Apa Pengertian Gelombang? Ini Arti & Sifat-Sifat Gelombang


Pengertian Gelombang Adalah – Kemajuan ilmu pengertian dan teknologi, juga turun mengundang dorongan ditemukannya alat pengirim dan penerima informasi. Perkembangan dalam pengirim dan peneriman ini, memiliki cara kerja dengan mengirim atau menerima gelombang. Disadari atau tidak, setiap makhluk hidup yang terdapat di bumi ini juga hidup dalam lautan gelombang. Misalnya, sinar matahari, sinar komis yang setiap saat menghantam bumi, suara bising yang terdapat di jalan, gelombang radio, dan berbagai suara dan apa yang kita lihat dan tidak kita dengar atau lihat.

Sayangnya hanya sedikit gelombang yang dapat terlihat oleh mata manusia secara langsung, misalnya hanya gelombang laut dan gelombang diam senar gitar. Berbicara soal Gelombang, jujur pembahasan ini sangat menyulitkan bahkan semua orang tentu saja setuju dengan pendapat penulis. Tapi bukan alasan untuk tidak mempelajarinya. Hal itu karena gelombang selalu ada di sekitar kita, bahkan dimanapun anda berada, gelombang selalu berlalu lalang tanpa henti. Gelombang juga berperan dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah mengapa pentingnya membahas gelombang karena erat dengan aktivitas manusia. Hal itu bisa ditinjau dimana sifat gelombang yang dapat memantul atau disebut refleksi contohnya seperti dapat terlihat pada dinding kolam , jika permukaan air kolam tenang dan kemudian diberikan usikan atau gangguan maka yang terlihat permukaan air akan timbul gelombang yang berbentuk lingkaran mengembang. Jika gelombang sampai ke dinding kolam, maka yang terjadi timbul juga gelombang pantul, namun arah mengembang tersebut berlawanan arah dengan gelombang datang.

Selain itu, gelombang juga mengalami pembiasan atau refraksi. Sini terjadi jika terdapat perambatan dimana gelombang dapat melewati bidang batas dua medium, maka arah dari gleombang yang datang, mengalami sebuah pembelokan. Arah dari pembelokan gelombang tersebut disebut dengan pembiasan. Sedangkan sifat yang ketiga adalah gelombang mengalami penggabungan atau interferensi. Gelombang yang terjadi apabila 2 atau lebih gelombang saling bertemu menyebabkan terjadi tumbukan contohnya seperti dalam kehidupan kita, apabila banyak yang berbicara maka akan sulit untuk berkomunikasi dan mendengarkannya.



Gelombang mengalami difraksi atau lenturan sehingga gelombang dapat melewati suatu penghalang atau celah yang sempit bahkan bisa menembus tembok dicelah-celah kecilnya. Gelombang akan mengalami dispersi. Ari dispersi adalah penyebaran bentuk gelombang ketika merambat melalui suatu medium. Selain dispersi, gelombang mengalami polarisasi dimana terserapnya sebagian arah getar gelombang sehingga hanya tinggal memiliki satu arah saja. Berdasarkan dari penjelasan diatas tentang sifat-sifat gelombang, maka yang dimaksud dengan pengertian gelombang adalah:



Pengertian Gelombang Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Gelombang Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Gelombang Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Gelombang adalah getaran yang merambat dari gerak gelombang yang dipandang sebagai perpindahan momentum dari titik di dalam ruang ke titik yang lainnya tanpa perpindahan. Atau secara sederhana, pengertian Gelombang adalah getaran yang merambat melalui suatu medium.



Besaran gelombang juga memiliki istilah seperti

  1. Frekuensi (F), dengan menggunakan satuan Hz
  2. Cepat rambat (v), dengan satuan m/s
  3. Amplitudo (A), dengan menggunakan satuan m
  4. Simpangan (y), dengan menggunakan satuan m
  5. Panjang gelombang (I), dengan menggunakan satuan m
  6. Periode (T), dengan menggunakan satuan sekon
  7. Jarak tempuh gelombang (X), dengan menggunakan satuan m
  8. Waktu tempuh gelombang (t), dengan menggunakan satuan secon

Sifat-Sifat GelombangĀ 

Selain itu, gelombang juga mempunyai berbagai jenis bergantung dari pengkategorian atau pengklasifikasian. Klasifikasi gelombang dapat didasarkan pada arah rambatnya, medium perambatannya, dan juga jenis-jenis gelombang berdasarkan dimensi penyebaran rambatannya dll. Untuk berdasarkan arah rambat dan getarannya, gelombang terbagi atas 2 yaitu gelombang longitudional dan gelombang transversal. Selain itu, ada juga yang disebut felombang median dalam perambatannya yang terdiri atas 2 jenis yaitu gelombang mekanik dan elektromagnetik.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Gelombang? Ini Arti & Sifat-Sifat Gelombang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *