Apa Pengertian Filsafat Secara Etimologi & Terminologi? Ini Definisinya


Pengertian Filsafat Secara Etimologi & Terminologi –  Pendidikan tanpa mempelajari secara utuh adalah sia-sia. Karena butuh pemahaman tentang realitas. Membahas tentang realitas, merupakan bagian dari pembahasan ilmu filsafat. Sebab ilmu filsafat berusaha menemukan esensi terdalam dari kehidupan dan diyakini bisa mengurai benang merah kehidupan masyarakat.

Walaupun tidak dipungkiri bahwa mempelajari filsafat terkadang dipandang oleh sebagian orang adalah pemikiran membingungkan. Selain dari pada itu, filsafat juga sering dikatakan sebagai ilmu yang menyesatkan bagi manusia.

Padahal, pendapat atau pandangan mengenai filsafat tersebut, sangatlah disayangkan. Alasannya sangatlah sederhana karena filsafat justru mempunyai peran dan manfaat yang penting secara esensial tentang kehidupan manusi terlebih lagi dalam menyelesaikan berbagai persoalan kemanusiaan.

Itulah mengapa apabila ditinjau dari segi definisi atau pengertian filsafat secara umumnya adalah berpikir secara menyeluruh, mendalam, radikal dan rasional, tentang sesuatu. Selain itu, mempelajari filsafat ataupun berfilsafat boleh dikatakan usaha untuk mencari kebenaran. Sebab dalam filsafat terdapat perilaku berupa bertanya secara terus menerus tentang segala hal, dari persoalan gajah sampai persoalan semut, dari soal hukum, dan politik hingga soal moral dan metafisika dan sebagainya.

Selain dari pada mencari kebenaran, ternyata filsafat juga disiplin ilmu yang membahas mengenai kebijaksanaan. Sedangkan diketahui bahwa kebijaksanaan bagi manusia merupakan titik ideal karena bermanfaat bagi manusia untuk bisa bersikap dan bertindak atas dasar pertimbangan kemanusiaan yang tinggi.

Ini terjadi karena dalam diri manusia terdapat rasa kagum, heran, dan takjub terhadap fenomena yang dihadapi yang ternyata mengarah pada fenonema alam seperti gempa bumi, gerhana matahari ataupun bulan, banjir, pelangi, wabah penyakit. Demikian ini adalah proses timbulnya filsafat. Dari perjalanan itu, muncul ketidaktahuan manusia berupa rasa heran atau bisa juga terjadi karena adanya masalah yang dihadapi.

Apa Pengertian Filsafat Secara Etimologi & Terminologi? Ini Definisinya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Filsafat Secara Etimologi & Terminologi? Ini Definisinya (Foto: Artikelsiana.com)

Apa Pengertian Filsafat

Dari hal itu, maka manusia berpikir, berusaha dan berupaya untuk mencari jawabannya salah satu caranya dengan berfilsafat. Itulah menyoal tentang filsafat.

Membahas tentang filsafat sebenarnya sangatlah panjang karena filsafat dikatakan ilmu dari segala cabang ilmu sekarang ini, olehnya itu pada kali ini penulis bagaimana pengertian filsafat itu yang membaginya dalam dua definisi ada secara etimologi dan pengertian filsafat secara terminologi

Adapun penjelasan dari topik yang berjudul Apa Pengertian Filsafat Secara Etimologi & Terminologi? Ini Definisinya yang untuk informasi demikian bisa dilihat dibawah ini:

Pengertian Filsafat Secara Etimologi Adalah?

Secara etimologi, yang dimaksud dengan pegnertian filsafat adalah istilah kata yang berasal dari 2 suku kata bahasa Yunani yakni dari philos dan sophia. Arti Philos adalah cinta yang sangat mendalam (love). Sedangkan arti kata sophia adalah kebijakan atau kearifan. Jadi filsafat adalah cinta kebijaksanaan (love of wisdom) dalam artinya sedalam-dalamnya. Seorang filosof (philosopher) adalah pencinta, pendamba dan pencari kebijaksanaan.

Pengertian Filsafat Secara Terminologi Adalah?

Itulah pengertian filsafat secara etimologi, sedangkan pengertian filsafat secara terminologi adalah ilmu yang membahas hakikat segala sesuatu yang ada (manusia, alam semesta dan Tuhan). Apabila meninjau definisi filsafat dalam arti sejarah, maka filsafat adalah induk segala ilmu sebelum banyaknya dan berkembangnya nama ilmu-ilmu saat ini seperti sekarang.

Awalnya, filsafat direnungkan dan ditemukan dengan objek materianya adalah manusia, alam semesta dan Tuhan yang apabila dilihat dari dimensinya kebanyakan membahas tentang manusia.

Objek formal filsafat adalah perenungan/refleksi terhadap segala sesuatu (manusia, alam dan Tuhan) untuk mendapatkan hakikatnya yang terdalam. Sebagai kajian, ciri filsafat adalah radikal, sistematis dan universal.

Demikianlah informasi mengenai Apa Pengertian Filsafat Secara Etimologi & Terminologi? Ini Definisinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita Semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *