buah segar, sayuran, gandum utuh, dan oat dapat melindungi jantung. Sebaliknya, hindari makanan berkarbohidrat misalnya saja kue, produk yang dibuat dengan tepung putih, serta makanan olahan karena tinggi lemak dan gula tambahan.

Selain dari pada itu, karbohidrat juga berfungsi sebagai penentu glikemik bagi tubuh yang jadi patokan penilai seberapa cepat karbohidrat diserap dalam tubuh. Hal ini berfungsi untuk menjadi radar bagi setiap orang agar terhindar dari risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Itulah fungsi-fungsi karbohidrat yang berperan penting bagi tubuh setiap orang. Berdasarkan pendapat diatas, lantas apa yang dimaksud dengan pengertian karbohidrat itu?

Pengertian Karbohidrat Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Karbohidrat adalah senyawa organik terdiri dari unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Terdiri atas unsur C, H, O dengan perbandingan 1 atom C, 2 atom H, 1 atom O. Nutrisi ini berperan struktural dan metabolik pada tumbuhan dan binatang yang berperan struktural & metabolik.

Untuk tumbuhan dihasilkan dengan cara sintesis CO2 + H2O yang akan menghasilkan amilum/selulosa, melalui proses fotosintesis. Jauh berbeda dengan Binatang yang bergantung kepada tumbuhan untuk bisa menghasilkan karbohidrat.

Contoh-contoh karbohidrat adalah nasi/beras, singkong, umbi-umbian, gandum, sagu, jagung, kentang, dan beberapa buah-buahan lainnya. Karbohidrat memiliki rumus empiris (CH2O)n. Kira-kira 80% kalori yang didapat tubuh berasal dari karbohidrat.

 

Jenis-jenis Karbohidrat

Selain dari pada lemak dan protein, karbohidrat termasuk sebagai makronutrien. Diketahui karbohidrat terbagi 2 yaitu kompleks dan sederhana. Kompleks mengandung banyak molekul gula dan kaya serat yang butuh proses lebih lama dan dicerna dalam tubuh.

Kelebihannya memberi energi konsisten dengan kalori yang rendah sehingga lemak tidak menumpuk dalam tubuh. Sedangkan karbohidrat sederhana adalah kandungan molekul gula yang sedikit sehingga dicerna lebih cepat, seperti fruktosa, sukrosa dan laktosa yang ada dalam buah, sayur, susu, dan produk olahan susu.

Berdasarkan penjelasan tersebut dan informasi yang dihimpun dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis karbohidrat adalah terbagi 3 yaitu pati, serat dan gula. Adapun penjelasannya adalah:

1. Pati

Pati adalah karbohidrat yang terdapat pada makanan yang berasal dari tanaman. Contohnya, biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan. Makanan bertepung, seperti pasta dan roti, juga termasuk pati.

2. Serat

Serat juga terdapat pada makanan yang berasal dari tanaman. Roti gandum, kacang-kacangan, dan sebagian sayuran yang dimakan bersama kulitnya adalah sumber serat yang baik.

3. Gula

Tidak semua karbohidrat adalah gula, tetapi semua gula adalah karbohidrat. Gula bisa didapat secara alami dari berbagai macam makanan. Gula yang terdapat pada buah disebut fruktosa, gula pada susu disebut laktosa, dan gula pasir disebut sukrosa. Pada proses pembuatan kue, cokelat, dan permen, biasanya ditambahkan sukrosa sebagai pemanis.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Karbohidrat Adalah? Ini Arti & Jenis-Jenisnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *