Apa Pengertian Fiksi? Ini Arti & Penjelasannya


Pengertian Fiksi Adalah – Fiksi dan fiktif sempat viral di dunia maya akibat dari apa yang disampaikan oleh Rocky Gerung. Hal itu membuat pengertian fiksi dan pengertian fiktif banyak dicari oleh banyak orang. Namun, sebenarnya pengertian atau definisi mengenai fiksi sangatlah sederhana. Mungkin saja, pada saat itu Rocky Gerung kembali menghadirkan nalar kritis seseorang untuk kembali mengacu kepada definisi yang memang jarang orang untuk memulai dari hal tersebut.

Melihat secara umum, fiksi adalah karya sastra. Mengapa demikian, lantaran karya sastra diketahui terbagi dua yaitu nonfiksi dan fiksi. Apasih itu nonfiksi? nonfiksi adalah karya sastra yang ditulis dari hasil kajian keilmuan dan juga pengalaman.Jika nonfiksi didefinisikan sebagaimana diatas, maka pengertian fiksi adalah kembalikan dari nonfiksi. Menurut pendapat Nurgiantoro (2010:2) bahwa arti karya sastra fiksi adalah cerita rekaan atau cerita khayalan karena isinya tidak menyarankan pada kebenaran sejarah. Maksud dari rekaan disini adalah tidak sungguh-sungguh terjadi di dunia nyata.

Dalan struktur tes karya sastra fiksi seperti tokoh, peristiwa dan latar didalamnya bersifat imajiner. Beda dengan karya nonfiksi dimana unsur-unsurnya seperti tokoh, peristiwa, dan latar belakang bersifat faktual yang dengan kata lain bahwa nonfiksi dapat dibuktikan dalam kehidupan nyata atau empiris.

Maka dari itulah, fiksi dikatakan sebagai karya yang imajiner karena menawarkan berbagai permasalahan manusia dan kemanusiaan, hidup dan kehidupan. Maksudnya dimana dalam fiksi, pengarang menghayati lika-liku kehidupannya dengan penuh kesungguhan yang dipoles melalui sarana fiksi sesuai dengan apa yang dipandangnya.



Dari penjelasan diatas, point yang didapatkan adalah bersumber dari imajinasi. Jadi fiksi tidak berdasarkan sejarah ataupun dari fakta melainkan fiksi sejalan dengan imajinasi adalah bisa diekspresikan dalam bentuk beragam format, seperti tulisan, pertunjukan langsung, film, acara televise, video permainan video, dan permainan peran. Memang sering difungsikan ke bentuk sastra naratif khususnya dalam novel, novella, sandiwara ataupun cerita pendek.



Apa Pengertian Fiksi? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Fiksi? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Selain itu ada yang dikatakan dengan prosa fiksi. Apasih itu? Arti prosa fiksi yakni rangkaian cerita yang diperankan sejumlah pelaku dalam urutan peristiwa tertentu dan bertumpu pada latar tertentu pula sebagai hasil dari imajinasi pengarang. Dengan demikian, proses penciptaan prosa fiksi adalah hasil kerja imajinasi yang tertuang dalam bentuk lisan maupun bentuk tulisan.



Pengertian Fiksi: Apa itu Fiksi? 

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian fiksi adalah karya berbentuk naratif yang disebut dengan teks naratif atau narrative text atau wacana naratif (narrative discourse) yang bersifat imajiner.

Pengertian Fiksi Menurut Para Ahli

Selain itu, terdapat berbagai gagasan yang disampaikan oleh para ahli terkait definisinya mengenai fiksi, seperti abrams, alternbernd dan lewis, wellek dan warren, nurgiantoro, rocky gerung, dan menurut KBBI secara umum. Adapun yang dimaksud dengan pendapat para ahli tersebut tentang fiksi adalah:

1. Pengertian Fiksi Menurut Abrams

Menurut Abrams (1981:61) bahwa pengertian fiksi adalah cerita rekaan atau cerita khayalan- karya naratif yang tidak menyaran pada kebenaran sejarah.

2. Pengertian Fiksi Menurut Rocky Gerung

“Fiksi adalah energi yang dihubungkan dengan telos, dan itu sifatnya fiksi. Dan itu baik. Fiksi adalah fiction, dan itu berbeda dengan fiktif,” ujarnya. Telos sendiri dalam bahasa Yunani berarti ‘akhir’, ‘tujuan’, atau ‘sasaran’. Rocky menambahkan, dalam agama, fiksi adalah keyakinan. Dalam literatur, fiksi adalah energi untuk mengaktifkan imajinasi. “Kimianya sama, dalam tubuh sama, dan jenis hormon yang diproduksi dalam tubuh sama,” ujarnya.

Pengertian Fiksi (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Fiksi (Foto: Artikelsiana.com)

3. Pengertian Fiksi Menurut KBBI

Pengertian Fiksi Menurut Kamus  Besar-Bahasa Indonesia Edisi V (edisi terbaru), mendefinisikan kata  fiksi sebagai 1) cerita rekaan (roman, novel, dan sebagainya); 2)  rekaan, khayalan, tidak berdasarkan kenyataan; 3) pernyataan yang hanya  berdasarkan khayalan atau pikiran.

4. Pengertian Fiksi Menurut Nurgiantoro 

Menurut Nurgiantoro (2010:2) dalam bukunya ‘Teori Pengajian Fiksi” yang mengungkapkan bahwa definisi fiksi adalah sebagai prosa naratif yang memiliki sifat imajinatif. Akan tetapi biasanya masuk akal dan mengandung kebenaran yang mendramatisasikan hubungan-hubungan antarmanusia.

5. Pengertian Fiksi Alternbernd dan Lewis 

Menurut Alternbernd dan Lewis (1966:14) bahwa pengertian fiksi adalah menyajikan permasalahan manusia dan kemanusiaan, hidup dan kehidupan.

6 Pengertian Fiksi Menurut Wellek dan Warren 

Menurut Wellek dan Warren (1956:212) bahwa pengertian fiksi adalah bangunan struktur yang koheren, dan tetap mempunyai tujuan estetik.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Fiksi? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *